EFFECTIVENESS OF FIELD TRIP ACTIVITIES AS A LEARNING METHOD AT RUNIAH SCHOOL MAKASSAR

Authors

  • Sri Rahayu mahasiswa

DOI:

https://doi.org/10.37826/prapanca.v3i1.370

Keywords:

pendidikan, fieldtrip

Abstract

Pendidikan adalah proses mempengaruhi siswa dalam menyesuaikan diri terhadap lingkungan dan dapat melakukan perubahan yang ada pada diri siswa.Field trip merupakan metode yang digunakan oleh para siswa untuk melengkapi pengalaman belajar tertentu dan merupakan bagian dari program kurikulum sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode field tripsebagai metode pembelajaran di Runiah School Makassar. Penelitian ini menggunakan metode pre-post test control design dan pendampingan kegiatan learning ourdoor activities. Alat ukur yang digunakan berupa soal yang terdiri dari 8 soal yang mencakup soal pengetahuan umum dan pengetahuan khusus. Alat ukur ini bertujuan untuk mengukur pengetahuan siswa sesuai dengan lokasi kegiatan field trip.

References

Bansuhari, B. (2020). Penerapan Metode Field trip untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Kelas IX H SMP Negeri 6 Watampone. Jurnal Idiomatik: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 1–21. https://doi.org/10.46918/idiomatik.v3i1.643
Hulu, F., Dewi, T. M., Surahman, F., Sanusi, R., Khairiyah, K. Y., & Ristiani, R. (2022). Peningkatkan Motivasi Dan Wawasan Siswa Melalui Fieldtrip Observation. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 769–776. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i3.10313
Kalfahrum, K. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Field trip Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Tanaman Perkebunan Kelas XI ATP SMKN 1 Kuala Cenaku. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(3), 1539–1550.
Loka, B. G. (2018). Kinerja Fasilitator Pembelajaran Luar Sekolah Di Kebun. Inerja Fasilitator Pembelajaran Luar Sekolah Di Kebun Raya Kebun Binatang Gembira Loka, 686–696.
Pendidikan, P., Sekolah, L., & Kegiatan, M. (n.d.). INGIN TAHU DAN KOMUNIKATIF DI KEBUN RAYA KEBUN BINATANG ( KRKB ) GEMBIRA LOKA YOGYAKARTA IMPLEMENTATION OF NON FORMAL EDUCATION THROUGH FIELD TRIPS. 673–683.
Ratnasari, D., Koosbandiah, R. H., & Supriatno, B. (2017). Pengaruh Field trip Mangrove Cagar Alam Pulau Dua Terhadap Sikap Ilmiah Siswa Sma. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 1(2), 1. https://doi.org/10.24036/jep.v1i2.50
Ratnawati, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi Dengan Menggunakan Metode Field trip Pada Siswa Sekolah Dasar. FON : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(2), 138–152. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v11i2.724
Rr. Sri Wachyuni, Tri Sulistyaningtyas, Shinta Yuniarti, & Fadila Nisa Ul Hasanah. (2022). Motivasi Berprestasi Dalam Upaya Membangun Karakter Unggul Melalui Literasi Digital Pada Orang Tua Terhadap Pola Asuh Anak di Cirebon dan Indramayu. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 313–320. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i2.9935
Susanto, D., Baehaki, I., & Juhana, F. (2021). Pengaruh Metode Field trip Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD di Kecamatan Ngantru. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 6(3), 486. https://doi.org/10.28926/briliant.v6i3.637
Widiyanto, B. (2017). Penerapan Metode Field trip pada MK. Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Meningkatkan Kepedulian Mahasiswa terhadap Permasalahan Sampah. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 11(2), 159–169. https://doi.org/10.24905/cakrawala.v11i2.858
Yulianti, T., & Martuti, N. K. T. (2014). Efektivitas Penerapan Metode Field trip Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kepedulian Siswa Terhadap Lingkungan. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 3(1), 1–360.
Yuliati, T., Kariada, N., Martuti, T., & Biologi, J. (2014). Efektivitas Penerapan Metode Field trip Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kepedulian Siswa Terhadap Lingkungan Efectivities Implementation Field trip Method To Increase Learning Outcomes and Student Awarness of Environmental. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains Tahun II, 2, 178–186.

Published

2023-02-23

How to Cite

Rahayu, S. (2023). EFFECTIVENESS OF FIELD TRIP ACTIVITIES AS A LEARNING METHOD AT RUNIAH SCHOOL MAKASSAR. Prapanca : Jurnal Abdimas, 3(1), 67–76. https://doi.org/10.37826/prapanca.v3i1.370