Sounds of Change: How Podcasting Empowers Managers in Insurance Transformation
Kata Kunci:
Podcast, Internal Communication, Insurance Industry, Transformation TechnologyAbstrak
Untuk menghadapi lanskap yang menantang dari gangguan COVID-19 dan tuntutan peraturan baru, perusahaan asuransi jiwa di Indonesia melakukan inisiatif strategis untuk mendapatkan kembali dominasi pasar. Aspek penting dari strategi ini adalah inovasi metode komunikasi internal untuk menumbuhkan dukungan karyawan selama perubahan organisasi. Makalah ini menyajikan sebuah studi kualitatif yang mengeksplorasi persepsi dan pengalaman manajer menengah di industri asuransi mengenai penggunaan episode podcast sebagai media komunikasi internal. Penelitian ini menggunakan wawancara mendalam untuk mendapatkan wawasan tentang sikap manajer terhadap podcast untuk komunikasi internal. Temuan menunjukkan bahwa para manajer menganggap episode podcast sebagai alat yang nyaman dan menarik untuk konsumsi informasi. Selain itu, mereka percaya bahwa podcast dapat membina hubungan antara karyawan dan manajer, serta menyediakan platform yang efektif untuk berbagi berita dan praktik terbaik perusahaan dengan cara yang informatif dan menarik. Studi ini menggarisbawahi potensi episode podcast sebagai alat yang berharga untuk komunikasi internal di industri asuransi, terutama selama periode transformasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa podcast dapat memperkaya strategi komunikasi yang digunakan selama perubahan organisasi, sehingga membantu keberhasilan realisasi tujuan transformasi. Saran penelitian di masa depan termasuk mengeksplorasi jenis konten yang paling efektif disampaikan melalui podcast, menilai dampak jangka panjang dari keterlibatan podcast, dan menyelidiki potensi tantangan dan praktik terbaik terkait penerapan saluran podcast untuk komunikasi internal. Arahan penelitian ini dapat memajukan pemahaman kita tentang potensi dan efektivitas podcast sebagai alat komunikasi internal untuk industri asuransi.
Referensi
Briciu, V.-A., & Briciu, A. (2020). Social Media and Organizational Communication (pp. 2609–2624). https://doi.org/10.4018/978-1-7998-3473-1.ch180
Haas, M. (2023). 5 Challenges of Hybrid Work — and How to Overcome Them. https://hbr.org/2022/02/5-challenges-of-hybrid-work-and-how-to-overcome-them
HASIL SURVEI LITERASI DAN INKLUSI KEUANGAN NASIONAL MENINGKAT .:: SIKAPI ::. (n.d.). https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/20549
Implementation of the Intranet from a Knowledge Management Perspective ¾ A Case Study. (n.d.).
Kišić, A. (2020). Information and Communications Technologies as a Driver of Effective Internal Communication. Open Journal for Information Technology, 3(2), 39–52. https://doi.org/10.32591/coas.ojit.0302.01039k
McCarthy, S., Pelletier, M., & McCoy, A. (2021). TALKING TOGETHER: USING INTERCOLLEGIATE PODCASTS FOR INCREASED ENGAGEMENT IN MARKETING EDUCATION. Marketing Education Review, 31(2), 125–130. https://doi.org/10.1080/10528008.2021.1875849
Normore, A. H., Long, L. E., & Javidi, M. (2016). Handbook of Research on Effective Communication, Leadership, and Conflict Resolution. Advances in Linguistics and Communication Studies. https://doi.org/10.4018/978-1-4666-9970-0
Ophilia, A., & Hidayat, Z. (2021). Leadership Communication during Organizational Change: Internal Communication Strategy: A Case Study in Multinational Company Operating in Indonesia. Academic Journal of Interdisciplinary Studies, 10(2), 24–34. https://doi.org/10.36941/ajis-2021-0035
Pedersen, C. L., & Ritter, T. (2020). Preparing Your Business for a Post-Pandemic World.
Purwanti, T. (1970). Meski Banyak “Dicaci”, Ini Bukti Unit Link Masih Dicintai. https://www.cnbcindonesia.com/market/20220413085141-17-331208/meski-banyak-dicaci-ini-bukti-unit-link-masih-dicintai
Rime, J., Pike, C., & Collins, T. (2022). What is a podcast? Considering innovations in podcasting through the six-tensions framework. Convergence, 28(5), 1260–1282. https://doi.org/10.1177/13548565221104444
Siaran Pers: Tingkatkan Perlindungan Konsumen, OJK Perkuat Regulasi Produk Asuransi yang Dikaitkan dengan Investasi (PAYDI). (n.d.). https://ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/siaran-pers/Pages/Tingkatkan-Perlindungan-Konsumen,-OJK-Perkuat-Regulasi-Produk-Asuransi-yang-Dikaitkan-dengan-Investasi-(PAYDI)-.aspx
Strickland, B. K., Brooke, J. M., Zischke, M. T., & Lashley, M. A. (2021). Podcasting as a tool to take conservation education online. Ecology and Evolution, 11(8), 3597–3606. https://doi.org/10.1002/ece3.7353
Waddingham, J. A., Zachary, M. A., & Ketchen, D. J. (2020). Insights on the go: Leveraging business podcasts to enhance organizational performance. In Business Horizons (Vol. 63, Issue 3, pp. 275–285). Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2020.02.001
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Spektrum Komunikasi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.