Ketahanan dan Kebangkitan: Strategi Pemasaran Terpadu Ditengah Pandemi Covid-19

Penulis

  • Latif Ahmad Fauzan UPN Veteran Jawa Timur
  • Augustin Mustika Chairil UPN Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.37826/spektrum.v12i3.724

Kata Kunci:

Marketing Mix, STP, 7P, covid-19, micro enterprise

Abstrak

Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak signifikan pada sektor UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Meskipun pandemi menyebabkan sebagian besar sektor mengalami kerugian besar, SFC Dobel Tree sebagai salah satu UMKM di Kabupaten Bojonegoro mampu bertahan dan mengembangkan usahanya hingga setelah pandemi. Strategi pemasaran yang tepat penting bagi UMKM untuk mempertahankan eksistensinya. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi Strategi Bauran Pemasaran yang digunakan oleh SFC Dobel Tree setelah pandemi Covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Bauran Pemasaran yang dilakukan oleh SFC Dobel Tree setelah pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara dan observasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SFC Dobel Tree menerapkan segmentasi, targeting, dan positioning (STP) untuk menyasar pasar targetnya dan menerapkan strategi pemasarannya dengan menetapkan bauran pemasaran dan berhasil mengatasi tantangan selama pandemi Covid-19. Strategi tersebut meliputi produk, promosi, orang, proses, dan bukti fisik.

Referensi

Aichner, T., & Saltoni, A. M. (2018). Marketing of specialized products and services to consumers with disabilities: exploring the role of advertising, country-of-origin, and e-commerce. The International Review of Retail, Distribution and Consumer Research, 115-136.

Amalia, MY, & Kristina, A. (2021). Adapting to the Business Environment During the Covid-19 Pandemic (Study of Ledre MSMEs in the Village ofView, Bojonegoro, East Java). Journal of Accounting and Economics, 84-94.

Hashim, N., & Hamzah, M. I. (2014). 7P's: A Literature Review of Islamic Marketing and Contemporary Marketing Mix. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 155-159.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management. New Jersey: Pearson Pretice Hall.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management 15th Edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Lupiyoadi, R. (2013). Services Marketing Management. Third Edition. Jakarta: Salemba Empat.

Mas, N., & Nanik, S. (2017). The analysis of 7P marketing mix strategy on powder herbal products and red ginger candy in Batu city home industry. Management and Economics Journal (MEC-J), 1(1).

Maulani, E. D., Trishananto, Y., & Fauziah, U. N. (2022). Study on Improving MSMEs Performance through Business Strategies. Indonesian Journal of Economics and Management, 452-457.

Nugroho, AE (2020, 06 30). MSME Performance Survey during the COVID19 Pandemic. Retrieved 05 13, 2023, from lipi.go.id: http://lipi.go.id/berita/survei-kinerja-umkm-di-masa-pandemi-covid19/22071

Nuvitasari, A., & N., M. (2019). Implementation of SAK EMKM as a basis for preparing financial reports for micro, small and medium enterprises (MSMEs). International of Social Science and Business, 341-347.

Okon, S. S., Horsfall, O. A. H., & Ekpo, C. M. (2022). Customer Targeting and Product Positioning: A Study of Small-Scale Enterprises in Nigeria. European Journal of Business and Innovation Research, 1-11.

Pawito. (2007). Qualitative Communication Research. Yogyakarta: LKIS.

Perreault Jr, W.D., Cannon, J.P., & McCarthy, E.J. (2013). Basic Marketing: A Marketing Strategy Planning Approach. New York: McGraw Hill Higher Education.

Rahmawanti, A. U., Handayani, S. M., & Setyowati, S. (2021). Analysis of 7P Marketing Mix Factors on Consumer Buying Interests Dodol Kawista Cap Dewa Burung in Rembang District. Habitat, 47-53.

Ridwan, A., Marfuah, A., Mustofa, S., & Santoso, S. (2022). Meningkatkan Penjualan UMKM Binaan Program Jabar Juara Kota Depok Melalui Optimalisasi Target Market. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 78-84.

Sulistyo, A. (2020). Sme's Strategy in Creating Sustainable Business During Covid-19 Towerds the New Normal Era Based on Marketing Mix Perspective. Advances in Health Sciences Research, volume 34 Proceedings of the International Conference on Health and Medical Sciences , 200-204.

Diterbitkan

2024-11-14

Cara Mengutip

Latif Ahmad Fauzan, & Augustin Mustika Chairil. (2024). Ketahanan dan Kebangkitan: Strategi Pemasaran Terpadu Ditengah Pandemi Covid-19. Jurnal Spektrum Komunikasi, 12(3), 391–403. https://doi.org/10.37826/spektrum.v12i3.724