Pesan Moral Film Animasi Nussa dan Rara Pada Youtube Nussa Official

Penulis

  • Desy Iin Amaliana Stikosa-AWS

DOI:

https://doi.org/10.37826/digicom.v2i3.344

Kata Kunci:

Nussa dan Rara, Pesan Moral, Analisis Isi

Abstrak

Penelitian ini berjudul “Pesan Moral Dalam Film Animasi Nussa dan Rara di Youtube Episode 1-15” yang bertujuan untuk mengetahui pesan moral di dalam film Nussa dan Rara. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis isi kuantitatif deskriptif yaitu analisis untuk menggambarkan secara detail scene yang terdapat pada film “Nussa dan Rara” dengan indikator Pro Sosial dan Anti Sosial yang dikemukakan oleh Wisped dan Bandura, teori ini menyebutkan sub indikator Pro Sosial yaitu tidak mementingkan diri sendiri, menolong, kehangatan bekerjasama, empati, memuji, menasihati, penyesalan, kesopanan, dan sub indikator Anti Sosial yaitu ancaman, pemaksaan, berperang, berkelahi, menghina, memaki, penghianatan, ketidakpatuhan, menyelinap, marah dan berbohong. Dalam menganalisis data, peneliti bertindak langsung menjadi coder yang mengisi coding dengan bantuan 2 coder lain yang bertindak sebagai pembanding/hakim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pro Sosial lebih besar yaitu 93% dibandingkan Anti Sosial yaitu 7%. Dari semua sub indikator Pro Sosial yang memiliki poin terbanyak yaitu menasihati dari poin coder 1 100%, poin coder 2 100%, coder 3 87%, sedangkan sub indikator Anti Sosial yaitu marah dari poin coder 1 20%, poin coder 2 7%, coder 3 13%. Hasil yang dikemukakan bahwa Pro Sosial lebih dominan adalah menasihati sedangkan antisosial yang lebih dominan adalah marah. Dapat disimpulkan bahwa Film Nussa dan Rara memiliki kecenderungan lebih ke pro sosial.

Referensi

Baksin, Askurifai. (2003) Membuat Film Indie Itu Gampang. Bandung: Kataris.
Bertens, K. (2005) Etika Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Cangara, Hafied. (2015) Pengantar ilmu komunikasi Depok: Raja Grafindo Persada.
Dewi, Chrisyanti Irra. (2015) Pengantar Psikologi Media Jakarta: Prestasu Pustaka.
Effendy, Heru. (2014) Mengawal Industri Film Indonesia Jakarta: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia)
Effendy, Onong Uchana. (2009) Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek Bandung: Rosdakarya.
Eriyanto. (2011) Analisis Isi Pengantar Metodologi Untuk Penelitian Ilmu Komunikasi Dan Ilmu – Ilmu Sosial Lainnya Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Hasyan, Shandy. (1980) Sensiklopedia Indonesia Jakarta: Ikhtisae Baru –Van House.
Herdiansyah, Haris. (2013) Wawancara, Observasi, dan Focus Groups Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ibung, Dian. (2009) Mengembangkan Nilai Moral Pada Anak Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Kriyantono, Rahmat. (2009) Teknik Praktis Riset Komunikasi Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
McQuail, D. (2011) Teori Komunikasi Massa McQuail Jakarta: Salemba Humanika.
Moerdijati, Sri. (2012) Pengantar Ilmu Komunikasi Sidoarjo: PT. Revka Petra Media.
Moleong Lexy J. (2011) Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mondry. (2008) Pemahaman Teori dan Praktik Jurnalistik Bogor: Ghalia Indonesia.
Mukhlis, Hirmaningsih. (2010) Teori Psikologi Perkembangan Pekanbaru: Psikologi Press.
Mulyana, D. dan Idy S. I. (1997) Bercinta dengan televisi Bandung: PR. Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Deddy. (2008) Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-29

Terbitan

Bagian

Articles