Evaluation of Crisis Handling of Carasun Cosmetic Company

Penulis

  • Reksananda Shindy Priskila Stikosa - AWS
  • Dwi Prasetyo Stikosa - AWS

DOI:

https://doi.org/10.37826/digicom.v3i4.594

Kata Kunci:

Krisis Reputasi, Buzzer, Manajemen Krisis, Komunikasi Krisis, Media Sosial

Abstrak

Ancaman terhadap eksistensi perusahaan dapat muncul akibat krisis reputasi yang diinduksi oleh berbagai faktor. Jika tidak ditangani dengan cermat, krisis reputasi ini bisa menyebabkan kehilangan kepercayaan dari pelanggan, investor, dan karyawan, yang pada gilirannya akan berdampak buruk pada performa keseluruhan perusahaan. Sebagai contoh, Carasun, sebuah perusahaan kosmetik, menghadapi krisis reputasi akibat tuduhan penggunaan buzzer untuk merusak reputasi kompetitornya, Skingame. Penelitian krisis Carasun bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor pemicu krisis reputasi, mengevaluasi dampak negatif yang dialami oleh Carasun, dan menganalisis upaya manajemen krisis perusahaan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dan temuan menunjukkan bahwa krisis reputasi Carasun dipicu oleh penggunaan buzzer yang melanggar prosedur serta adanya postingan negatif di media sosial. Dampak dari krisis tersebut mencakup penurunan kepercayaan konsumen, gangguan dalam hubungan mitra bisnis, dan ancaman terhadap kelangsungan perusahaan. Untuk mengatasi krisis ini, Carasun telah menerapkan strategi manajemen krisis, termasuk strategi adaptif dan memanfaatkan media sosial sebagai alat komunikasi krisis. Rekomendasi yang diberikan bagi perusahaan kosmetik yang menghadapi krisis reputasi yang melibatkan buzzer adalah meningkatkan kesadaran terhadap tanda-tanda awal krisis, meningkatkan kemampuan dalam mengidentifikasi tanda-tanda krisis melalui teknologi dan analisis data, serta memperkuat koordinasi dan komunikasi internal dengan mengutamakan nilai-nilai etika dan integritas.

Referensi

Barton, L. (2001). Crisis In Organization Ii. College Division South Korea.
Dwi Prasetyo (2023) Identity and digital communication: Concepts, theories, practices, The Social Science Journal, DOI: 10.1080/03623319.2023.2267369
Farid, M. (2017). Analisis Krisis Reputasi Dan Implementasi Strategi Public Relations. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa.
Suryani, I., & Sagiyanto, A. (2018). Strategi Manajemen Krisis Public Relations Pt Blue Bird Group. Ommunication, 9(1), 103. Https://Doi.Org/10.36080/Comm.V9i1.624.
Sutanto, J. (2023, Maret 12). Krisis Reputasi Dan Citra Organisasi Di Pusaran Kasus Mario Dandy.Retrieved From Kompas.Com: Asional.Kompas.Com/Read/2023/03/12/06023151/Krisis-Reputasi-Dan-Citra- Organisasi-Di-Pusaran-Kasus-Mario-Dandy
Umrati, & Wijaya, H. (2020). Analisis Data Kualitatif : Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Vasickova, V. (2020). Crisis Management Process - A Literature Review And A Conceptual Integration. Acta Oeconomica Pragensia.
Wulandari, T. (2013). Pengaruh Tanggung Jawab Perusahaan Dalam Menanggulangi KrisisTerhadap Reputasi Perusahaan. Jurnal Ilmu Komunikasi 8(2).
Yin, R. K. (2009). Case Study Research : Design And Methods/Robert K. Yin.—4th Ed. United States Of America: Sage Publications.

Diterbitkan

2023-10-31