Strategi Inovasi Pemasaran Produk pada UMKM Pisana di K
DOI:
https://doi.org/10.37826/prapanca.v4i1.687Kata Kunci:
konten, UMKM, BMC, AIAbstrak
Kehadiran pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia, memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan lapangan kerja, mengatasi kemiskinan, dan menjadi sumber pemasukan devisa. Namun, dalam era teknologi informasi yang berkembang pesat, persaingan UMKM dipengaruhi oleh perkembangan teknologi, khususnya media sosial sebagai platform pemasaran yang populer. Pisana, sebuah UMKM di Sulawesi Selatan yang fokus pada produksi keripik pisang, menghadapi tantangan dalam pemasaran dan penggunaan teknologi modern. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan inovasi dalam pengembangan strategi pemasaran UMKM, dengan fokus pada pemanfaatan teknologi AI. Melalui metode pelaksanaan yang melibatkan wawancara, pertemuan di rumah produksi, dan pendampingan dalam kegiatan Expo, penelitian ini memberikan solusi berupa penggunaan teknologi AI seperti "Leonardo AI" untuk menciptakan ide konten yang menarik dan pembuatan calendar content menggunakan Chat GPT. Selain itu, UMKM Pisana diberikan pemahaman tentang penggunaan Instagram Ads untuk meningkatkan visibilitas produk. Hasil dan pembahasan mencakup pertemuan awal dengan UMKM Pisana, pertemuan di Expo, serta solusi inovatif yang diberikan, seperti Business Model Canvas dan Opportunity Analysis Canvas. Tim penulis juga memberikan pendampingan dalam menciptakan konten promosi dan meningkatkan kualitas produk.
Referensi
firda Aulia, Dwi Prasetyo, & Nurtyasih Wibawanti Ratna Amina. (2022). Strategi Pemasaran Digital Meningkatkan UMKM Kampung Kue Rungkut Surabaya. Prapanca : Jurnal Abdimas, 2(2), 98–104. https://doi.org/10.37826/prapanca.v2i2.357
Kristiyono, J., Dian Eka Safitri, Agis Savira N U, Trivenadyah Nurmala, Kartika Cahya Jauhariya, & Hilda Kurniawati P. (2023). Peningkatan Kompetensi Digital Marketing Program Kewirausahaan Batik Poetra Dolokgede di Kabupaten Bojonegoro Melalui Kegiatan “Sinau Bareng” Ademos Indonesia. Prapanca : Jurnal Abdimas, 3(1), 52–60. https://doi.org/10.37826/prapanca.v3i1.433
Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119-130.
Prasnowo, M. A., Muhajir Sulthonul Aziz, Indrasari, M. ., Eko Pamuji, & Dwi Prasetyo. (2023). Membangun Ekosistem Kewirausahaan Digital Syariah Bagi UMKM di Wilayah Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat . Prapanca : Jurnal Abdimas, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.37826/prapanca.v3i1.428
Pratama, A., & Yunina, R. (2021). Model Pemasaran Digital Produk Sana Drinks Melalui Instagram Ads Dan Jasa Pengiklanan Kooda Dalam Meningkatkan Volume Penjualan. Sisfo: Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, 5(2).
Turangan, J. (2023). Pendampingan Penggunaan Aplikasi Marketplace untuk Meningkatkan Omset Penjualan bagi Pelaku UMKM Kuliner Jakarta Pusat. Prapanca : Jurnal Abdimas, 3(2), 129–134. https://doi.org/10.37826/prapanca.v3i2.534
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Prapanca : Jurnal Abdimas
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.