The Effectiveness of Brand Ambassador In Non Gen Z In Indonesia

Authors

  • Jennifer Persis Petra Christian University
  • Ido Prijana Hadi Universitas Kristen Petra
  • Astri Yogatama Petra Christian University

Keywords:

Brand Ambassador, Effectiveness, VisCAP, NCT Dream, TosTos

Abstract

The role of a brand ambassador is considered strategic, as it helps build an emotional connection between a brand and its consumers. The use of Korean celebrities as brand ambassadors has become common among Indonesian products due to the global popularity of Korean culture, known as the “Korean Wave.” This study aims to measure the effectiveness of NCT Dream as the brand ambassador of the TosTos snack product among non-Gen Z audiences using the VisCAP model, which includes four components: Visibility, Credibility, Attraction, and Power. This model is considered effective in evaluating how well a brand ambassador conveys a brand message. The research used a descriptive quantitative method, with data collected through an online questionnaire. The sampling technique was non-probability quota sampling, involving 400 respondents from the general public aged 28 years and older who are familiar with NCT Dream as TosTos’s brand ambassador. The findings indicate that NCT Dream is effective as a brand ambassador for TosTos, even among millennial and older age groups, with the “Visibility” component receiving the highest score among the four indicators.

Author Biographies

Jennifer Persis, Petra Christian University

Peran duta merek dianggap strategis, karena membantu membangun koneksi emosional antara merek dan konsumennya. Penggunaan selebriti Korea sebagai duta merek telah menjadi hal yang umum di kalangan produk Indonesia karena popularitas global budaya Korea, yang dikenal sebagai “Korean Wave.” Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas NCT Dream sebagai duta merek produk camilan TosTos di kalangan audiens non-Gen Z menggunakan model VisCAP, yang mencakup empat komponen: Visibilitas, Kredibilitas, Daya Tarik, dan Kekuatan. Model ini dianggap efektif dalam mengevaluasi seberapa baik seorang duta merek menyampaikan pesan merek. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, dengan data dikumpulkan melalui kuesioner online. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling kuota non-probabilitas, melibatkan 400 responden dari masyarakat umum berusia 28 tahun ke atas yang mengenal NCT Dream sebagai duta merek TosTos. Temuan menunjukkan bahwa NCT Dream efektif sebagai duta merek TosTos, bahkan di kalangan kelompok usia milenial dan lebih tua, dengan komponen “Visibility” mendapatkan skor tertinggi di antara empat indikator.

Astri Yogatama , Petra Christian University

Peran duta merek dianggap strategis, karena membantu membangun koneksi emosional antara merek dan konsumennya. Penggunaan selebriti Korea sebagai duta merek telah menjadi hal yang umum di kalangan produk Indonesia karena popularitas global budaya Korea, yang dikenal sebagai “Korean Wave.” Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas NCT Dream sebagai duta merek produk camilan TosTos di kalangan audiens non-Gen Z menggunakan model VisCAP, yang mencakup empat komponen: Visibilitas, Kredibilitas, Daya Tarik, dan Kekuatan. Model ini dianggap efektif dalam mengevaluasi seberapa baik seorang duta merek menyampaikan pesan merek. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, dengan data dikumpulkan melalui kuesioner online. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling kuota non-probabilitas, melibatkan 400 responden dari masyarakat umum berusia 28 tahun ke atas yang mengenal NCT Dream sebagai duta merek TosTos. Temuan menunjukkan bahwa NCT Dream efektif sebagai duta merek TosTos, bahkan di kalangan kelompok usia milenial dan lebih tua, dengan komponen “Visibility” mendapatkan skor tertinggi di antara empat indikator.

References

Arifin, Z. (2020). Metodologi penelitian pendidikan. Jurnal Al-Hikmah, 1(1). Retrieved from https://alhikmah.stit-alhikmahwk.ac.id/index.php/awk/article/view/16

Ahdiat, A. (2022, September 5). Ini merek makanan yang sukses branding lewat idol K‑Pop. Databoks.https://databoks.katadata.co.id/ekonomi-makro/statistik

/25cf84a0b823a39/ini-merek-makanan-yang-sukses-branding-lewat-idol-k-pop

Belch, G. E., & Belch, M. A. (2018). ADVERTISING & PROMOTION: AN INTEGRATED

MARKETING COMMUNICATIONS PERSPECTIVE, ELEVENTH EDITION. New York: McGraw-Hill Education

Das. S. & Mishra, M. (2022). The Role of Digital Citizenship Behavior on Digital Marketing

and Consumer Buying Behavior. In Palgrave Studies in Democracy, Innovation and Entrepreneurship for Growth. E

Dwijowijoto, Riant Nugroho. (2004). Kebijakan Publik Formulasi, Implementasi dan Evaluasi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Effendy, Onong Uchjana. (2008). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Giannini, G. T. (2010). Marketing public relations: A marketer’s approach to public relations and social media. Prentice Hall. https://books.google.co.id/books?id=P0Z7QgAACAAJ

Harris, T. L. (1993). The Marketers’ Guide to Public Relations. New York: John Wiley & Sons, Inc

Hovland, C., Janis, I., & Kelley, H. (1953). Communication and persuasion. New Haven, GT: Yale University Press.

Justica, A. & Lestari, M. T. (2021). Pengaruh brand ambassador NCT 127 terhadap brand image produk NU Green tea. e-Proceeding of Management, 8 (3), 1-9.

Kertamukti, Rama. (2015) Strategi Kreatif dalam Penelitian: konsep pesan, media branding, anggaran. Jakarta: Rajawali Pers

Lailiya, N. (2020). Pengaruh Brand Ambassador Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia. Vol. 2, No. 2, Tahun 2020, ISSN: 2622-6367 (ONLINE), 114-126.

Lestari, H., Sunarti, & Aniesa SB., 2019, ‘Pengaruh Brand ambassador Dan Korean Wave Terhadap Citra Merek Serta Dampaknya

Maksum, A. R., Arifin, R., & Hufron, M. (2018). Pengaruh Brand Ambassador Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pengguna Oppo Smartphone Di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Jurusan Manajemen Universitas Islam Malang). E-Jurnal Riset Manajemen, 1–11.

Purnama, K. I., & Setiawan, B. (2023, March 6). 5 Fakta Menarik tentang NCT Dream. Tempo. https://www.tempo.co/teroka/5-fakta-menarik-tentang-nct-dream-212065

Robertson, M. (2018). Instagram marketing: How to grow your instagram page and gain

millions of followers quickly with step-by-step social media marketing strategies. Zen Mastery. https://books.google.co.id/books?id=yA9bDwAAQBAJ

Rossiter, John R. dan Percy, Larry. (1985). Advertising Communication Models. Advances in Consumer Research, Volume 12, 510-524.

Royan, F. M. (2005). Sales Force: Meningkatkan Penjualan Dengan Rancangan Bangun Sales Force Effective. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Ruslan, Rosady. 2008. Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Soemirat, S. dan Ardianto, E. (2016). DASAR-DASAR PUBLIC RELATION (10th ed.). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Statista. (n.d.). Snack Food - Indonesia | Statista Market forecast. https://www.statista.com/outlook/cmo/food/confectionery-snacks/snack-food/indonesia

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung:alfabeta.

Susanti, R. (2005). Sampling dalam penelitian pendidikan. Jurnal Teknodik, 9(16), p.187-208. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.543.

Welcome to the website of the Ministry of Culture, Sports and Tourism of the Republic of Korea. (n.d.). https://www.mcst.go.kr/english/policy/pressView.jsp?pSeq=383

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

Persis, J., Hadi, I. P., & Yogatama , A. (2025). The Effectiveness of Brand Ambassador In Non Gen Z In Indonesia. Jurnal Spektrum Komunikasi, 13(3), 423–435. Retrieved from https://journal.stikosa-aws.ac.id/index.php/spektrum/article/view/1093