Community Based Trafficking Prevention Communication Strategy in Garut Regency

Authors

  • Haryadi Mujianto Universitas Garut
  • Chotijah Fanaqi Universitas Garut
  • Leadya Raturahmi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.37826/spektrum.v9i2.112

Keywords:

Trafficking, community, organization communications

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Strategi Komunikasi pencegahan trafficking yang dilakukan oleh Dinas Sosial Kabupaten Garut dengan merangkul komunitas masyarakat di Kabupaten Garut. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara, observasi, studi pustaka, dan dokumentasi untuk pengumpulan data agar mendapatkan data yang objektif. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa besarnya partisipasi komunitas masyarakat lokal dalam upaya pencegahan trafficking turut membantu pemerintah menurunkan angka tindak trafficking yang semakin tinggi. Fungsi organisasi dalam KPI (Koalisi Perempuan Indonesia) dan FKPM (Forum Komunikasi Polisi Masyarakat) di Kabupaten Garut berjalan cukup efektif dalam Pada fungsi informasi, KPI dan FKPM menjadi mitra dinas Sosial dalam menSosialisasikan tindak trafficking pada masyarakat. Pada fungsi regulatif, KPI dan FKPM turut memberikan edukasi berupa Sosialisasi UU berkenaan dengan hukuman yang bisa dipidanakan kepada pelaku trafficking. Pada fungsi persuasif dan integratif, KPI dan FKPM selaku mitra dinsos mengajak dan membuka diri pada masyarakat untuk tidak segan melaporkan kasus yang berkenaan dengan tindak trafficking di lingkungannya masing-masing. Hal ini sebagai upaya untuk memutus mata rantai tindak trafficking yang selama ini tidak disadari oleh masyarakat awam.

 

Author Biography

Chotijah Fanaqi, Universitas Garut

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Ardial, H. (2014). Paradigma Dan Model Penelitian Komunikasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Ardiyanto, Elvinaro. (2011). Metode Penelitian Untuk Public Relations Kuantitatif Dan Kualitatif. Bandung: Simbiosi Rekatama Media.

Arikunto, Suharsimin. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bagong Suyanto. (2018). Mengatasi Perdagangan Manusia, w. k. (2020, April 15 ). Tempo.co. Retrieved from tempo.co: www.kolom. tempo.co

Bintari, A., & Djustiana, N. (2015). Upaya Penanganan Korban dan Pencegahan Tindak Perdagangan Orang (Human Trafficking) di Kabupaten Indramayu Provinsi Jawa Barat. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 124-148.

Bintari, A., & Djustkorbanna, N. (2015). Upaya Pengananan Korban dan Pencegahan Human Trafficking di Indramayu Jawa Barat. Jurnal Ilmu Pemerintahan (Cosmogov, Vol. 1, No. 1).

BKKBN Web Page. (2020, April 15). Retrieved from BKKBN.go.id: www.bkkbn.go.id

Ghani, H. (2018, Maret 12). Detikcom. Retrieved from Detikcom: https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-3912668/polisi-ungkap-praktik-perdagangan-manusia-di-garut

Griffin, E. (2003). A first look at communication theory . Boston: MA: McGraw-Hill.

Hanapi. (2019, Oktober 16). Pemerintah Kabupaten Garut Web Page. Retrieved from Pemerintah Kabupaten Garut Web site: https://garutkab.go.id/news/dinsos-garut-jemput-langsung-korban-trafficking-di-sulawesi-selatan

KPAI Web Page. (2020, April 15). Retrieved from kpai.go.id: www.kpai.go.id

Kristiyono, J. (2013). Sistem Komunikasi Organisasi Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Dalam Menunjang Kinerja Institusi Stikosa-Aws. Jurnal Spektrum Komunikasi, 1(1), 15-22.

Kriyanto, R. (2007). Tehnik Praktisi: Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Pranada Group.

Kriyantono, R. (2009). Teknik Praktek Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Maharani, T. (2015). Strategi Komunikasi Humas Pt Pelindo Iii (Persero) Dalam Mewujudkan Penerimaan Warga Sekitar Tambak Osowilangun Terkait Pendirian Pt Terminal Teluk Lamong. Jurnal Spektrum Komunikasi, 3(1), 80-87.

Moedjiono, I. ( 2002). Kepemimpinan dan Keorganisasian. Yogyakarta: UII Press.

Nurhadi, Zikri Fachrul Dan Makbul A.H Din. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif: Teori Dan Paradigma. Bandung: Alfabeta.

N., A. P. (2011). Modul Seminar “Peran Komunitas Musik Etnik dalam Kebangkitan Budaya Bangsa. . Agoes Patub B. N. (2011). Modul Seminar “Peran Komunitas Musik Etnik dalam Kebangkitan Budaya Bangsa. Yogyakarta: Komunitas Suling Bambu Nusantara. Yogyakarta: Komunitas Suling Bambu Nusantara.

(n.d.). Protokol PBB Tahun 2000 tentang Penyelundupan Manusia.

Putri, M. A. (n.d.). Peran Komunitas Jalan-Jalan Edukasi Dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Panti Asuhan Di Kecamatan Way Halim Bandar Lampung. 2018. Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Rakhmat, J. (2002). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rogers, E. M. (1976). Communication in Organization. Free Press.

Sani, F. L. (2015)). Fenomena Komunikasi Anggota Komunitas Graffiti Di Kota Medan. .

Santosa, S. (2004). Dinamika kelompok. Jakarta: Bumi Aksara.

Sendjaja. (1994). Teori-Teori Komunikasi. Universitas Terbuka.

Soekanto, S. (1983). Sosiologi, Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press.

Sukardi. (2009). Metode Pendidikan Dan Pembangunan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suryarandika, R., & Maharani, E. (2018, Maret 20). Republika.co.id. Retrieved from Republika.co.id: https://www.republika.co.id/berita/nasional/daerah/18/03/20/p5v78c335-polres-garut-bongkar-sindikat-perdagangan-orang-ke-bali

TPPO, S. G. (2018). Kemenppa Web Page. Retrieved from Kemenppa Web Site: https://www.kemenpppa.go.id/lib/uploads/list/f3b9b-buku-laptah-2018.pdf

(n.d.). Undang-Undang Nomor 21 tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang.

Wiryanto. (2005). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Grasindo.

Yuwafi, M. N. (2016). Fungsi Sosial Pada Komunitas Sepeda Motor Di Surakarta.

Downloads

Published

2021-12-27

How to Cite

Mujianto, H., Fanaqi, C. ., & Raturahmi, L. . (2021). Community Based Trafficking Prevention Communication Strategy in Garut Regency. Jurnal Spektrum Komunikasi, 9(2), 117–127. https://doi.org/10.37826/spektrum.v9i2.112