INTERPERSONAL COMMUNICATION PATTERNS BETWEEN TEACHERS AND CHILDREN IN PHONICS LEARNING AT BRIGHT CUBS LEARNING CENTER

Authors

  • Teguh Hidayatul Rachmad Bunda Mulia University Jakarta
  • Stefani Octaviana Bunda Mulia University
  • Zera Edenzwo Subandi Bunda Mulia University

Keywords:

Interpersonal Communication, Symbolic Interaction, Phonics, Early Childhood, English Learning

Abstract

This study aims to describe the patterns of interpersonal communication in phonics learning for early childhood at Bright Cubs Learning Center. A descriptive qualitative approach was employed, using in-depth interviews with three phonics teachers and two parents. This research applies Social Learning Theory and Symbolic Interactionism to explain how communication between teachers and students shapes learning experiences and children’s perceptions of letters and sounds. The findings reveal that warm, responsive, and interactive communication patterns play a crucial role in building children's self-confidence and facilitating their understanding of phonics. Symbolic communication expressed through facial expressions, body movements, and vocal intonation provides meaningful learning cues for children in learning to read. The interaction fosters not only early literacy skills but also the broader development of children's interpersonal communication. These findings highlight the importance of the quality of interpersonal relationships in early childhood education, particularly in the phonics learning context.

Author Biographies

Stefani Octaviana , Bunda Mulia University

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola komunikasi interpersonal dalam pembelajaran fonik untuk anak usia dini di Bright Cubs Learning Center. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan, menggunakan wawancara mendalam dengan tiga guru fonik dan dua orang tua. Penelitian ini menerapkan Teori Pembelajaran Sosial dan Interaksionisme Simbolik untuk menjelaskan bagaimana komunikasi antara guru dan siswa membentuk pengalaman belajar dan persepsi anak-anak terhadap huruf dan bunyi. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa pola komunikasi yang hangat, responsif, dan interaktif memainkan peran penting dalam membangun rasa percaya diri anak-anak dan memfasilitasi pemahaman mereka tentang fonik. Komunikasi simbolik yang diungkapkan melalui ekspresi wajah, gerakan tubuh, dan intonasi vokal memberikan isyarat pembelajaran yang bermakna bagi anak-anak dalam belajar membaca. Interaksi tersebut tidak hanya menumbuhkan keterampilan literasi awal tetapi juga perkembangan komunikasi interpersonal anak-anak yang lebih luas. Temuan ini menyoroti pentingnya kualitas hubungan interpersonal dalam pendidikan anak usia dini, khususnya dalam konteks pembelajaran fonik.

Zera Edenzwo Subandi, Bunda Mulia University

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola komunikasi interpersonal dalam pembelajaran fonik untuk anak usia dini di Bright Cubs Learning Center. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan, menggunakan wawancara mendalam dengan tiga guru fonik dan dua orang tua. Penelitian ini menerapkan Teori Pembelajaran Sosial dan Interaksionisme Simbolik untuk menjelaskan bagaimana komunikasi antara guru dan siswa membentuk pengalaman belajar dan persepsi anak-anak terhadap huruf dan bunyi. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa pola komunikasi yang hangat, responsif, dan interaktif memainkan peran penting dalam membangun rasa percaya diri anak-anak dan memfasilitasi pemahaman mereka tentang fonik. Komunikasi simbolik yang diungkapkan melalui ekspresi wajah, gerakan tubuh, dan intonasi vokal memberikan isyarat pembelajaran yang bermakna bagi anak-anak dalam belajar membaca. Interaksi tersebut tidak hanya menumbuhkan keterampilan literasi awal tetapi juga perkembangan komunikasi interpersonal anak-anak yang lebih luas. Temuan ini menyoroti pentingnya kualitas hubungan interpersonal dalam pendidikan anak usia dini, khususnya dalam konteks pembelajaran fonik.

References

Asipi, L. S., Rosalina, U., & Nopiyadi, D. (2022). The analysis of reading habits using Miles and Huberman interactive model to empower students’ literacy at IPB Cirebon. International Journal of Education and Humanities, 2(3), 117–125. http://i-jeh.com/index.php/ijeh/index

Bandura, A. (n.d.). IN MEMORIAM Albert Bandura (1925-2021).

da Renda Vitorino, A. J., & Pires, P. S. A. (2022). G. H. Mead and the value of his theory for education. Revista Brasileira de Educacao, 27. https://doi.org/10.1590/S1413-247820222700010

Eriyanti, E., Arafat, Y., & Eddy, S. (n.d.). Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Manajemen Konflik Terhadap Kinerja Guru.

Fauziyah Nasution, Aura Rahma Azzahra, Cindy Salsabila Ginting, & Murni Amalia. (2023). Diversitas Sosiokultural: Penjelasan, Faktor, dan Manfaatnya dalam Masyarakat. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(2), 249–258. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i2.1893

Hadriana, M., & Nugraha, L. (n.d.). Buhun JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU MEMAHAMI DIVERSITAS SOSIOKULTURAL DALAM KONTEKS PENDIDIKAN.

Hidayatul Rachmad, T., & Sasongko, Y. P. D. (2023). Communication strategy of adult pedagogy at the Kamal Agricultural Extension Center - Bangkalan Madura. Nuris Journal of Education and Islamic Studies, 3(2), 147–154. https://doi.org/10.52620/jeis.v3i2.47

Idham, R. N., Syafrudin, U., & Drupadi, R. (2023). Analisis kecerdasan interpersonal anak usia dini di tk istiqlal bandar lampung ARTICLE INFO ABSTRACT. Jurnal Pendidikan Anak, 12(1), 49–58.

International Journal of Education and Management. (n.d.).

Kasprick, B., & 603, E. D. (n.d.). The Effectiveness of Using Phonics Instruction and Interventions in Elementary Classroomiss https://red.mnstate.edu/thesis

Komunikasi Interpersonal Guru dan Santri TPQ As Syafiiyah (Analisis Teori Interaksionisme Simbolik G. Herbert Mead). (n.d.).

Maulia, S., & Purnomo, H. (n.d.). ELEMENTA: JURNAL PGSD STKIP PGRI BANJARMASIN Peran Komunikasi Efektif Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar (SD). 5(1), 25–39. https://doi.org/10.33654/pgsd

Nurfajriani, W. V., Ilhami, M. W., Mahendra, A., Afgani, M. W., & Sirodj, R. A. (2024). Triangulasi data dalam analisis data kualitatif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(17), 826-833.

Puryanto, S. (2023). Conflict Resolution in the Interactionism Symbolyc Prespective. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 5(4), 2597–2602. https://doi.org/10.34007/jehss.v5i4.1747

Qomaruddin, Q., & Sa'diyah, H. (2024). Kajian Teoritis tentang Teknik Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif: Perspektif Spradley, Miles dan Huberman. Journal of Management, Accounting, and Administration, 1(2), 77-84.

Siregar, R. R. (2024). PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK SEKOLAH DASAR/ MI. Jurnal Sains Student Research, 2(1). https://doi.org/10.61722/jssr.v2i1.586

Sola, E., Amriyah Bahtiar, I., & Sudarman, A. (n.d.). Nomor 1 Februari-Juli 2022 48║. In Educational Leadership (Vol. 2, Issue 1).

Susilawati, Y. (2021). Relationship of Transformational Leadership, Interpersonal Communication with Teacher Performance through Teacher Discipline. J Adv Educ Philos, 5(11), 357–363. https://doi.org/10.36348/jaep.2021.v05i11.004

Vardya, R., & Nurhajati, L. (n.d.). Social News Site: People’s Interest and Content Spreading.

Yuliana, A. C., Nurhuda, V., Ngadhimah, M., & Sidiq, U. (2023). Strategi Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran Anak Usia Dini di RA Tahfizh Al Furqon Ponorogo. Excelencia Journal of Islamic Education & Management E, 1.

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

Rachmad, T. H., Octaviana , S., & Subandi, Z. E. (2025). INTERPERSONAL COMMUNICATION PATTERNS BETWEEN TEACHERS AND CHILDREN IN PHONICS LEARNING AT BRIGHT CUBS LEARNING CENTER. Jurnal Spektrum Komunikasi, 13(3), 359–366. Retrieved from https://journal.stikosa-aws.ac.id/index.php/spektrum/article/view/996