TINGKAT KEPUASAN FOLLOWER DALAM MENGAKSES AKUN INSTAGRAM @SUARASURABAYAMEDIA

Authors

  • Aulia Rakhil Stikosa-AWS
  • Suprihatin Stikosa-AWS

DOI:

https://doi.org/10.37826/digicom.v1i1.218

Keywords:

Media baru, Followers Instagram, Instagram @suarasurabayamedia

Abstract

Penelitian ini berfokus pada strategi komunikasi duta wisata Cak dan Ning dalam mempromosikan pariwisata karena Media baru (New Media) merupakan alat atau sarana dalam menyampaikan pesan pada khalayak luas dengan menggunakan teknologi digital atau disebut juga sebagai jaringan teknologi komunikasi dan informasi. Penelitian ini meneliti bagaimana tingkat kepuasan follower dalam mengakses akun instagram @suarasurabayamedia. Penelitian menggunakan teori Uses and Gratifications dengan metode survey. Data dianalisis secara deskriptif menggunakan 4 kategori untuk menentukan tingkat kepuasan followers yaitu, kepuasan pengawasan, kepuasan identitas pribadi, kepuasan integrasi dan interaksi sosial, dan kepuasan pengalihan. Kepuasan diukur dengan melihat kesenjangan antara kepuasan yang diharapkan (Gratification Sought) dengan kepuasan yang diperoleh (Gratification Obtained). Dilihat dari perbandingan tabel kepuasan yang diharapkan (GS) dan kepuasan yang diperoleh (GO). Akun instagram @suarasurabayamedia menunjukkan bahwa skor untuk rata-rata kepuasan lebih besar dari pada rata-rata skor kebutuhan (GS<GO), maka diketahui telah timbul kepuasan pada followers dalam mengakses akun instagram @suarasurabayamedia. Selain itu perbedaan antara harapan dan kepuasan follower dalam mengakses akun instagram @suarasurabayamedia signifikan dan dapat digunakan pada seluruh follower yang ada.

References

Alyusi, D. S. 2016. Media Sosial (Interaksi, Identitas, Dan Modal Sosial). Jakarta: Prenadamedia Group

Ardianto, Elvinaro. Lukiati Komala dan Siti Karlinah, 2007. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Astuti, Santi Indra. 2008. Jurnalisme Radio Teori dan Praktik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Bungin, B. (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi dan Kebijakan Publik serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya, Edisi Pertama,. Jakarta: Prenada Media.

Cangara, Hafied. 2016. Pengantar Ilmu Komunikasi Edisi Kedua. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Daryanto, D. R. (2016). Teori komunikasi. Yogyakarta: Gava Media.
Effendy, O. U. (1993). Ilmu Teori Dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Kriyantono, R. ( 2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Khomsahrial, R. (2016). komunikasi massa. jakarta: Pt Grasindo.
Lister, M. E. (2009). New Media ACriticial Introduction. New York: Routledge.
McQuail, D. (1994). Mass Communication Theory: Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Erlangga.

Moerdijati, S. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi. Surabaya: PT. Revka Petra Media.

Nasrullah. (2015). Media sosial: Perspektif, Budaya, dan Sosiologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Natanael, Y. (2014). Belajar Otodidak SPSS Pasti Bisa. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Nurudin. (2007). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Prof. Dr. Khomsahrial Romli, M. (2016). Komunikasi Massa. Jakarta: Grasindo.
Riswandi. (2009). Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Saeful Muhtadi, A. (2015). Metode Penelitian Komunikasi Kuantitatif. Bandung: PT Pustaka Setia.

Schmidt, E. (2014). The New Digital Age: Era Baru Digital. Jakarta: PT Gramedia.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Huda, Priambada, (2018). Motif Followers Dalam Mengakses Akun Instagram @RODADUASAMPETUA. Yogyakarta : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Dikutip dari http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21113?show=full

Innova, I. E. (2016). Motif Dan Kepuasan Pengguna Instagram Di Komunitas Instameet Indonesia. Surabaya : Universitas Kristen Petra Surabaya. 04, 02-11.

Putra, H. T. (2015). Kepuasan Anggota Instanusantara Surabaya Pada Penggunaan Media Sosial Instagram. Surabaya : Universitas Kristen Petra Surabaya. 04, 65-80.

Riyanto, (2017). Efektivitas Media Internet Terhadap Kepuasan Khalayak Media. Jakarta Selatan : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi InterStudi. 02, 61-68.

Pasaribu, G. E. (2018). Tingkat Kepuasan Remaja Surabaya Terhadap Program Pagi Kanca Muda Di Radio EBS FM Surabaya. Surabaya : Stikosa-AWS. Dikutip dari https://eprints.stikosa-aws.ac.id/136/

Haryanto, T. A. (2020 Februari), Riset : Ada 175,2 Juta Pengguna Internet di Indonesia. Dikutip dari https://inet.detik.com/cyberlife/d-4907674/riset-ada-1752-juta-pengguna-internet-di-indonesia

Data Tren Internet dan Media Sosial Tahun 2020 Di Dunia Menurut Hootsuite. (2020). We Are Social. Dikutip dari https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2020/

Imam, M. (2020 Juni), Pengguna Instagram Di Indonesia Didominasi Wanita Dan Generasi Milenial. Dikutip dari https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/06/14/pengguna-instagram-di-indonesia-didominasi-wanita-dan-generasi-milenial

Suara Surabaya.Net. Dikutip dari https://www.suarasurabaya.net/about/
Instagram @Suarasurabayamedia. Dikutip dari https://www.instagram.com/suarasurabayamedia/?hl=id

Downloads

Published

2021-10-27