Pengaruh Channel Youtube Gadgetin Terhadap Minat Daya Beli Gadget

Authors

  • Faisal Akbar, Dwi Prasetyo

DOI:

https://doi.org/10.37826/digicom.v2i1.279

Keywords:

youtube,channel youtube gadgetin, minat beli

Abstract

Setiap manusia membutuhkan informasi dalam hidupnya, kehadiran internet sebagai new media  komunikasi modern  yang  membuat dunia menjadi semakin mudah digenggam. Salah satu new media yang berkembang pesat saat ini adalah Youtube.Youtube menjadi salah satu media untuk mencari berbagai macam informasi salah satunya adalah gadget. Penelitian ini bertujuan ingin melihat adanya pengaruh dari  Youtube  dalam  meningkatkan minat  beli  gadget  bagi  khalayak,  salah satu channel review gadget di Youtube adalah GadgetIn. Peneliti tertarik meneliti terpaan dikarenakan peneliti ingin mencari seberapa besar pengaruh yang timbul dari penggunaan media dilihat dari frekuensi penggunaan, durasi penggunaan maupun atensi dari khalayak dalam melihat media. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuantitatif Eksplanasif dengan menggunakan teori Stimulus – Respon (S – R), yang mengasumsikan bahwa kata-kata verbal (lisan - tulisan), gambar-gambar, dan tindakan-tindakan tertentu akan merangsang orang lain untuk memberikan respons dengan cara tertentu. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuesioner yang disebar hanya untuk subscribers Channel Youtube GadgetIn.. Dalam penelitian ini teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling, Teknik analisa data yang digunakan yaitu analisis korealsi Pearson Product Moment yang perhitungannya menggunakan program SPSS for Windows. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Channel Youtube GadgetIn memiliki pengaruh dengan tingkat hubungan yang sedang terhadap minat beli subscirbers Channel Youtube Gadgetin dalam membeli gadget.

References

Ardianto. (2014). Komunikasi Massa : Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Arikunto. (2002). Prosedur penelitian : Suatu pendekatan praktek. Edisi revisi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Azwar, Saifuddin. (2004). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bungin, Burhan. (2006). Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Cangara, Hafied. (2018), Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Castells, Manuel, (2001). The Internet Galaxaxy. UK: Oxford University Press.
Effendy, Onong. (2003). Ilmu komunikasi: teori dan praktek. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Effendy, Onong. (2003). Ilmu, teori: filsafat komunikasi. Bandung : Citra Aditya Bakti.
Flew, Terry. (2005). New Media. UK: Oxford University Press.
Kriyantono, Rachmat. (2014). Teknis Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Moerdijati, Sri. (2012). Buku Ajar : Pengantar Ilmu Komunikasi. Surabaya : PT Revka Petra Media.
Mondry. (2008). Pemahaman Teori dan Praktik Jurnalistik. Bogor : Ghalia Indonesia
Mulyana, Deddy. (2015). Ilmu Komunikasi. Bandung:Remaja Rosda Karya.
Mc Quail (2011). Teori Komunikasi Massa. Jakarta : Salemba Humanika
Nurudin, (2007). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Rakhmat, Jalaludin. (2012), Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Schiffman, Leon G., Kanuk, Leslie Lazar. (2007). Perilaku Konsumen. Jakarta : Indeks.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Stanton, William J. (2002). Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif

Published

2022-02-13