Analisis Berita Penahanan Habib Rizieq Shibab Media Online Kompas dan Republika 12-13 Desember 2020

Authors

  • Jelita Sondang Samosir, Riesta Ayu Oktarina Stikosa-AWS

DOI:

https://doi.org/10.37826/digicom.v2i1.280

Keywords:

berita, penahanan habib rizieq, kompas.com dan republika.co.id, framming

Abstract

Perayaan pernikahan putri Muhhamad Rizieq Shihab atau yang biasa dikenal Habib Rizieq, yaitu Shafira Najwa Shihab yang  kemudian dilanjutkan dengan acara peringatan Maulid Nabi pada 14 November 2020 melanggar Protokol Kesehatan (Prokes). Namun Rizieq selaku pihak penyelenggara tak kunjung penuhi panggilan, hingga ia ditetapkan sebagai tersangka. Rizieq akhirnya mendatangi Polda Metro Jaya dengan tim kuasa hukum dan menjadi berita hangat kala itu. Penelitian ini untuk mengetahui pembingkaian berita yang terdapat di media online Kompas.com dan Republika.co.id mengenai penahanan Habib Rizieq. Peneliti menggunakan analisis Framming Zhongdan Pan dan Kosicki. Metode ini terdiri dari empat unsur, yaitu Sintaksis yang terdiri dari judul, lead dan kutipan, kedua Skrip yaitu isi tubuh berita terdiri dari 5W+1H. Ketiga, unsur Tematik, yakni pengungkapan cara pandang wartawan atas sebuah kasus atau persoalan. Keempat, Retoris, yakni penekanan makna tertentu pada berita. Hasil penelitian menunjukkan, jika Kompas.com lebih cenderung ke pihak kepolisian karena dari beberapa naskah porsi pernyataan narasumber lebih banyak ke kepolisian dan lebih deskriptif sedangkan Republika.co.id lebih memberitakan secara permukaan dan lebih pada membangun citra Rizieq, jika selama ini dirinya tak pernah sembunyi atau takut dengan kepolisian.

References

Apriadi, Tamburaka. (2012). Agenda setting media massa. Jakarta: Rajawali Pers,

Cangara, Hafied. M.Sc. (2015). Pengantar Ilmu Komunikasi edisi kedua. Jakarta: Rajawali Pers,.

Sobur, Alex. (2015). Analisis Teks Media, suatu pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung: PT Remaja Rosdakarya,.

Musman, Asti dan Nadi Mulyadi. (2007) Junalisme Dasar Panduan Praktis Para Jurnalis.Yogyakarta: Komunika,.

Deddy mulyana. (2001) Metode Penelitian Kualitatif :Paradigma Baru Ilmu Komunikasi Dan ilmu Lainnya: PT. Remaja Rosdakarya.

Bungin, Burhan. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitaf. Yogyakarta : Gajah Mada Pers.

Eriyanto. (2002). Analisis Framing: Kontruksi, Ideologi dan politik Media. Yogyakarta: PT LkiS Pelangi Aksara.

Rakhmat, jalaludin. (2009). Metode penelitian Komunikasi. Bandung: PT remaja Rosdakarya

Effendy, Onong Uchajana. (1984). Ilmu, Teori dan Praktek Komunikasi. Bandung: Remaja Rosadakarya

Downloads

Published

2022-02-15