Analisis Framing Berita Basuki Tjahaja Purnama di Tempo.co dan Detik.com Edisi 13-26 November 2019

Penulis

  • Alfa Kumala Stikosa-AWS

DOI:

https://doi.org/10.37826/digicom.v2i3.349

Kata Kunci:

Framing, Konstruksi Berita, Basuki Tjahaja Purnama, Komisaris BUMN, Detik.co, Tempo.co

Abstrak

Penelitian Pengangkatan Basuki Tjahaja Purnama sebagai Komisaris BUMN mengusik peneliti untuk meneliti isu tersebut. Dimana penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sikap Tempo.co dan Detik.com dalam mengkonstruksi pemberitaan terhadap sebuah isu pengangkatan Basuki Tjahaja Purnama edisi 13 November – 26 November 2019.

Berita ini memuat tentang polemik pengangkatan Basuki Tjahaja Purnama sebagai komisaris BUMN yang menuai pro dan kontra. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode analisis framing kualitatif model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki dengan menggunakan teori Konstruksi Media.  Penerapan analisis framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki ini dibagi dalam 4 struktur yaitu: Sintaksis, Skrip, Tematik, Retoris. Jika dilihat secara sintaksis, Dari pengemasan berita mengenai pengangkatan Basuki Tjahaja Purnama sebagai komisaris di BUMN, kedua media memang sangat jelas perbedaanya yakni dari segi tingkat narasumber. Secara skrip, keduanya memuat beberapa berita yang tidak disertai unsur 5W+1H yang lengkap. Kedua media secara tematik dan retoris juga memiliki perbedaan dalam penyampaian kepada pembaca. Media online Tempo.co cenderung meletakan peryataan pihak kontra Basuki Tjahaja Purnama di awal berita atau tengah berita, lalu dibantah oleh pihak pro Basuki Tjahaja Purnama. Ini dilakukan dengan menyertakan pengulangan informasi dari berita-berita yang sudah diunggah sebelumnya. Detik.com memuat hanya satu pernyataan  narasumber dalam satu berita. 

Referensi

Sumadiria, (2005). Jurnalistik Indonesia, Menulis Berita dan Feature, Panduan Praktik Jurnalis Profesional. Penerbit PT. Remaja Rosdakarya Bandung
Bungin, Burhan. (2008). Konstruksi Sosial Media Massa. Jakarta: Kencana
Effendy, Onong Uchana. (2005). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosda Karya
Eriyanto. (2002). Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. Yogyakarta: LkiS
Mc Quail, Dennis. (1994). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Erlangga
Mondry, (2008). Pemahaman Teori dan Praktik Jurnalistik. Bogor: Ghalia Indonesia
Mulyana, Deddy. (2000). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar: PT. Remaja Rosdakarya
Mulyana, Deddy.(2010). Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Nurudin. (2007). Penghantar Komunikasi Massa.Jakarta: Rajawali Pers
Sobur, Alex. (2001). Analisis Teks Media: Suatu Pengantar Untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung: Remaja Rosdakarya
Yunus, Syarifudin. (2010). Jurnalistik Terapan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-28

Terbitan

Bagian

Articles