Pola Komunikasi Pembelajaran Guru dan Siswa Group Nusa Oktav Orkestra SMA NU 1 Gresik
DOI:
https://doi.org/10.37826/digicom.v2i3.350Kata Kunci:
SMA NU 1 Gresik, Nusa Oktav Orkestra, Pola Komunikasi.Abstrak
Dalam dunia pendidikan para guru dan murid didalamnya terlibat dalam proses komunikasi. Proses komunikasi tersebut dapat terjadi didalam kelas maupun diluar kelas. Penggabungan metode pembelajaran dengan pola komunikasi yang efektif sangat diperlukan agar ilmu dapat diterima dan dipahami oleh siswa. Penelitian dengan judul Pola Komunikasi Antara Guru dan Siswa Dalam Pembelajaran Grup Nusa Oktave Orkestra SMA NU 1 Gresik dilatarbelakangi oleh keingin tahuan peneliti mengenai pola komunikasi antara guru dan siswa dalam pembelajaran didalam grup. Dalam pelaksanaan pembelajaran grup musik Nusa Oktav Orkestra guru menerapkan komunikasi langsung kepada siswa dengan memberikan materi pembelajar musik, namun materi tersebut tidak akan tersampaikan dengan baik kepada siswa apablia pola komunikasi yang dilakukan guru ke siswa kurang efektif. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi antara guru dan siswa dalam pembelajaran didalam grup. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif-deskriptif, peneliti melakukan kegiatan wawancara dengan key-informan dan informan. Penelitian ini mengacu pada teori Lasswell. Untuk mengukur pola komunikasi, peneliti mneegunakan metode kulai tatif deskriptif dengan melakukan observasi dan wanwancara langsung. Melalui penelitian yang sudah dilakukan peneliti maka komunikasi antara guru dan murid dalam pembelajaran grup Nusa Oktav Orkestra SMA NU 1 Gresik efektif. Baik guru dan murid dapat saling memahami materi yang disampaikan, kesenangan didalam kegiatan, dapat memberikan pengaruh yang baik, dan siswa berkembang serta belajar sesuai ekspektasi dan arahan guru.
Referensi
Effendy, Uchjana, Onong. (2013). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Ahmad, Habibullah, (2008), Efektifitas Pokjawas dan Kinerja Pengawas pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT Pena Citasatria.
L. Tubbs, Steward & Sylvia Moss (1996) Human Communication Prinsip-prinsip Dasar. Bandung; P.T. Remaja Rosdakarya
Effendy, Onong Uchjana. (2000), Ilmu Komunikasi dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Khusnul Wardan, (2019) Guru Sebagai Profesi. Yokyakarta: Deepublish
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Effendy, O. U.,(1993). Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung ; PT. Citra Aditya Bakti.
Devito, Joseph A. (2011). Komunikasi Antar Manusia. Pamulang-Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group.


.jpg)

