STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA CLOTHING BRAND YEOBOSEYO.ID

Penulis

  • Galung Prakoso Ciputra University
  • Gaby Swastika Ciputra University

DOI:

https://doi.org/10.37826/spektrum.v12i3.698

Kata Kunci:

marketing communication strategy, Quasi-qualitative, Marketing Communication, Surabaya

Abstrak

Jumlah pengguna internet yang semakin meningkat dari tahun ke tahun juga berdampak pada industri maupun aspek individual, salah satunya adalah penggunaan media sosial. Di Indonesia, penggunaan media sosial telah mencapai 60,4% dari total populasi pada tahun 2023. Instagram dan TikTok adalah contoh media sosial yang banyak digunakan oleh sebagian besar orang Indonesia. Selain digunakan untuk jejaring sosial, Instagram dan TikTok juga dapat digunakan untuk pemasaran bisnis. Salah satu merek pakaian yang menggunakan strategi komunikasi pemasaran di media sosial adalah Yeoboseyo.id. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh merek pakaian Yeoboseyo.id dari September hingga Januari 2024. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi-kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara semi-struktur. Validitas data yang diperoleh oleh peneliti akan diuji menggunakan teknik triangulasi sumber untuk memastikan keakuratan dan kepastian data. Hasil dari penelitian ini adalah strategi komunikasi yang diterapkan oleh Yeoboseyo.id menggunakan bauran komunikasi pemasaran, seperti periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan pribadi, dan pemasaran langsung.

Referensi

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. syakir Media Press.

Annur, C. M. (2021, May 5). Lewat Marketplace, 77% UMKM Terbantu Pasarkan Produk saat Pandemi Covid-19. Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2021/05/05/Lewat-Marketplace-77-Umkm-Terbantu-Pasarkan-Produk-Saat-Pandemi-Covid-19.

Bungin, B. (2020). Social Research Methods. Kencana.

Catriana, E. (2023, July 26). Dampak Produk Impor, UMKM Terancam “Gulung Tikar” . Https://Money.Kompas.Com/Read/2023/07/26/204200226/Dampak-Produk-Impor-Umkm-Terancam-Gulung-Tikar-.

Doembana, I., Rahmat, A., & Farhan, M. (2017). BUKU AJAR MANAJEMEN DAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN. Zahir Publishing.

Egan, J. (2015). Marketing Communications. SAGE.

Firmansyah, M. A. (2019). Buku Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). CV. Penerbit Qiara Media.

Firmansyah, M. A. (2020). KomunikasiPemasaran. CV. Penerbit Qiara Media.

Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif. Wal ashri Publishing.

Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.

Haryoko, S., Bahartiar, & Arwadi, F. (2020). ANALISIS DATA PENELITIAN KUALITATIF (Konsep, Teknik, & Prosedur Analisis). Badan Penerbit UNM.

Huggard, E., & Cope, J. (2020). Communicating Fashion Brands: Theoretical and Practical Perspectives. Taylor & Francis. https://books.google.co.id/books?id=PXrRDwAAQBAJ

Jannah, U., & Moefad, A. M. (2019). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN WISATA BARU SETIGI DI GRESIK JAWA TIMUR. Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2). http://jurnalfdk.uinsby.ac.id/index.php/JIK

Pandu, S. W. (2021). Strategi komunikasi pemasaran sharp indonesia di era pandemi covid-19 dan kenormalan baru English Title: Sharp Indonesia’s Marketing Communication Strategy in the Covid-19 Pandemic Era and New Norms. http://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jkp

Panuju, R. (2019). KOMUNIKASI PEMASARAN Pemasaran sebagai Gejala Komunikasi Komunikasi sebagai Strategi Pemasaran. Prenada Media. www.prenadamedia.com

Rabbani, D. B., Diwyarthi Ni Desak Made Santi, Muliyati, Umar, M., Hadawiah, Sari, Y. P., Sukrin, Haryanti, I., Santoso, M. H., Ardani, W., & Salehan. (2022). KOMUNIKASI PEMASARAN. Global Eksekutif Teknologi. www.globaleksekutifteknologi.co.id

Rizaty, M. A. (2023, February 3). Pengguna Internet di Indonesia Sentuh 212 Juta pada 2023. Https://Dataindonesia.Id/Internet/Detail/Pengguna-Internet-Di-Indonesia-Sentuh-212-Juta-Pada-2023.

Saat, S., & Mania, S. (2020). Pengantar Metodologi Penelitian Panduan Bagi Pemula. Pusaka Almadia.

Saparso. (2021). Marketing Process Menciptakan Nilai Bagi Pelanggan. Ukrida Press.

Sarastuti, D. (2017). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE PRODUK BUSANA MUSLIM QUEENOVA. www.queenova.com,

Sendari, A. A. (2023, June 14). 10 Manfaat Media Sosial untuk Bisnis, Bantu Tingkatkan Reputasi. Liputan6.

Sidiq, U., & Choiri, M. (2019). METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN. CV. Nata Karya.

Sitorus, O. F., & Utami, N. (2017). STRATEGI PROMOSI PEMASARAN. FKIP UHAMKA.

Widyastuti, S. (2018). MANAJEMEN KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU Solusi Menembus Hati Pelanggan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila Press.

Diterbitkan

2024-09-30

Cara Mengutip

Prakoso, G., & Gaby Swastika. (2024). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA CLOTHING BRAND YEOBOSEYO.ID . Jurnal Spektrum Komunikasi, 12(3), 294–304. https://doi.org/10.37826/spektrum.v12i3.698