Sosio-demografi dan Kepuasan Pengguna Podcast di Indonesia

Penulis

  • Jenica Elisabeth Rotua Panjaitan Universitas Diponegoro

DOI:

https://doi.org/10.37826/spektrum.v9i1.155

Kata Kunci:

Podcast, sosio-demografi, kepuasan.

Abstrak

Podcast menjadi sarana informasi berbasis audio yang diminati oleh berbagai negara, tidak terkecuali di Indonesia, peminat podcast mengalami kenaikan yang signifikan. Penelitian ini melihat bagaimana faktor sosio demografi dan adaptasi pengguna podcast melalui survey dan wawancara yang menggambarkan bahwa pengguna podcast di Indonesia mayoritas berada di kota-kota besar seperti Jakarta dan berasal dari kalangan yang beragam dengan espektasi mendapatkan hiburan dimana pengguna podcast mengaku puas dengan kemudahan dan dampak yang di dapatkan dari penggunaan podcast.

Kata-kata Kunci:Podcast, sosio-demografi, kepuasan.

Referensi

Febriyanti, S. N. (2020). Constructions of Youth Identities in Youtube: Textual Analysis of “Kids Jaman Now” Content on the Ecko Show and Fikrifadlu’s YouTube Channel. Jurnal Spektrum Komunikasi, 8(2), 114-126. https://doi.org/10.37826/spektrum.v8i2.107

Elma Gloria Pasaribu. (2018). Surabaya Adolescent Satisfaction Level of "Kanca Muda" Morning Programs in Radio EBS FM Surabaya. Jurnal Spektrum Komunikasi, 6(1), 19-26. https://doi.org/10.37826/spektrum.v6i1.51

Griffin, E., Ledbetter, A., & Sparks, G. (2015). A first look at communication theory. New York: McGraw-Hill Education.

Jurnal Online

García-Marín, D. (2020). Mapping the factors that determine engagement in podcasting: Design from the users and podcasters’experience. Communication & Society, 33(2), 49-63. doi:10.15581/003.33.2.49-63

Hossain, M. A. (2019). Effects of uses and gratifications on social media use. PSU Research Review, 3(1), 16-28. doi:10.1108/prr-07-2018-0023

Muntadliroh, M. (2019). ANALISIS IMPLEMENTASI Kebijakan industri RADIO Siaran dan Musik rekaman Di Indonesia BERDASAR ASPEK Ekonomi POLITIK KOMUNIKASI. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 8(1). doi:10.31504/komunika.v8i1.1688

McClung, S., & Johnson, K. (2010). Examining the motives of podcast users. Journal of Radio & Audio Media, 17(1), 82-95. doi:10.1080/19376521003719391

Potter, D. (2006). iPod, you pod, we all pod: eager to lure news consumers, media outlets are experimenting with news-on-demand podcasts. They're fun, fresh--and often unpolished. American Journalism Review, 28(1), 64

What is a podcast? (n.d.). Retrieved February 22, 2021, from https://itunespartner.apple.com/podcasts/articles/what-is-a-podcast-2772

Department, P., & 8, J. (2021, January 08). Leading podcast GENRES U.S. 2020. Retrieved February 22, 2021, from https://www.statista.com/statistics/786938/top-podcast-genres/

Department, P. by S. R., & 8, J. (2021, January 8). Podcasting: annual cumulative listening time in the U.S. 2021. Statista. https://www.statista.com/statistics/786915/podcast-listening-time-in-the-us/.

Unduhan

Diterbitkan

2021-06-30

Cara Mengutip

Panjaitan, J. E. R. (2021). Sosio-demografi dan Kepuasan Pengguna Podcast di Indonesia. Jurnal Spektrum Komunikasi, 9(1), 13–23. https://doi.org/10.37826/spektrum.v9i1.155