Efektivitas Pesan Instagram Ruangguru sebagai Digital Marketing Communication
DOI:
https://doi.org/10.37826/spektrum.v9i2.124Kata Kunci:
Efektivitas pesan, Instagram, Digital marketing communication, Industri KreatifAbstrak
Fenomena kemunculan komunikasi pemasaran secara digital tentu saja dapat dimanfaatkan oleh berbagi pihak yang menjalankan dunia bisnis. Salah satunya dilirik oleh industri kreatif pada bidang pendidikan yaitu Ruangguru. Salah satu media sosial yang populer dan dapat berperan dalam kegiatan komunikasi pemasaran digital yaitu media sosial Instagram. Instagram dinilai mampu untuk menampilkan pesan-pesan yang ingin disampaikan oleh pelaku bisnis.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektifitas pesan gambar dan teks pada akun instagram @ruangguru dalam digital marketing communication. Penelitian ini menggunakan teori digital marketing communication dan teori pesan yang efektif menurut Kotler. Metodelogi penelitian ini menggunakan metodelogi kuantitatif dengan metode analisis isi yang bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesan gambar dan teks pada akun instagram @ruangguru pada keseluruhan memenuhi kriteria pesan gambar dan teks yang efektif. Dengan menerapkan pesan gambar dan teks yang efektif, peluang Ruangguru untuk meningkatkan ketertarikan konsumen untuk membeli semakin tinggi, serta semakin baik dari sisi search engine optimization (SEO), sehingga sangat penting untuk memahami isi dan bentuk pesan yang menjawab kebutuhan dan minat konsumennya. Saran untuk penelitian selanjutnya, agar lebih dapat memperluas penelitian dengan menggunakan teori strategi komunikasi pemasaran dengan metode kulitatif supaya dapat mencangkup aspek penelitian dalam persepktif pemilik akun instagram.
Referensi
Aditya, Wahana. (2018). Penerapan Media Sosial Berbasis Foto Instagram Sebagai Media Pemasaran Digital Berbasis Darling. Universitas PGRI Yogyakarta.
A.M,Morissan. (2010). Periklanan komunikasi pemasaran terpadu. Jakarta:Penerbit Kencana.
Amiranti, Cahyu Cantika. (2017, Februari 17). Maaf... Tanpa Konten yang Bagus, "Iklan Digital" Anda Ditinggalkan!. Kompas.com.Diakses pada 1 maret 2020, dari
Ayun, Ronna Qurrata. (2020, Maret 2020). Ruangguru. Diakses pada 28 Maret 2020, darihttps://www.tribunnewswiki.com/2020/03/15/ruangguru
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia.
(2019). Hasil Survei Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2018. Jakarta: Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia.
Chaffey, Dave. (2015). Digital Businessand E-Commerce Management, Strategy, Implementation, and Practice. England: Pearson Education Limited
Creeber, G. and Martin, R., (ed). (2009). Digital Cultures: Understanding New Media. Berkshire England: Open University Press.
Donni, Juni Priansa. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Bandung: CV Pustaka Setia.
Eriyanto. (2011). Analisis isi: Pengantar Metodelogi Untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Hartini, Sri. (2017). Analisis Pesan Foto dan
Teks Akun Instagram @KULINERDISOLO yang Efektif dalam Mempromosikan Wisata Kuliner di KotaSolo. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.
Kotler, Philip. (2002). Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi kedua belas Jilid 2. Alih bahasa: Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.
Kriyantono, Rachmat. (2006). Teknik PraktisRiset
Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada media Group.
McQuail, Dennis. (2011). Teori Komunikasi
Massa. Ahli bahasa : Putri Iva Izzati. Jakarta: Salemba Humanika.
Prisylia, M. E. (2020). Instagram Display @starbucksindonesia : Consumption Society Stimuli On Starbucks Central Park Mall. Jurnal Spektrum Komunikasi, 8(1), 78-93. https://doi.org/10.37826/spektrum.v8i1.66
Sukma Alam. (2020). the Role of Influencer as Persuasive Communication for Covid-19 Prevention. Jurnal Spektrum Komunikasi, 8(2), 136-148. https://doi.org/10.37826/spektrum.v8i2.106
Utami, Mayrisa Anggun, Martha Tri Lestari, dan
Berlian Prima Dani Satria Putri. (2016).
Analisis Strategi KomunikasiPemasaran
SMB TELKOM UNIVERSITY Tahun 2015/2016
melalui Media Sosial Instagram. Jurnal
Sosioteknologi, 15 (2), 309 – 318. doi:
http://dx.doi.org/10.5614%2Fsostek.itbj.2016.15
.02.13
Yasundari. (2016). Hubungan Penggunaan Instagram Dengan Motivasi Wirausaha Pebisnis Daring (Online) Dalam Meningkatkan Produktivitas. Jurnal Kajian Komunikasi, 4 (2), 209-218. doi: 10.24198/jkk.vol4n2.8
Wulandari, A. A. (2018). STRATEGI PUBLIC RELATIONS MEMPROMOSIKAN PRODUK PERUSAHAAN. In SEMINAR NASIONAL (p.














