Strategi Komunikasi PT Airmas Perkasa dalam Meningkatkan Hubungan dengan External Stakeholder di Masa Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.37826/spektrum.v10i3.255Kata Kunci:
Strategi Komunikasi, Efektifitas Strategi Komunikasi, Media Komunikasi, Pemangku Kepentingan EksternalAbstrak
Pandemi COVID-19 yang merebak di seluruh dunia, menimbulkan tantangan bagi para pelaku bisnis dalam menjalankan strategi komunikasi untuk menjangkau para stakeholder. Pengembangan strategi komunikasi yang baik dan tepat sasaran menjadi sangat penting untuk dimiliki oleh suatu perusahaan. Selain untuk menjaga dan meningkatkan nama baik perusahaan di public, strategi komunikasi juga berguna untuk meningkatkan hubungan dengan para stakeholder perusahaan, baik itu internal maupun external stakeholder. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, berdasarkan strategi komunikasi interaksional oleh Wilbur Schramm. Hasil temuan penelitian menunjukan bahwa, implementasi strategi komunikasi yang dilakukan oleh PT Air Mas Perkasa menggunakan media komunikasi Instagram, Youtube, Zoom, dan komunikasi interpersonal dalam meningkatkan hubungan dengan stakeholder khususnya external stakeholder di masa pandemi COVID-19. Feedback yang didapat setelah menggunakan media sosial sebagai media komunikasi perusahaan adalah meningkatnya awareness masyarakat tentang PT Air Mas Perkasa.
Referensi
Bayu, D. J. 6 Sektor Usaha Paling Terdampak saat Pandemi Corona. Diperoleh dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/09/15/6-sektor-usaha-paling-terdampak-saat-pandemi-corona# pada 20 Juni 2021
Broom, G. M., & Sha, B.-L. (2013). Effective Public Relations. England, United Kingdom: Pearson Education Limited.
Denune Gentastilar Wangsemukti, & Nasrullah, N. (2021). Online Media Construction On Large-Scale Of Social Restrictions (LSSR) Policy COVID-19 DKI Jakarta. Jurnal Spektrum Komunikasi, 9(1), 1 - 12. https://doi.org/10.37826/spektrum.v9i1.147
Liliweri, A. (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta, Indonesia: Kencana.
Nazir, M. (2017). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Rahmawati, A. (2020). Analysing Communication Barriers Students-Supervisors in the Covid-19 Pandemic. Jurnal Spektrum Komunikasi, 8(2), 104-113. https://doi.org/10.37826/spektrum.v8i1.104
Ramadhan, M. I. (2020, April 1). Ini 4 Sektor Yang Paling Terpukul Covid-19. Diperoleh daro https://mediaindonesia.com/ekonomi/300402/ini-4-sektor-yang-paling-terpukul-covid-19 pada 1 April 2020
Sukma Alam. (2020). the Role of Influencer as Persuasive Communication for Covid-19 Prevention. Jurnal Spektrum Komunikasi, 8(2), 136-148. https://doi.org/10.37826/spektrum.v8i2.106
West, R., & Turner, L. H. (2019). Introducing Communication Theory: Analysis and Application. New York, USA: McGraw-Hill.
Yuliarti, M. S. (2020, May 20). Interaksi Sosial dalam Masa Krisis: Berkomunikasi Online Selama Pandemi COVID-19. 15-20. Diperoleh dari https://www.ojs.literacyinstitute.org/index.php/prosiding-covid19/article/view/29 pada 20 Mei 2020














