Tourism Communication of Tourism Destinations in the Wetlands of Aranio District Banjar Regency
DOI:
https://doi.org/10.37826/spektrum.v11i4.600Kata Kunci:
Tourism Communication, Media, Tourism Destinations, Wetlands, Tourists DestinationsAbstrak
Kecamatan Aranio memiliki potensi wisata alam berupa pegunungan, waduk dan hutan lindung. Berdasarkan data dari wawancara pendahuluan, diketahui bahwa salah satu wisata alam yakni Pulau Pinus yang terletak di Tiwingan Baru, pengelolaannya belum optimal sebab pengelolanya berganti-ganti. Selain itu, saat ini kunjungan wisatawan ke wisata Bukit Batas juga turun drastis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi komunikasi pariwisata destinasi wisata di lahan basah Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi dan studi literatur. Teknik analisa data menggunakan Manual Data Analysis Procedure (MDAP) yakni catatan harian, transkip, koding, kategori, tema, dan memos. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa komunikasi pariwisata di Pulau Pinus dan Bukit Batu memenuhi komponen wisatawan, pemasar, komunikasi, aksesibilitas, SDM dan kelembagaan, pemilik modal dan destinasi. Media yang digunakan untuk promosi melalui media sosial instagram, facebook, website dan word of mouth marketing. Wisata Bukit Batas saat ini sudah tidak terawat terlihat dengan akses jalan yang penuh dengan rumput liar.
Referensi
Bungin, B. (2021). Social Research Methods. Kencana: Jakarta.
Creswell, J.W. (2014). Research Design, Qualitative, Quantitative and Mix Methods Approaches. SAGE: USA.
Fiske, J. (2016). Pengantar Ilmu Komunikasi. Buku Litera: Yogyakarta.
Marizki, A, Masril, M dan Pasaribu, I. (2022). Konsep Komunikasi Pariwisata Berbasis Kearifan Lokal di Danau Toba Kabupaten Samosir Sumatera Utara Jurnal Simbolika, 8 (1) April 2022 ISSN 2442-9198 (Print) ISSN 2442-9996 (Online).
Novianti, E & Wulung, S.R.P. (2020). Implementasi Komunikasi Daring dalam Menunjang Jawa Barat sebagai Destinasi Pariwisata Cerdas. Jurnal Komunikasi ISSN 2085-1979, EISSN 2528 2727 Vol. 12, No. 1, Juli 2020, Hal 53 – 63.
Nurudin. (2014). Sistem Komunikasi Indonesia. Rajawali Pers: Jakarta.
Nurudin. (2016). Ilmu Komunikasi Ilmiah dan Populer. Rajawali Pers: Jakarta.
Panuju, R. (2021). Komunikasi Pemasaran. Kencana: Jakarta.
Razzaq, M. Fitriyah, N. dan Faisal, M. (2019). Fungsi Komunikasi Pariwisata Pada Kelompok Sadar Wisata di Teluk Seribu dalam Mengembangkan Destinasi Wisata di Teluk Seribu dalam Pengembangan Destinasi Bahari Manggar Baru. eJournal llmu Komunikasi, 2019, 7 (3): 140-154 ISSN 2502-5961 (Cetak)
Yasir. (2021). Komunikasi Pariwisata dalam Pengembangan Destinasi Wisata di Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Jurnal Kajian Komunikasi.Vol 9 No 1. DOI : https://doi.org/10.24198/jkk.v9i1.26170
https://www.habarkalimantan.com/habar-provinsi-kalsel/habar-banjar/bukit-batu-tempat-wisata-cocok-bersama-keluarga/
https://banjarmasin.tribunnews.com/2021/04/27/wisata-kalsel-lokasi-bukit-batu-aranio-banjar-masih-sulit-skses-sinyal-selular
https://disbudporapar.banjarkab.go.id/panorama-bukit-batas/














