Strategi Komunikasi Pemasaran “Brain Coffee” Melalui Media Sosial Instagram

Penulis

  • Marizka Dhia Ayu Nabilah Sandy, Dwi Prasetyo Stikosa-AWS

DOI:

https://doi.org/10.37826/digicom.v2i1.247

Kata Kunci:

Strategi Komunikasi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Instagram, Brain Coffe

Abstrak

Komunikasi pemasaran merupakan aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi, membujuk dan mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung tentang produk yang dijual. Pemanfaatan media sosial Instragam memberi keuntungan bagi pelaku bisnis. Perusahaan memiliki strategi yang berbeda-beda dalam menarik konsumen. Brain Coffee merupakan coffee shop di Surabaya Selatan yang menggunakan media sosial Instagram sebagai media promosinya. Penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Brain Coffee melalui media sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bersifat menggambarkan tentang suatu keadaan. Peneliti melakukan analisa terhadap strategi komunikasi pemasaran melalui akun Instagram @braincoffee.id. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Brain Coffee menggunakan konsep bauran komunikasi, yaitu iklan (adversiting), promosi penjualan (sales promotion), hubungan masyarakat (public relation), penjualan perorangan (personal selling), penjualan langsung (direct selling) dan pemasaran interaktif (interactive marketing) dan memanfaatkan fitur-fitur Instagram secara konsisten setiap harinya.

Referensi

Anaroga, Pandji. (2009). Manajemen Bisnis. Jakarta: Rineka Cipta.
Bungin, Burhan. (2007). Penelitian Kualitattif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainya. Jakarta: Grafika.

Cangara, Hafied. (2010). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Cangara, Hafied. (2017). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Diamond, Stephanie. (2015). The Visual Msrketing Revolution 20 Kiat Sukses Pemasaran di Media Sosial. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta.
Effendy, Onong Uchjana. (2004). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Faisal, Sanapiah. (1990). Penelitiian Kualitatif (Dasar-Dasar dan Aplikasi). Malang: Yayasan Asah Asih Asuh.
Freddy, Rangkuti. (2002). Bussiness Plan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Gazali, Miliza. (2016). Buat Duit dengan Facebook dn Instagram: Panduan Menjana Pendapatan dengan Facebook dan Instagram. Malaysia: House.
Hermawan, Agus. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Idrus, M. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial. Yogyakarta: PT Gelora Aksara Pratama.
Kotler, Philip. (2008). Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks.
Kotler, P., & Keller K.L. (2012). Marketing Management 14th Edition. United States of America: Pearson.
Krisyantono, Rachmat. (2009). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Malang:Prenaada Media Group.
McQuail, Denis. (2010). Mcquail;s Mass Communication Theory 5th Edition.London: Sage Publication.
Meleong. Lexy J. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mondry. (2008). Pemahaman Teori dan Praktik Jurnalistik. Bogor: Ghalia Indonesia.
Mulyana, Deddy. (2005). Ilmu Komunikasi Suatu Pengatar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyana, D., Kuswarno, E., Lely A.,Achmid, T.J. (2008). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nasrullah, Rulli. (2015). Media Social Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama.
Nasrullah, Rulli. (2016). Teori dan Riset Media Siber (cybermedia). Jakarta: Kencana.
Nasution. (2003). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Tarsito.
Narimawati, U., Sri, D. A. & Lina, I. (2010). Panduan Awal Menyusun Skripsi dan Tugas Akhir Aplikasi Pada Fakultas UNIKOM. Bekasi: Genesis.
Pawito. (2008). Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: LKIS.


Salbino, Sherief. (2014). Buku Pintar Gadget Android Untuk Pemula.Jakarta: Kunci Komunikasi.
Shimp, Terence A. (2010). Integrated Marketing Communication in Adversiting and Promotion 8 Edition. South-Western: Cengage Learning.
Silalahi, Ulber. (2010). Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Refika Aditama.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&Di. Bandung: Alfabeta.
Sulistiany. (1999). Penelitian Kualitatif.Yogyakarta: Media Pustaka.
Sutisna. (2020). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik: Mengupas Pemasaran Strategik, Branding Strategy, Customer Satisfaction, hingga e-Marketing. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, Fandy. (1997). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Umar. (2003). Strategi Manajemen In Action. Yogyakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Wahyudi, Agustinus Sri. (1996).Manajemen Strategik. Jakarta: Binarupa Aksara.

Unduhan

Diterbitkan

2022-01-31