Pengaruh Konten Influencer @EKOZHARAH Di Instagram Terhadap Peningkatan Kemampuan Followers Editing Foto

Penulis

  • Andini putri Hapsari, Mochammad Arkansyah Stikosa AWS

DOI:

https://doi.org/10.37826/digicom.v2i1.250

Kata Kunci:

Influencer, Editing foto, teori S.O.R

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengaruh konten Influencer @ekozharah di instagram terhadap peningkatan kemampuan followers di bidang editing foto. Teori yang digunakan adalah teori S.O.R (Stimulus, Organism, Respon). Teori berhubungan antara pesan komunikasi dan reaksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Dengan menggunakan kuisioner dalam mengambil kesimpulan data. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti menarik kesimpulan bahwa adanya pengaruh signifikan konten influencer @ekozharah di instagram terhadap peningkatan kemampuan followers di bidang editing foto. Koefisien korelasi sebesar 0,631 dengan kecenderungan pengaruh sebesar 65,6%. Komunikan mampu menerima dan mengolah stimulus dari influencer sehingga terjadi perubahan perilaku yaitu kemampuan komunikan dalam melakukan editing foto sebesar 65,6%.

Kata kunci : Influencer, Editing foto, teori S.O.R

Referensi

Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid-19. Research and Development Journal of Education, 131–146.
Anjani, S. (2020). peranan influencer dalam mengkomunikasikan pesan di media sosial instagram [the role of social media influencers in communicating messages using instagram. Jurnal Ilmiah 16.2, 203–209.
Aprilyantini, P. (2019). MEMBANGUN PARTISIPASI KOMUNIKAN DALAM KEGIATAN CAMPUS SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR). Spektrum Komunikasi, 7, 31.
Aprilyantini, P. (2021). BRAND AWARENESS DISCOVERY ENGLISH JOGJA MELALUI KONTEN INSTAGRAM. Jurnal Komunikasi Dan Media, 1, 10.
Aprinta, G. (2013). Fungsi Media Online Sebagai Media Literasi Budaya Bagi Generasi Muda. Journal The Messenger 5.1, 16–30.
Atmoko, B. . (2012). Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Media Kita.
December, J. (1997). Computer Mediated Communication. (Online). www.december.com.
Ferris, P. (1997). Whatt is CMC ? An Overview of Scholarly Definitions. http://www.december.com/cmc/mag/1997/jan/ferris/html
Handika, M. . (2018). Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Manajemen Bisnis 15.2, 192–203.
Hartanti, L. . (2018). Komunikasi orang muda di sosial Media sebagai influencer. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi 17.2, 152–162.
Hayes, N., & Duncan, B. (2008). Influencer Marketing, Who really influences your customers. UK: Elsevier Ltd.
Hearn, A. (2016). From celebrity to influencer. A companion to celebrity. 194–212.
Kristiyono, J. (2015a). BUDAYA INTERNET: PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM MENDUKUNG PENGGUNAAN MEDIA DI MASYARAKAT. SCRIPTURA, 5, 23.
Kristiyono, J. (2015b). BUDAYA INTERNET: PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM MENDUKUNG PENGGUNAAN MEDIA DI MASYARAKAT. SCRIPTURA, 5, 24.
Lightroom, A. (2012). Adobe Photoshop Lightroom 3. Adobe.
Mc Quail, D. (2010). McQuail’s Mass Communication Theory. SAGE Publications, Ltd.
Nasrullah, R. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.
Nazir, M. (2005). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.
Nisrina, M. (2015). Bisnis Online Manfaat Media Sosial Dalam Meraup Uang. Kobis.
Oktarina, R. A. (2021). MEDIA PROMOSI BUDIDAYA HASIL TAMBAK RUMPUT LAUT SAMUDERA HIJAU DUSUN TANJUNGSARI KECAMATAN JABON SIDOARJO. Prapanca Jurnal Abdimas, 1, 1.
Prajarto, N. (2018). Netizen dan Infotainment: Studi Etnografi Virtual pada Akun Instagram@ lambe_turah. Jurnal Komunikasi, 12.
Riyanto, A. . (2020). Indonesian Digital Report 2020. Diambil kembali dari Hootsuite (We are Social). https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2020/
Schramm, & Roberts. (1990). The process and effects of mass communication. Wilbur Lang.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Unduhan

Diterbitkan

2022-02-01