Representasi Budaya Lokal Melalui Komunikasi Nonverbal Video Youtube Li Ziqi Tahun 2019-2021

Penulis

  • Gabriella Novenna Varra Manuputty Stikosa-AWS

DOI:

https://doi.org/10.37826/digicom.v2i2.316

Kata Kunci:

Komunikasi Nonverbal, Representasi Budaya, Komunikasi Antarbudaya.

Abstrak

Komunikasi nonverbal sebagai simbol penguat makna atas pesan yang disampaikan. Penggunaan simbol juga terdapat pada komunikasi antarbudaya yang dapat merepresentasikan budaya. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif yakni penjabaran analisis kajian teori komunikasi nonverbal Larry A. Samovar dan Richard E. Porter. Penelitian ini bertujuan untuk menginterpretasi representasi budaya lokal pada beberapa cuplikan scene yang diambil dari video Li Ziqi meliputi penampilan fisik; konsep waktu; diam; haptik; parabahasa; proksemik; posisi tubuh dan posisi kaki; busana; postur tubuh dan penataan ruang; dan yang terakhir okulesik. Simpulan hasil penelitian ini adalah komunikasi nonverbal pada video Li Ziqi dapat mengkomunikasikan pesan berupa representasi budaya lokal Cina kepada penonton di seluruh dunia dengan latar belakang budaya berbeda. Video Li Ziqi yang fenomenal menggambarkan pentingnya komunikasi nonverbal dalam pembacaan komunikasi antarbudaya yang beragam.

Referensi

Azhar, Rifqi. Strategi Komunikasi Pemain Barongsai Dalam Pementasan Di Klenteng Hong Tiek Hian Di Surabaya. Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Almamater Wartawan Surabaya (Stikosa-AWS)

Bernard Realino Danu Kristianto, Rustono Farady Marta (2019), “Monetisasi Dalam Strategi Komunikasi Lintas Budaya Bayu Skak Melalui Video Blog YouTube.”

Deddy Mulyana, Jalaludin Rakhmat. (2006). Komunikasi Antarbudaya: Panduan Berkomunikasi dengan Orang-Orang Berbeda Budaya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dr. H. Aang Ridwan. (2016). Komunikasi Antarbudaya: Mengubah Persepsi dan Sikap dalam Meningkatkan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Fathoni, R. S. (2016, Maret 26). Sejarah Agama-Agama, Ajaran Taoisme. Diakses dari Wawasan Sejarah: https://wawasansejarah.com/ajaran-taoisme/ pada 29 Juli 2021.

Gracie Lawson Borders. (2006). Media Organizations and Convergence: Case Studies of Media Convergence Pioneers. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.

Hofstetter, F. T. (2001). Multimedia Literacy.New York: Irwin/McGraw-Hill.

Judith N. Martin, Thomas. K. (2010). Intercultural Communication in Contexts.Boston:

Jenkins, H. (2008). Convergence Culture: Where Old and New Media Collide. New York: New York University Press.

Kristiyono, J. (2015). Budaya Internet: Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Mendukung Penggunaan Media Di Masyarakat. Scriptura, 5(1), 23-30.

Kristiyono, J., & Ida, R. (2020). Counter-hegemony of the East Java Biennale art community against the domination of hoax content reproduction. Masyarakat, Kebudayaan Dan Politik, 33(1), 26-35.

Liliweri, A. (2001). Gatra-gatra Komunikasi Antar Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Moerdijati, Sri. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi. Surabaya: PT Revka Pertra Media.

Most subscribers for a Chinese language channel on YouTube. (25, Januari 2021). Diakses dari Guinness World Records: https://www.guinnessworldrecords.com/world-records/622868-most-subscribers-for-a-chinese-language-channel-on-youtube pada 3 Agustus 2021.

Pramana, Aditya Sanggra. Komunikasi Nonverbal Dalam Pertunjukan Musik David Tudor 4’3” Karya John Cage. Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Almamater Wartawan Surabaya (Stikosa-AWS)

Prawitasari, Johana E. (1995). Mengenal Emosi Melaluin Komunikasi Nonverbal. Buletin Psikologi, 29.

Riyanto. 2011. Teknologi Informasi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.

Romli, A. S. (2012). Jurnalistik Online: Panduan Praktis Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa Cendekia.

Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Ting-Toomey, S. (1999). Communicating Across Cultures. New York. TheGuilford Press.

Yang, Lihui, dkk. (2005). Handbook of Chinese Mythology. New York: OxfordUniversity Press.

Js.Drs.Ongky Setio Kuncono, M. (2012, Juli 4). Nilai-Nilai Positif Budaya Tionghoa. Diakses dari SPOC: Studu Park Of Confucius: 1.

wikibioworth. LI ZIQI. Diakses dari wikibioworth: https://wikibioworth.com/li-ziqi/ pada 23 Juli 2021.

Ziqi, L. (13, September 2019). Exclusive Interview With Li Ziqi, China’s Most Mysterious Internet Celebrity. (Venus Wu, Pewawancara) Goldthread.

Ziqi, L. (2020, Oktober 8). Special Interview With Li Ziqi. Weibo.

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-27

Terbitan

Bagian

Articles