Pengaruh Media Sosial Instagram @LocalPrideIndonesia Terhadap Minat Beli Followers

Penulis

  • Novaldy Rhojabill Suwasano Stikosa-AWS
  • Mochammad Djauhari Stikosa-AWS

DOI:

https://doi.org/10.37826/digicom.v2i2.318

Kata Kunci:

Minat Beli,followers,Instagram

Abstrak

Perkembangan teknologi dan komunikasi saat ini mengalami pekembangan yang cukup pesat, seperti halnya media sosial Instagram. Saat ini media sosial sangat pesat perkembangannya mengikuti jaman, salah satunya instgram dapat digunakan sebagai media untuk berbisnis. Instagram sangat mudah untuk menarik minat khalayak atau followersnya dengan beberapa postingan akun tersebut. Saat ini bisnis apparel sangat banyak diminati oleh banyak kalangan, apalagi mengenai brand lokal. Sehingga dalam penelitian ini yang berjudul Pengaruh Akun Instagram @localprideindonesia Terhadap Minat Beli Followers, bertujuan untuk mengetahui tingkat pengaruh akun instagram @localprideindonesia terhadap minat beli followers. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan Teori S.O.R (Stimulus, Organism, Respon). Teori yang berhubungan antara pesan komunikasi dan reaksi. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan mengumpulkan data menggunakan kuisioner dan teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti mendapatkan hasil bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari variabel Instagram @localprideindonesia terhadap minat beli

Referensi

AG.Suyono, Sri Sukmawati, Pramono. (2012) Pertimbangan Dalam Membeli Produk Barang Maupun Jasa. Intidayu Press. Jakarta.

Dewi, C. Irene (2019) Pengaruh Akun Instagram @aghniapunjabi Terhadap Perilaku Gaya Berbusana Followersnya. Skripsi Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Almamater Wartawan Surabaya.

Hanifah, Fatri. (2013) Hubungan Kontrol Sosial Orang Tua Sebagai Prediktor Perilaku Seks Pranikah Remaja Kelurahan Batang Arau Kecamatan Padang Selatan. Jurnal Spektrum PLS.

Hootsuite and We Are Social. (2021). Digital in 2021 : Essential Insights Into Internet, Social Media, Mobile, and E-Commerce Use In Indonesia.Retrivied

Kristiyono, J. (2015a). Budaya Internet: Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Mendukung Penggunaan Media Di Masyarakat. SCRIPTURA, 5, 23.

Maryatun. (2013) Peran Teman Sebaya Terhadap Perilaku Seksual Pra NikahPada Remaja di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta. GASTER. Surakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES).

M. Nisrina (2015), Bisnis Online Manfaat Media Sosial Dalam Meraup Uang,Yogyakarta : Kobis.

Prakoso, P.J (2021) Ekonomi Bisnis Industri Kreatif Bisa Jadi Penopang Pertumbuhan Ekonomi Nasional.

Puasini Aprilyantini. (2019). Membangun Partisipasi Komunikan dalam Kegiatan Campus Social Responsibility (CSR): Studi Kasus : Mahasiswa Stikosa-AWS dalam Membangun Partisipasi Komunikan. Jurnal Spektrum Komunikasi, 7(2), 29-40. https://doi.org/10.37826/spektrum.v7i2.36

Puspita, S.M. (2017) Fenomena Pengguna Media Sosial Intagram Sebagai Komunikasi Pembelajaran Agama Islam Oleh Mahasiswa Fisip Universitas Riau.

Ramadhani, B. D., & Aprilyantini, P. (2021). BRAND AWARENESS DISCOVERY ENGLISH JOGJA MELALUI KONTEN INSTAGRAM. DIGICOM: Jurnal Komunikasi dan Media, 1(1), 9-30. https://doi.org/10.37826/digicom.v1i1.216

Rulli, N. (2015) Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, Sosioteknologi. Bandung Simbiosa Rekatama Media.

Yuliana, Rika. (2017) Faktor-Faktor Yang Melatar Belakangi Mahasiswa Ekonomi Syariah Iain Bengkulu Memilih Belanja Online.

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-28

Terbitan

Bagian

Articles