Pengembangan Pembelajaran Di Desa Kali Alo

Authors

  • Krisna Putra Mahendra Stikosa-AWS
  • Bagas Setyawan Budiono Stikosa-AWS
  • Wiena Annisa Januarindri Stikosa-AWS
  • Gerry Julian Sahputra Stikosa-AWS
  • Mega Dwi Jayanti Stikosa-AWS

DOI:

https://doi.org/10.37826/prapanca.v2i1.292

Keywords:

education, learning, online and offline

Abstract

Pendidikan adalah usaha pembelajaran yang bertujuan untuk mendidik atau memberikan pembelajaran kepada individu tersebut baik secara dibimbing maupun otodidak. Pendidikan saat ini sangat berfungsi untuk memberi arah dan bimbingan bagi para pelaku sekolah dalam rangka menuju tujuan sekolah yang lebih baik (peningkatan, pengembangan) dengan resiko yang kecil dan untuk mengurangi ketidakpastian masa depan. Dalam mengembangkan potensi pendidikan, kreativitas adalah salah satu dari banyak cara untuk menjadikan kegiatan belajar menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Contohnya saat berada di sekolah, banyak sekali cara yang diberikan oleh pengajar kepada para siswa agar tidak bosan-bosan untuk mengejar pendidikan. Kreativitas sekolah wajib dibuat oleh semua pengajaran, baik yang termasuk kelompok rintisan, potensial, nasional maupun internasional.

SDN Kupang IV adalah sebuah sekolah dasar yang terletak di ujung dari kabupaten Sidoarjo. Tepatnya di desa Kali Alo, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur. Permasalahan di sekolah ini adalah kurang semangatnya para siswa dikarenakan selama pandemi ini mereka melakukan kegiatan pembelajaran secara daring di rumah masing-masing. Menindaklanjuti hal tersebut, maka ditentukan Program KKL yang kami lakukan untuk membantu para siswa/i untuk kembali bersemangat belajar baik secara offline maupun online. Kami ingin membaur dan melakukan sosialisasi dengan cara memberikan hiburan (Ice Breaking) di sela-sela pembelajaran dan memberikan beberapa cerita fabel, baik dalam bentuk video maupun sebuah cerita. 

References

Duludu, Ummyssalam. (2017). Buku Ajar Kurikulum Bahan dan Media Pembelajaran PLS. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Efendi, Anwar. Sri Sumarni dan Agus Efendi. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Pada Mata Kuliah Mekanika Tanah. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Solo.

Endraswara, Suwardi. (2006). Metode, Teori, Teknik Penelitian Kebudayaan. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Gall, M.D., Joyce P. Gall dan Walter R. Borg. (1983). Educational Research: An Introduction. Oregon: Pearson.

Gay. (1990). Educational Research and Development. USA: American Journal of Research.

Irmalia Suryani Faradisa, Febriana Santi W, & Widhy Wahyani. (2021). Pelatihan Pengisian Konten Website bagi Karang Taruna di Lingkungan Kelurahan Kauman. Prapanca : Jurnal Abdimas, 1(1), 69-76. https://doi.org/10.37826/prapanca.v1i1.136

Lucky Kurniawan Mahardiko, DS, S., AS, N., FK, W., SN, L., & Arkansyah, M. A. (2021). Pemanfaatan Teknologi Gadget Sebagai Sosialisasi dan Edukasi Ibu PKK Kelurahan Kedurus Surabaya. Prapanca : Jurnal Abdimas, 1(2), 8-16. https://doi.org/10.37826/prapanca.v1i2.202

Published

2022-02-24

How to Cite

Mahendra, K. P. ., Budiono, B. S., Januarindri, W. A. ., Sahputra, G. J. ., & Jayanti, M. D. . (2022). Pengembangan Pembelajaran Di Desa Kali Alo. Prapanca : Jurnal Abdimas, 2(1), 38–43. https://doi.org/10.37826/prapanca.v2i1.292