Penggunaan Social Media dan Konsep Personal Branding dalam Pengembangan Usaha Mie Ayam Cipaganti Tirtayasa Berbasis 4.0 di Kota Bandung

Authors

  • imam Budiman Universitas Pasundan
  • Bulbul Abdurrachman Universitas Pasundan Bandung
  • Vina Novianti Universitas Pasundan Bandung
  • Laura Damayanti Universitas Pasundan Bandung

DOI:

https://doi.org/10.37826/prapanca.v2i2.338

Keywords:

Pemberdayaan, UMKM, Mie Ayam Cipaganti, Pemasaran Marketing, Personal Branding, Social Media

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu kewajiban dosen dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, Kegiatan UKM kali ini tim melakukan di Jl. Tirtayasa, No. 33 Bandung. Dimana, tim melihat potensi wisata kuliner UMKM Mie Ayam CIpaganti belum terkelola dan terpublikasikan dengan baik dan terstruktur.

 Mie Ayam Cipaganti cabang Tirtayasa ini dinilai sangat berpotensi dikembangkan mengingat posisi atau tempat berjualan Mie Ayam ini strategis. Di mana, berada diwilayah yang ramai dengan kuliner (resto) dan distro. Akan tetapi, masih terdapat beberapa kendala dalam pengembangan dan manajemen (tata kelola) usaha, utamanya dalam hal pemasaran melalui dalam jaringan (online) dan tata Kelola atau yang disebut dengan personal branding.

Berdasarkan beberapa masalah yang ditemukan oleh tim peneliti kami, maka tim PKM ini berupaya untuk memberikan sebuah solusi berupa sosialisasi dan pelatihan terkait manajemen pemasaran marketing media sosial dan personal branding. Hasil dari PKM yang kami rumuskan ini diharapkan dapat memberikan sebuah solusi kepada mitra kami atau Mie Ayam dapat melakukan pemasaran marketing media sosial dan personal branding.

References

Ancaman predatory pricing di e-commerce, pemerintah perlu lindungi UMKM lokal. (2021). Kontan.Co.Id.
Lee, J., Lapira, E., Bagheri, B., & Kao, H. (2013). Recent Advances and Trends in Predictive Manufacturing Systems in Big Data Environment. Manufacturing Letters, 1(1), 38–41. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1016/j.mfglet.2013.09.005
Nurjani, N. P. S. (2018). Disrupsi Industri 4.0; Implementasi, Peluang dan Tantangan Dunia Industri Indonesia. VASTUWIDYA, 1(2), 23–32. https://doi.org/https://doi.org/10.47532/jiv.v1i2.23
Nursastri, S. A. (2014). Bandung, Kota Favorit Wisata Kuliner di Indonesia. DetikTravel.
Ristiyanti, F. R. N., & Debora, S. T. (2018). Solusi Upgrading terhadap Rantai Nilai Global dalam Industri Kluster Gerabah di Kasongan, Bantul. Jurnal Transborders, 1(2), 94–112. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23969/transborders.v1i2.990
Tambunan, T. T. . (2009). UMKM di Indonesia. Ghalia Indonesia.
Undang-Undang Nomor Tahun 2008 tentang UMKM, (2008).
Yahya, M. (2018). ERA INDUSTRI 4.0: TANTANGAN DAN PELUANG PERKEMBANGAN PENDIDIKAN KEJURUAN INDONESIA. https://core.ac.uk/download/pdf/154762984.pdf
https://core.ac.uk/download/pdf/154762984.pdf.

Published

2022-08-31

How to Cite

Budiman, imam, Bulbul Abdurrachman, Vina Novianti, & Laura Damayanti. (2022). Penggunaan Social Media dan Konsep Personal Branding dalam Pengembangan Usaha Mie Ayam Cipaganti Tirtayasa Berbasis 4.0 di Kota Bandung. Prapanca : Jurnal Abdimas, 2(2), 85–97. https://doi.org/10.37826/prapanca.v2i2.338