Transformasi Kapitalisme Perdesaan: dari Agraria ke Ekonomi Kreatif

Authors

  • Zamzam Muhammad Fuad Badan Riset Inovasi Nasional

DOI:

https://doi.org/10.37826/prapanca.v2i2.355

Keywords:

Internet, Disrupsi, Perdesaan, UMKM

Abstract

Internet has changed socio-economic Indonesia to the rural level. This article show that Indonesia, especially in the rural area, transformed from an agrarian economy to a creative and trade economy. This article uses a qualitative method by combining observation and desk study. The results of this study show that the demographic bonus and the internet has encouraged rural capitalism which is no longer focused on the agrarian sector but has begun to shift to the creative economy sector and trade in goods. However, the emergence of this new capitalist is not guarantee the dawn of an independent economic sector. Ironically the development of the digital economy in rural areas may even lead to a economic which is depend to the import goods.

References

Achmad W, R., Poluakan, M., Dikayuana, D., Wibowo, H., & Raharjo, S. (2019). Potret Generasi Milenial Pada Era Revolusi Industri 4.0. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 187-197.
Ahsan, M., Muhammad, R., & Sakaria. (2021). Pergeseran Orientasi Kerja Pemuda di Desa Patannyamang Kecamatan Camba, Kabupaten Maros. Hasanuddin Journal of Sociology (HJS), 83-94.
APJII. (2022, Juni 1). Profil Internet Indonesia 2022. Diambil dari APJII: https://apjii.or.id/content/read/39/559/Laporan-Survei-Profil-Internet-Indonesia-2022
Berdikari Online. (2012, Juni 26). Revrisond Baswir: Rakyat Harus Punya Alat Produksi. Diambil dari Berdikarionline: https://www.berdikarionline.com/revrisond-baswir-rakyat-harus-punya-alat-produksi/
BPPSDMP Kementan RI. (2021, Agustus 6). Pembukaan Pelatihan Petani dan Penyuluh Serta Pengukuhan Duta Petani Milenial Duta Petani Andalan. Diambil dari Youtube: https://www.youtube.com/watch?v=0ions7NlL4c
Investor.id. (2011, April 22). Ekonomi Indonesia Dinilai Belum Berdikari. Diambil dari Investor.id: https://investor.id/archive/ekonomi-indonesia-dinilai-belum-berdikari
Jayani, D. H. (2021, Mei 24). Proporsi Populasi Generasi Z dan Milenial Terbesar di Indonesia. Diambil dari Katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/05/24/proporsi-populasi-generasi-z-dan-milenial-terbesar-di-indonesia#:~:text=Komposisi%20penduduk%20terbesar%20selanjutnya%20berada,juta%20atau%2021%2C88%25.
KBBI. (n.d.). Diambil dari KBBI Daring Edisi III: https://kbbi.web.id/desa
KOMPASTV. (2021, Juli 31). Indonesia Negara Agraris, Tapi Kenapa Bertani Tak Jadi Cita-cita Utama Pemuda Indonesia??? Diambil dari Youtube: https://www.youtube.com/watch?v=hfK1mXQBl3c&t=153s
Manullang, S. O. (2021). Perubahan Sosial Masyarakat Pedesaan di Era Teknologi. Cross-Border: Jurnal Kajian Perbatasan Antarnegara, Diplomasi dan Hubungan Internasional, 83-88.
Murdiyanto, E. (2020). Sosiologi Perdesaan: Pengantar Untuk Memahami Masyarakat Desa. Yogyakarta: UPN Veteran Yogyakarta Press.
Nugraha, Y., & Herawati, R. (2015). Menguak Realitas Orang Muda Sektor Pertanian di Perdesaan. AKATIGA, 1-23.
Ohoitimur, J. (2018). Disrupsi: Tantangan Bagi Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Peluang Bagi Lembaga Pendidikan Tinggi. Respons, 143-166.
Pamungkas, C. (2015). Global Village dan Globalisasi dalam Konteks ke-Indonesiaan. Global & Strategis, 245-261.
Setiaji, H. (2021, September 30). Indonesia 'Kecanduan' Impor Kapas, Harga Baju Makin Mahal! Diambil dari CNBC Indonesia: https://www.cnbcindonesia.com/news/20210930102131-4-280314/indonesia-kecanduan-impor-kapas-harga-baju-makin-mahal
Setiawan, V. N. (2022, Juni 15). Diambil dari CNBC Indonesia: https://www.cnbcindonesia.com/news/20220615172612-4-347429/4700-desa-belum-teraliri-listrik-begini-jurus-pln
Simanjuntak, T. H., Mukhlis, I., & Pratama, A. (2021). Demokrasi Ekonomi Pancasila, Ekonomi Berdikari dalam Menghadapi Arus Globalisasi-Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Pembangunan (pp. 91-108). Malang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.
Subiakto, H. (2013). Internet Untuk Pedesaan dan Pemanfaatannya Bagi Masyarakat. Masyarakat, Kebudayaan dan Politik, 243-256.
Tim Penyusun Pusat Data dan Sistem Informasi. (2020). Statistik Ekonomi Kreatif 2020. Jakarta: Pusat Data dan Sistem Informasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
Wahid, U. (2015). Perubahan Politik dan Sosial Budaya Masyarakat Gampong Aceh Di Era Internet–New Media. Jurnal Communicate, 13-24.
Wariyanto, A., & Hariyanto, W. (2020). Peran Dana Desa Untuk Percepatan Transformasi Desa di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Kesiapan Sumber Daya Pertanian dan Inovasi Spesifik Lokasi Memasuki Era Industri 4.0 (pp. 41-52). Bogor: Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian.

Published

2022-11-21

How to Cite

Zamzam Muhammad Fuad. (2022). Transformasi Kapitalisme Perdesaan: dari Agraria ke Ekonomi Kreatif. Prapanca : Jurnal Abdimas, 2(2), 131–140. https://doi.org/10.37826/prapanca.v2i2.355