Interpretasi Mahasiswa Terhadap Stiker WhatsApp Bernuansa Sarkastik dalam Komunikasi di Grub Kelas STIKOSA-AWS

Penulis

  • Firqoh Najiyah Stikosa - AWS
  • Supriadi Stikosa - AWS

DOI:

https://doi.org/10.37826/digicom.v5i3.1051

Kata Kunci:

komunikasi digital, whatsapp, stiker sarkastik, interpretasi makna, mahasiswa, interaksionisme simbolik, komunikasi nonverbal, grub kelas

Abstrak

Dalam era komunikasi digital, stiker WhatsApp telah berkembang menjadi medium nonverbal yang berperan penting dalam menyampaikan emosi, humor, hingga kritik secara implisit. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana mahasiswa STIKOSA-AWS menginterpretasi penggunaan stiker WhatsApp bernuansa sarkastik dalam interaksi di grup kelas, khususnya grup kelas. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik observasi non-partisipatif terhadap arsip percakapan serta wawancara semi-terstruktur kepada anggota aktif grup. Data dianalisis menggunakan pendekatan semiotik dan teori interaksionisme simbolik untuk menggali makna simbolik dan konteks sosial di balik penggunaan stiker. 

Temuan awal menunjukkan bahwa interpretasi terhadap stiker sarkastik sangat dipengaruhi oleh faktor hubungan sosial antar anggota, pengalaman komunikasi digital, dan konteks pengiriman. Beberapa mahasiswa menafsirkan stiker sebagai bentuk humor dan keakraban, sementara lainnya merasa tersindir atau bingung terhadap maknanya. Stiker sarkastik juga berfungsi sebagai tindak tutur ekspresif dan strategi pragmatis untuk menyampaikan kritik atau sindiran dalam suasana yang dianggap santai. Penelitian ini menegaskan pentingnya sensitivitas komunikasi digital dalam menjaga keharmonisan interaksi, terutama dalam ruang virtual yang bersifat kolektif dan multikultural seperti grup WhatsApp kelas.

Referensi

Rahmawati, D. I., & Sari, W. P. (2023). Studi Komunikasi Nonverbal dan Makna Stiker pada Aplikasi Whatsapp bagi Generasi Z. Koneksi, 7(2), 256–264. https://doi.org/10.24912/kn.v7i2.21286

Hasyim, H., Gusnawaty, G., & Said, I. M. (2024). Language variation of sticker usage among students on whatsapp. Journal of Education, Social & Communication Studies, 1(3), 121–126. https://doi.org/10.71028/jescs.v1i3.20

Wang, S. S. (2016). More Than Words? The Effect of Line Character Sticker Use on Intimacy in the Mobile Communication Environment. Social Science Computer Review, 34(4), 456–478. https://doi.org/10.1177/0894439315590209

Jiang, J., Dotsch, R., Triguero Roura, M., Liu, Y., Silva, V., Bos, M. W., & Barbieri, F. (2023). Reciprocity, Homophily, and Social Network Effects in Pictorial Communication: A Case Study of Bitmoji Stickers. Proceedings of the 2023 CHI Conference on Human Factors in Computing Systems, 1–14. https://doi.org/10.1145/3544548.3580990

Karjo, C. H., & Rahmadhito, A. S. (2023). CYBERPRAGMATIC ANALYSIS OF DIGITAL HUMOR IN WHATSAPP STICKERS. Prosiding Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya (KOLITA), 21(21), 45–54. https://doi.org/10.25170/kolita.21.4834

Noordyanto, N., & Ramadhani, N. (2020). Designing WhatsApp Stickers With Madurese Cultural Identity as a Visual Communication Media to Raise Awareness of Coronavirus Disease (COVID-19). Proceedings of the International Joint Conference on Arts and Humanities (IJCAH 2020). https://doi.org/10.2991/assehr.k.201201.131

Aprilia, O. Y., & Lestarini, N. D. (2021). Analisis Tindak Tutur Ekspresif dalam Wacana Stiker Plesetan Grup Whatsapp. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 14(1), 56. https://doi.org/10.30651/st.v14i1.4875

Hanafi, Y., D, M. B., & Hadijah, H. (2021). A Semiotic Analysis Of Emoticon Symbols on Whatsapp Messenger In Students’ Chat Activies. Tamaddun, 20(1), 92–105. https://doi.org/10.33096/tamaddun.v20i1.92

Sampietro, A. (2021). Emojis and the performance of humour in everyday electronically-mediated conversation. Internet Pragmatics, 4(1), 87–110. https://doi.org/10.1075/ip.00062.samp

Tambunan, A. R. S., Khairani Lubis, F., Setia Sari, W., Andayani, W., & Hilman Fikri, M. (2023). REPRESENTATION OF IRONY IN WHATSAPP GROUP CHAT. Lire Journal (Journal of Linguistics and Literature), 7(1), 43–55. https://doi.org/10.33019/lire.v7i1.180

Ting-Toomey, S. (2005). The Matrix of Face: An Updated Face Negotiation Theory. In Gudykunst (Ed.), Theorizing About Intercultural Communication.

Hasyim, M., & Kurniawan, T. (2023). Language Variation of Sticker Usage among Students on WhatsApp. Journal of English and Social Communication Studies.

Yi, X., et al. (2018). Complex and Ambiguous: Understanding Sticker Misinterpretations in Instant Messaging. Proceedings of the ACM on Human-Computer Interaction.

Wagner, M., et al. (2020). Sarcasm, the Smiling Poop, and E‑Discourse Aggressiveness. https://doi.org/10.1080/10350330.2020.1731151

Miscommunication through Stickers in Online Group Discussions: A Multiple‑Case Study (2021). https://www.researchgate.net/publication/354462021

Diterbitkan

2025-07-31