Pesan Moral Dalam Film “SEJUTA SAYANG UNTUKNYA” Karya Herwin Novianto
DOI:
https://doi.org/10.37826/digicom.v2i1.248Kata Kunci:
Analisis Semiotik, Film, Makna PesanAbstrak
Film artinya serangkaian gambar membisu yang Jika ditampilkan di layar, menciptakan ilusi gambar sebab beranjak. Film waktu ini menjadi hiburan disegala kalangan. galat satu film drama kelurg Indonesia pada akhir tahun 2020 artinya film Sejuta Sayang Untuknya yg disutradarai oleh Herwin Novianto. Film ini bertemakan ihwal korelasi antara Ayah dan anak perempuan dan ihwal idealis dan realistis yg pada tuntut untuk berjalan seimbang. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis semiotika Charles Sanders Piercen yang menggunakan dimensi ikon, indeks, serta simbol menjadi pemetaan pada melihat film Sejuta Sayang Untuknya. Analisis semiotika biasanya diterapkan pada gambaran atau teks visual. Metode ini melibatkan pernyataan-pertanyaan pada istilah perihal bagimana citra bekerja, dengan mengaitkan mereka pada struktur ideologis yg mengorganisasi makna. Selain itu, pada penelitian ini memakai metode kualitatif pendekatan naratif menggunakan kerangka berpikir kritis. Selain itu, menggunakan adanya analisa pesan film ini bisa dimanfaatkan warga buat menjadi dasar dalam menggali pesan-pesan yang terdapat di film tanah air, terutama wacana perseteruan ayah serta anak perempuan direprestasikan sesuai dengan syarat orisinil dalam kehidupan sehari-hari menggunakan pesan moral yg diangkat berupa kejujuran, rasa hormat, tanggung jawab serta ikut merasakan dimana contoh teori Charles Sanders Pierce ditunjukan melalui indikasi (representmen) yg diwujudkan melalui sebuah objek sebagai akibatnya bisa menyebabkan penafsiran (Interpretant) penonton mengenai maksut asal bagian film.
Referensi
Danang, Sunyoto. (2012). Manajemen Pemasaran, Yogyakarta: Buku Seru.
Effendy, O. U. 1986. Dinamika Komunikasi. Bandung: Remadja Karya CV.
McQuail, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa, Edisi 6. Jakarta: Salemba Humanika.
Nurudin. 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sobur, A., 2003. Semiotika Komunikasi. Bandung: Rosdakarya
Wibowo, I. S.W., 2013. Semiotika Komunikasi. Jakarta : Mitra Wacana Media.


.jpg)

