Makna Pesan Lagu “Pilu Membiru”,“Rehat”DAN“SULUNG”Karya Kunto Aji

Penulis

  • Pita Sari Stikosa-AWS

DOI:

https://doi.org/10.37826/digicom.v2i3.343

Kata Kunci:

Kunto Aji,MantraMantra,Pilu Membiru,Rehat,Sulung

Abstrak

Analisis Semiotik Makna Pesan Lirik Lagu “Pilu Membiru”, “Rehat”, dan   “Sulung”   Karya Kunto Aji ini ditulis dan diteliti menggunakan teori semiotik menurut Ferdinand de Saussure untuk mengungkap makna dan pesan dari lirik lagu milik penyanyi Kunto Aji yang berjudul Pilu Membiru, Rehat, dan Sulung. Lagu tersebut terdapat dalam  album  kedua  Kunto  Aji  yang  berjudul  MantraMantra,  di  mana  hadirnya  album  ini ditujukan untuk self healing para pendengarnya agar bisa memaknai hidup secara positif. Subjek dari penelitian ialah Kunto Aji Sebagai penyanyi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini ialah analisis kualitatif yang datanya diperoleh dari analisis lirik menurut teori Ferdinand de Saussure yang kemudian akan memberikan gambaran makna pesan apa yang terkandung dalam lirik lagu tersebut. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa ketiga lagu Kunto Aji dalam album MantraMantra tersebut memiliki pesan agar tidak menyerah dalam hidup dan selalu berfikir positif. Ketiga lagu tersebut juga disampaikan dalam pola yang sama,yakni repetitif untuk menanamkan makna lirik pada alam bawah sadar pendengarnya.

Referensi

Abdul Majid. Perencanaan. (2007). Pembelajaran Mengembangkan Standart Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
CIRLOT, J.E. (2001). A Dictionary of Symbol. London:Routledge.
Djohan.(2009). Psikologi Musik. Yogjakarta: Penerbit Best Publisher
Rakhmat, Jalaludin. (2010). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Deddy. (2010). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pateda,Mansoer. (2001).Sematikleksikal. Jakarta: Rineka Cipta.
Sobur, Drs. Alex, M.Si. (2006). Analisis Teks Media. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sobur, Drs. Alex, M.Si. (2013). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono.(2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung.
Suprapto, Drs. Tommy, M.S. (2009). Pengantar Teori Dan Manajemen Komunikasi. Jakarta: PT. Buku Kita.
Wibowo, Indiawan Seto Wahyu. (2011). SEMIOTIKA KOMUNIKASI.Ed ke-1. Jakarta: Mitra Wacana Media.
West, Richard & Tuner, Lynn H. (2008). Pengantar Teori Komunikasi “Analisis dan Aplikasi”. Jakarta: Salemba Humarika.

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-29

Terbitan

Bagian

Articles