Strategi Komunikasi Membangun Citra Karang Taruna Desa Berbek Sidoarjo Melalui Instagram
DOI:
https://doi.org/10.37826/digicom.v2i4.377Kata Kunci:
Strategi Komunikasi, Citra, InstagramAbstrak
Karang Taruna Desa Berbek (Kartar Berbek) merupakan organisasi sosial kemasyarakatan yang dibentuk dengan tujuan untuk menjalin rasa persaudaraan, serta sebagai wadah para pemuda untuk mengembangkan diri. Namun dalam perjalannya Kartar Berbek sempat mendapatkan citra negatif dari masyarakat karena dianggap sebagai organisasi yang hanya aktif di kegiatan tertentu dan dinilai sama dengan ormas lain yang hanya mengambil keuntungan pribadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Komunikasi Karang Taruna Desa Berbek Dalam Membangun Citra Di Instagram. Penelitian ini menggunakan metode dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Peneliti mendapatkan data dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini adalah Pengurus Kartar Berbek mulai dari ketua, anggota, dan orang yang selama ini memegang akun media sosial instagram serta followers.
Berdasarkan hasil penelitian dilapangan bahwa kartar berbek melakukan proses dari konsep AIDDA Attention (perhatian), Interest (minat), Desire (keinginan), Decision (keputusan), dan action (tindakan) dengan menentukan konten dan memanfaatkan fitur-fitur yang ada untukĀ memabangun citranya di instagram sehingga dapat menambah jumlah anggota dan media sosial instagram kartar berbek dianggap sangat membantu dan memudahkan masyarakat dalam mencari informasi.
Referensi
Bahri, Syaiful. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta,
Eriyanto. , (2011). Analisis Isi: Pengantar Metodologi Untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana
Hamalik, Oemar (1992). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru,
Haroen, Dewi. , (2014). Personal Branding: Kunci Kesuksesan Berkiprah di Dunia Politik.
Jakarta: Gramedia
Jefkins, Frank. (1992). Public Relation. Edisi III. Terj. Munandar. Jakarta: Erlangga,
Khasali,Renald.(1992) Membidik Pasar Indonesia: Segmentasi Targeting, Positioning.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kottler, P.(2009) Marketing Management. New Jersey: Prentice Hall, 2000. Kottler, P. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga, 2.009.
Krippendorff, Klaus(1980). Content Analysis An Introduction to Its Methodology. Beverly Hills, California: Sage Publication Ltd.
Kriyantono, Rachmat. (2008) Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana..
Landa, Robin (2006). Designing Brand Experiences. Thomson Delmar Learning,
Montoya, Peter & Vandehey (2008), Tim. The Brand Called You: Make Your Business Stand Out in a Crowded Marketplace (paperback). United States of America: .
Montoya, Peter.(2002) The Personal Branding Phenomenon. Nashville: Vaughan Printing, 2002.
Moore, H. Frazier.(20024) Humas: Membangun Citra Dengan Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2003) Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya,
Neumeier, Marty.(2003) The Brand Gap. New York: New Riders Publishing.
Riffe D, Lacy S, and Fico FG.(1998) Analyzing Media Messages: Using Quantitative Content Analysis in Research. Mahwah: Lawrence Erlbaum Associates.
Sadirman, A. M.(2006) Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo,
Sidharta, lani.(1996) Internet Informasi Bebas Hambatan. Jakarta: PT Elex Media
Komputindo,


.jpg)

