Rebranding Program Rumpi Kuliner SHE Radio 99,6 FM Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.37826/digicom.v2i4.379Kata Kunci:
strategi programming, rebranding program, Program Rumpi Kuliner She Radio 99,6 FMAbstrak
Penelitian ini hendak mengupas bagaimana strategi proggramming sebuah stasiun radio Surabaya yakni She Radio 99,6 FM dalam merebranding program Rumpi Kuliner sehingga mampu menarik perhatian pendengarnya. Program Rumpi Kuliner merupakan salah satu program rebrandingan She Radio 99,6 FM yang mana menyajikan siaran berupa obrolan ringan penyiar dan narasumber dimana sebelumnya memiliki program Rumpi Kuliner Dapur Manda. Perubahan nama ini dilakukan untuk menyesuaikan segmentasi Ibu-Ibu rumah tangga kelas menengah dan menghilangkan unsur figur dari nama program, hal tersebut juga dilakukan karena adanya perubahan penyiar programnya. Dari data yang telah diperoleh melalui wawancara dan juga observasi secara langsung, penelitian ini akan melakukan analisi menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan konsep kesesuaian (compability), membangun kebiasaan (habit formation), mengatur alur pendengar (control of audiance flow), pemeliharaan sumber daya (conservation of program resources), daya tarik yang luas (bredth of appeal ) yang diperkenalkan oleh Sydney W.Head sebagai acuan dalam mengupas strategi proggramming She Radio 99,6 FM dalam merebranding program Rumpi Kuliner. Peneliti telah menemukan kesesuaian terhadap kelima elemen tersebut dimana She Radio 99,6 FM sudah cukup baik dalam merebranding program Rumpi Kuliner dengan memperhatikan minat da keinginan pendengarnya.
Referensi
Aminullah JR, R. X., & Kristiyono, J. (2021). Internet Marketing Strategy Demandailing Café in Building a Digital Brand on Instagram. Communicare: Journal of Communication Studies, 8(2), 165–178.
Arie. (2021). She Radio 99.6 fm Surabaya - Radio Maya. http://radiomaya.blogspot.com/2021/02/she-radio-996-fm-surabaya.html?m=1
Arkansyah, M., Prasetyo, D., & Amina, N. W. (2021). Utilization of Tik Tok Social Media as A Media for Promotion of Hidden Paradise Tourism in Indonesia. Proceedings of the 4th International Conference on Communication & Business (ICCB 2021).
Bantilan, D. S. I., Wulan, R. R., & Pamungkas, I. N. A. (2017). Strategi rebranding zora radio. PRofesi Humas Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 2(1), 1–12.
Creswell, J. W. (2014). A concise introduction to mixed methods research. Pustaka Pelajar.
David, F. R. (2011). Strategic Management concepts and cases. Perhelalindo.
Eastman, S. T., & Ferguson, D. A. (2013). [Susan_Tyler_Eastman,_Douglas_A._Ferguson]_Media_P(z-lib.org).
Effendy, O. U. (2003). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ekawati, D. (2006). Strategi Programming Pada Radio Show Segmented (Studi Kasus pada Program “Ichigo” di Radio Swaragama 101, 7 FM Jogja). Universitas Gadjah Mada.
Masduki, M. (2004). Perkembangan dan Problematika Radio Komunitas di Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 102681.
Morissan, M. A. (2018). Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi Ed. Revisi. Prenada Media.
Newby, J. (2006). Inside broadcasting. Routledge.
Nurudin, N. (2017). Pengantar Komunikasi Massa. Rajawali Pers.
Prof. DR Lexy J. Moleong, M. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya Offset.
PRSSNI. (2021). Data Raced PRSSNI November 2021. https://radioindonesia.co.id/news-detail/data-radex-prssni-november-2021
Rangkuti, F. (2013). Strategi promosi yang kreatif dan analisis kasus. Gramedia Pustaka Utama.
Romeltea. (2019). Radio Komunitas: Pengertian, Karakteristik, Izin, dan Program » Romeltea Online. https://romeltea.com/radio-komunitas-karakter-dan-program/
Romli, A. S. M., & Syamsul, A. (2009). Dasar-Dasar Siaran Radio. Bandung: Nuansa.
Tanzeh, A. (2009). Pengantar metode penelitian. Yogyakarta: teras.
Triartanto, A. I. Y. (2010). Broadcasting Siaran Radio : Teori dan Praktek. Pustaka Publisher.


.jpg)

