Peran Public Relations Lembaga Amil Zakat LMI Meningkatkan Brand Image

Penulis

  • Muhamad Irfan Nurdiansyah Stikosa-AWS
  • Edelweis Putri Prima Stikosa-AWS
  • Anita Agustina Wulandari Stikosa-AWS

DOI:

https://doi.org/10.37826/digicom.v2i4.381

Kata Kunci:

LMI, Public Relations, Brand Image.

Abstrak

Public Relations atau PR sangat penting dalam sebuah perusahaan, PR menjembatani komunikasi antara perusahaan dengan masyarakat/klien. Salah satu tugas utama dari public relations adalah meningkatkan brand image perusahaan dengan tujuan supaya masyarakat/klien menyadari posisi atau keberadaan dari perusahaan. Peneliti mengangkat judul ini sebab public relations memiliki peran penting dalam membangun dan meningkatkan brand image suatu perusahaan. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui peran public relations yang dilakukan oleh Lembaga Manajemen Infaq (LMI) dalam meningkatkan brand image. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik analisis data deskriptif. Peneliti berupaya menyajikan deskripsi dari suatu perusahaan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi di lapangan, wawancara dengan personal asisstent director dan manajer digital serta menggunakan dokumentasi LMI. Hasil penelitian menunjukan bahwa public relations di LMI memiliki peran untuk mendidik, memberi informasi, dan pelayanan kepada publik, memberi transparansi data serta imeningkatkan penjualan lembaga. Adapun yang menjadi faktor pendukung dalam meningkatkan brand image adalah SDM yang berpengalaman dan tersertifikasinya LMI sebagai LAZ. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu belum adanya departemen public relatiosns yang terbatas dan kantor wilayah yang belum tersebar menyeluruh di Indonesia.

Referensi

Aaker, D. (1997). Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta: Spektrum.
Anggoro, M. L. (2005). Teori dan Profesi Kehumasan Serta Aplikasinya di.Jakarta: Aksara.
Ardianto, E. (2008). Public Relations Praktis. Bandung: Widya Padjajaran.
BAZNAS. (2019, Desember 4). Pengaruh Zakat Terhadap Perekonomian MakroIndonesia. Jakarta: Badan Amil Zakat Nasional.
Chaniago, A. (2017). Monograf Penerapan Mutu Pelayanan dan Corporate Rebranding Ciptakan Pelanggan Loyal. Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia.
Cutlip, S. M., & Glenn, A. H. (2011). Effective Public Relations Edisi ke IX. Jakarta: Prenada Media Group.
Dozier, D., & Broom, G. (2005). Public Relations Practice. In Public Relations Practice. Jakarta: Indeks.
Durianto, D., Budiman, L. J., & Sugiarto. (2004). Strategi Memimpin Pasar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hamidi. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Malang: UMM Press.
Henslowe, P. (2008). Public Relations, A Practical Guide To The Basics. Kogan Page.
Ishaq, R. E. (2017). Public Relations: Teori dan Praktik. In Public Relations: Teori dan Praktik. Malang: Intrans Publishing.
Jefkins, F. (2003). Public Relations. Jakarta: Erlangga.
Jefkins, F. (2009). Public Relation. Jakarta: Erlangga.
Jokhanan, K. (2020). KOMUNIKASI GRAFIS: Dilengkapi Panduan Teknis Desain Layout dengan Aplikasi Software Grafis InDesign.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2007). Dasar-Dasar Pemasaran Edisi Kesembilan Jilid I. Jakarta: PT Indeks.
Kotler, P., & Keller, K. (2007). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kriyantoni, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: PT. Kencana Perdana.
Miles, M. B., & Huberrman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku. Jakarta: UIP.
Morissan. (2008). Manajemen Public Relations. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Morrisan. (2008). Menejemen Media Penyiaran. In Menejemen Media Penyiaran. Jakarta: Media Group.
Oliver, S. (2006). Strategi Public Relations. In Strategi Public Relations. Jakarta: Erlangga.
Pawito. (2008). Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: PT LKIS Pelangi Aksara.
Rosady, R. (2002). Kampanye Public Relations. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Rosady, R. (2002). Kampanye Public Relations. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Rosady, R. (2010). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Ruslan, R. (2010). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Unduhan

Diterbitkan

2022-11-01