Pengungkapan Diri Pengguna dan Berkenalan Melalui Aplikasi Tinder Di Surabaya

Penulis

  • Elsada Rosanti Putri Stikosa-AWS
  • Moch Djauhari Stikosa-AWS
  • Moch Subechi Nurcahyo Stikosa-AWS

DOI:

https://doi.org/10.37826/digicom.v2i4.382

Kata Kunci:

Tinder, Pengungkapan diri, Komunikasi Antarpribadi, Teori Computer Mediated Communication, Media Baru.

Abstrak

Di dalam kehidupan bermasyarakat komunikasi adalah bagian yang sangat penting dalam berinteraksi dengan satu atau dua orang. Seiring dengan perkembangan dan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi didukung oleh media online, maka dari itu peran aplikasi daring secara langsung maupun tidak langsung telah mempengaruhi setiap orang atau individu dalam pengungkapan diri serta membuka ruang untuk dapat berinteraksi. Teori yang relevan dengan penelitian ini menggunakan Teori komunikasi antarpribadi, Teori CMC, dan Pengungkapan Diri. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini yaitu pengguna Tinder aktif sebanyak 4 informan. Berdasarkan penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam menggunakan aplikasi Tinder, setiap informan memiliki alasan yang berbeda-beda. Setiap informan juga memiliki pengungkapan diri yang berbeda-beda, untuk informan 1 akan terbuka jika memiliki kecocokan yang sama dengannya. Informan 2 dan 3 tidak mudah terbuka terhadap orang baru dikenal, dan akan terbuka jika mengenalnya lebih lama dan lawan bicaranya membuka diri terlebih dulu. Untuk Informan ke 4, merupakan orang yang sangat terbuka dengan orang baru.

Referensi

Aaker, D. (1997). Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta: Spektrum.
Anggoro, M. L. (2005). Teori dan Profesi Kehumasan Serta Aplikasinya di.Jakarta: Aksara.
Ardianto, E. (2008). Public Relations Praktis. Bandung: Widya Padjajaran.
BAZNAS. (2019, Desember 4). Pengaruh Zakat Terhadap Perekonomian MakroIndonesia. Jakarta: Badan Amil Zakat Nasional.
Chaniago, A. (2017). Monograf Penerapan Mutu Pelayanan dan Corporate Rebranding Ciptakan Pelanggan Loyal. Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia.
Cutlip, S. M., & Glenn, A. H. (2011). Effective Public Relations Edisi ke IX. Jakarta: Prenada Media Group.
Dozier, D., & Broom, G. (2005). Public Relations Practice. In Public Relations Practice. Jakarta: Indeks.
Durianto, D., Budiman, L. J., & Sugiarto. (2004). Strategi Memimpin Pasar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hamidi. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Malang: UMM Press.
Henslowe, P. (2008). Public Relations, A Practical Guide To The Basics. Kogan Page.
Ishaq, R. E. (2017). Public Relations: Teori dan Praktik. In Public Relations: Teori dan Praktik. Malang: Intrans Publishing.
Jefkins, F. (2003). Public Relations. Jakarta: Erlangga.
Jefkins, F. (2009). Public Relation. Jakarta: Erlangga.
Jokhanan, K. (2020). KOMUNIKASI GRAFIS: Dilengkapi Panduan Teknis Desain Layout dengan Aplikasi Software Grafis InDesign.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2007). Dasar-Dasar Pemasaran Edisi Kesembilan Jilid I. Jakarta: PT Indeks.
Kotler, P., & Keller, K. (2007). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kriyantoni, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: PT. Kencana Perdana.
Miles, M. B., & Huberrman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku. Jakarta: UIP.
Morissan. (2008). Manajemen Public Relations. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Morrisan. (2008). Menejemen Media Penyiaran. In Menejemen Media Penyiaran. Jakarta: Media Group.
Oliver, S. (2006). Strategi Public Relations. In Strategi Public Relations. Jakarta: Erlangga.
Pawito. (2008). Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: PT LKIS Pelangi Aksara.
Rosady, R. (2002). Kampanye Public Relations. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Rosady, R. (2002). Kampanye Public Relations. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Rosady, R. (2010). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Ruslan, R. (2010). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Setiadi, N. J. (2003). Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana.

Unduhan

Diterbitkan

2022-11-01