Pengaruh Terpaan Akun Tiktok @Vmuliana Terhadap Pengetahuan Tentang Dunia Karir Untuk Followers

Penulis

  • Karens Sabrina Purnasari Stikosa-AWS
  • Dwi Prasetyo Stikosa-AWS

DOI:

https://doi.org/10.37826/digicom.v2i4.384

Kata Kunci:

konten TikTok @vmuliana, pengetahuan karir, teori S.O.R.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terpaan akun TikTok @vmuliana terhadap pengetahuan tentang dunia karir bagi pengikut. Teori yang digunakan adalah teori S.O.R (Stimulus, Organism, Respon). Teori ini berkaitan dengan pesan yang dibawakan dan respon yang dimunculkan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan metode analisis deskriptif. Dengan menggunakan kuisioner dalam pengambilan data. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Populasi untuk penelitian ini yaitu pengikut akun TikTok @vmuliana dan sampel yang terambil yaitu 100 responden. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti menarik kesimpulan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara konten TikTok @vmuliana terhadap pengetahuan karir bagi pengikut. Terkait dengan pengaruh pengetahuan tentang dunia karir dengan kecenderungan pengaruh sebesar 73,1% serta memiliki korelasi hubungan yang kuat yaitu sebesar 0,855 dan keofisien determinasi sebesar 0,731.

Referensi

@vmuliana @ www.tiktok.com. (n.d.). Dikutip dari https://www.tiktok.com/@vmuliana?lang=id-ID
Ada-2047-juta-pengguna-internet-di-indonesia-awal-2022 @ databoks.katadata.co.id. (n.d.). Dikutip dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/23/ada-2047-juta-pengguna-internet-di-indonesia-awal-2022
Andara, N. A. (2019). Keterbukaan Diri (Self Disclosure) Pengguna Aplikasi Kencan Online (Tinder).
Azhar, N., & Adri, M. (2008). Uji validitas dan reliabilitas paket multimedia interaktif. Didapatkan: Http://Elektronika. Unp. Ac. Id [30Januari 2012].
Daftar-negara-pengguna-tiktok-durasi-terlama-indonesia-peringkat-berapa @ databoks.katadata.co.id. (n.d.). Dikutip dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/02/06/daftar-negara-pengguna-tiktok-durasi-terlama-indonesia-peringkat-berapa
Ebtanastiti, D. F., & Muis, T. (2014). Survei pilihan karir mahasiswa fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam Universitas Negeri Surabaya. Jurnal BK, 4(3), 1–10.
Etika Desi Yogi, Hariyanto, E. S. (2017). Hubungan Antara Usia Dengan Preeklampsia Pada Ibu Hamil Di POLI KIA RSUD Kefamenanukabupaten Timor Tengah Utara. Jurnal Delima Harapan, 3(2), 10–19.
Feroza, C. S., & Misnawati, D. (2020). Penggunaan media sosial instagram pada pkun @yhoophii_official sebagai media komunikasi dengan pelanggan. Jurnal Inovasi, 14(1), 32–41.
Fitriani, N. Y., & Harto, J. D. (2018). Pengaruh Pengembangan Karir dan Pelatihan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Telkom Akses Kota Pasuruan. Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi, 3(1), 14–21.
Hendrawan, A. (2019). Gambaran Tingkat Pengetahuan Tenaga Kerja Pt’X’ Tentang Undang-Undang Dan Peraturan Kesehatan Dan Keselamatan Kerja. Jurnal Delima Harapan, 6(2), 69–81. https://doi.org/10.31935/delima.v6i2.76
Inaray, J. C. (2016). Pengaruh kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Amanah Finance di Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(2).
Jadi-pemenang-tiktok-awards-ini-profil-vina-muliana-yang-sering-beri-tips-lolos-bumn @ www.indozone.id. (n.d.). Dikutip dari https://www.indozone.id/life/3esvL6r/jadi-pemenang-tiktok-awards-ini-profil-vina-muliana-yang-sering-beri-tips-lolos-bumn
Khadijah, M. A. (2020). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini: Teori dan Praktik. Prenada Media.
Legianti, R. D. (2019). Tugas content creator dalam memproduksi iklan media sosial di divisi kreatif gitani corporate Yogyakarta.
Marini, R. (2019). Pengaruh Media Sosial Tik Tok Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Di SMPN 1 Gunung Sugih Kab. Lampung Tengah. UIN Raden Intan Lampung.
Parinduri, T. H. (2019). Pengaruh Penggunaan media sosial Whatsapp terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Medan.
Pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022 @ dataindonesia.id. (n.d.). Dikutip dari https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022
Praditya, A. (2019). Pengaruh Media Sosial Dan Komunikasi Bisnis Terhadap Perkembangan Bisnis Online Shop. JURNAL SeMaRaK, 2(1). https://doi.org/10.32493/smk.v2i1.2664
Purwati, I. (2009). RANCANG BANGUN APLIKASI PENJUALAN KONTEN TELEPON SELULAR.
Rakhmawati, A. (2015). Efek Terpaan Iklan Crm (Customer Relationship Management) Di Sosial Media, Branding Mazaya Sebagai Make Up Halal Terhadap Tingkat Kepercayaan Konsumen. Interaksi Online, 4(13).
Saleh, G., & Pitriani, R. (2018). Pengaruh media sosial Instagram dan Whatsapp terhadap pembentukan budaya “alone together.” Jurnal Komunikasi, 10(2), 103–114.
Saputra, P. A., & Kristina, R. (2018). PENGARUH PROGRAM ANIMASI TOM & JERRY DI TELEVISI TERHADAP PERILAKU BERMAIN ANAK (Survey SD Mutiara Bangsa 1 2017-2018). PANTAREI, 2(3).
Setianingsih, T., Qomariyah, S. S., Nafisah, B. Z., & Terasne, T. (2021). Pelatihan Tata Cara dan Etika Melamar Kerja Dalam Bahasa Inggris Bagi Siswa SMAN 1 Batulayar Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 2(2), 293–300.
Sitorus, F. G. (2018). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tik-Tok Terhadap Perilaku Anak (Studi Pada Pengguna Aplikasi Tik-Tok Pada Remaja Di Kota Medan). Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Wahyuni, A. P. (2017). Vol. 12, No. 2, Oktober 2017. Ekonomika, 12(2), 212–231.
Wahyuningtias, D., Putranto, T. S., & Kusdiana, R. N. (2014). Uji Kesukaan Hasil Jadi Kue Brownies Menggunakan Tepung Terigu dan Tepung Gandum Utuh. BINUS Business Review, 5(1), 57–65.
Wakhyuni, E., & Andika, R. (2019). Analisis kemampuan, komunikasi dan konflik kerja terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT. Mitha Sarana Niaga. Jurnal Manajemen Tools, 11(1), 271–278.
Waspodo, A. A. W. S., Handayani, N. C., & Paramita, W. (2013). Pengaruh kepuasan kerja dan stres kerja terhadap turnover intention pada karyawan pt. Unitex di bogor. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 4(1), 97–115.

Unduhan

Diterbitkan

2022-11-01