Pengunaan Instagram @aslisuroboyo Informasi Masyarakat Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.37826/digicom.v3i1.414Kata Kunci:
Efektivitas, Instagam, Informasi, Uses and GratificationAbstrak
Dari banyaknya akun Instagram informasi yang ada di Surabaya, penelitian ini mengambil objek akun Instagram @aslisuroboyo untuk melihat efektivitas dari akun @aslisuroboyo dalam pemenuhan kebutuhan pada masyarakat Surabaya. Teori yang digunakan adalah teori Uses and Grativication. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Pengambilan data dengan wawancara dan observasi. Penulis mengambil responden wartawan @aslisuroboyo dan beberapa pengikut pada media sosial Instagram @aslisuroboyo. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa akun Instagram @aslisuroboyo memenuhi informasi pengikut dan masyarakat Surabaya. Sehingga bisa dikatakan penilitian ini efektif.
Referensi
Atiah,N.(2020). Pembelajaran Era Disruptif Menuju Masyarakat 5.0. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. Palembang: Universitas PGRI Palembang.
Carr,C.T.(2015). Social Media: Defining, Developing, and Divining. tlantic journal of communication 23.1, 46-65.
Hananto,B.A.(2109). Identitas Visual Digital Brand Dalam Sosial Media. SENADA (Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur). Vol. 2.
Hasanah,H.(2017). Teknik-teknik observasi (sebuah alternatif metode pengumpulan data kualitatif ilmu-ilmu sosial). At-Taqaddum 8.1, 21-46.
Hidayat,M.H.(2016). Efektivitas Model Pembelajaran Citizen Journalism: Melatih Keterampilan Mahasiwa dalam Berpikir Kritis dan Kreatif. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 1.12, 314-320.
Howard,P.N.(2012). Social media and political change: Capacity, constraint, and consequence. 359-362.
Kristiyono,J.(2015). Budaya Internet: Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Mendukung Penggunaan Media Di Masyarakat. Scriptura 5.1 , 25-3.
Kusadjibrata,N.(2019). Efektifitas Media Sosial Sebagai Sumber Berita Dalam Newsroom Televisi. Jurnal Ilmu Komunikasi 23.2, 104-119.
Mahendra,B.(2016). Eksistensi Sosial Remaja Dalam Instagram (Sebuah Perspektif Komunikasi). Jurnal Visi Komunikasi 16.1, 151-160.
Meithiana.(2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan : Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.
Ngalimun.(2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo.
Oktarina,Y.d.(2017). Komunikasi Dalam Perspektif Teori Dan Praktik. Semarang: Deepublish.
Prajarto,N.(2018). Netizen dan Infotainment: StudiEtnografi Virtual pada Akun Instagram@ lambe_turah. Jurnal Komunikasi, 12.
Qurniawati,R.S.(2019). Ewom Pada Generasi Z Di Sosial Media. Jurnal Manajemen Dayasaing 20.2, 70-80.
Qurniawati,R.S.(2019). Ewom Pada Generasi Z Di Sosial Media. Jurnal Manajemen Dayasaing 20.2, 70-80.
Rukajat,A.(2018). Pendekatan Penelitian Kuanlitatif: Quanlitative Research Approach. Jakarta: Deepublish.
Sedarmayanti.(2018). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV.Mandar Maju.
Sugiyono.(2016). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: R&D Bandung; Alfabeta.
Sujarweni,V.W.(2015). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,. Dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suprihatin.(2019). Statistika Ilmu Komunikasi Disertai Petunjuk Penggunaan Aplikasi SPSS. Surabaya.
Taprial,V.a.(2012). Understanding social media. Bookboon.
Valenza,J.K.(2012). Reading Remixed. Educational leadership 69.6 , 75-78.


.jpg)

