Analisis Strategi Kreatif Iklan @Dreamup_id Untuk Meningkatkan Penjualan Digital
DOI:
https://doi.org/10.37826/digicom.v3i1.421Kata Kunci:
Strategi Kreatif Periklanan, Media Sosial, Perancangan, Penerapan.Abstrak
Selaras dengan fenomena bisnis yang memanfaatkan sosial media sebagai ranah beriklan dan pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi kreatif iklan sosial media Instagram @Dreamup_id untuk meningkatkan penjualan. Dimensi yang diteliti perancangan dan penerapan strategi kreatif iklan pra produksi, produksi iklan sampai pasca produksi iklan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif Robert K. Yin, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Yang menjadi narasumber dalam penelitian ini adalah Pemilik/Creative Director/Advertiser, Copywriter, Art Director/Desain Grafis yang ikut serta dalam membuat strategi kreatif iklan dalam meningkatkan penjualan.
Referensi
Amstrong, Gary & Philip, Kotler. 2002. Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Prenhalindo.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Atmoko Dwi, Bambang. 2012. Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.
Azwar, S. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Basuki dan Prawoto. 2017. Analisis Regresi Dalam Penelitian Ekonomi & Bisnis. Jakarta: Rajawali Pers.
Belch, George E., dan Michael A. Belch. 2018. Advertising and Promotion “An Intergrated Marketing Communications Perspective”. New York: McGraw- Hill Education.
Bungin, Burhan. 2001. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Bungin, Burhan. 2001. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya : Airlangga
University Press
Charles lamb, W .et.al. 2001. Pemasaran. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat Davis, Joel J. 2013. Penelitian Periklanan “Teori dan Praktik”. Jakarta: Raja
Grafindo Persada.
Durianto dan Liana S. 2004. Strategi Menaklukkan Pasar; Melalui Riset Ekuitasdan Perilaku Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Evans, Dave dan Jake, McKee. 2010. Social media the next generation of business engagement. Canada:Wiley
Jefkins, Frank. 1997. Periklanan. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran “Analisis Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian”. Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, Philip dan Kevin, Lane Keller. 2012. Marketing Management. New York: Prentice Hall.
Kotler, dkk. 2017. Marketing 4.0. Canada: Wiley.
Laksana, Fajar, 2008. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.
Machfoedz, Mahmud. 2010. Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta: Cakra Ilmu


.jpg)

