Peran Komunikasi Orangtua Dan Anak Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Luar Jawa Di STIKOSA AWS

Penulis

  • Alfian Juniar Stikosa AWS
  • Jokhanan Kristiyono Stikosa AWS

DOI:

https://doi.org/10.37826/digicom.v3i1.422

Kata Kunci:

Komunikasi Interpersonal, Peran, Motivasi Belajar

Abstrak

Penelitian ini berjudul: “PERAN KOMUNIKASI ANTARA ANAK DAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR (STUDI TERHADAP MAHASISWA LUAR PULAU JAWA DI STIKOSA AWS”. Yang melatar belakangi penulis mengambil judul ini karena pada umumnya anak dengan orang tua dan berhubungan dekat atau sering komunikasi tatap muka karena tinggal dalam satu rumah. Tetapi lain halnya dengan orangtua dan anak yang tidak tinggal serumah atau tinggal berjauhan karena perbedaan jarak dan tempat. Komunikasi dilakukan menggunakan media seperti aplikasi Whatsapp video call, voice note, dan call tidak berkomunikasi secara tatap muka. Pendekatan penelitian yang penulis menggunakan data deskriptif berupa data yang dikumpulkan adalah berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka – angka. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan  observasi, wawancara dan dokumentasi, lalu mengunakan teknis analisis data. Sehingga dapat mengetahui bagaimana Peran, Komunikasi Interpersonal, Motivasi Belajar pada mahasiswa luar pulau jawa di Stikosa-AWS Hasil penulis menemukan bahwa mahasiswa/i luar pulau jawa yang ada di Stikosa-AWS berkomunikasi dengan orang tua melalui aplikasi Whatsapp seperti video call, voice note, dan call. Komunikasi yang dilakukan oleh anak dan orang tua kurang baik karena hanya mengadalkan aplikasi Whatsapp tanpa melakukan tatap muka (face to face) dan komunikasi yang terajalin menjadi terbatas.

Referensi

Roudhonah (2007), Ilmu Komunikasi, Jakarta: UIN Press
Deddy Mulyana (2007), Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya
Jalaluddin Rakhmat (2007), Psikologi Komunikasi, Bandung, PT Remaja Rosdakarya
Uno, Hamzah (2012), Teori motivasi & Pengukurannya, Jakarta: Bumi Aksara
Dimyati dan Mudjiono (2006), Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.
W.S Winkel (2017), Psikologi Pengajaran, Gramedia: Jakarta
Drs. Syaiful Bahri Djamarah (2011), Psikologi Belajar Edisi II, Jakarta:Rineka Cipta
Muhammad Budyatna (2016), Ilmu Komunikasi, Jakarta: Kharisma Putra Utama
Dasrun Hidayat (2018), Komunikasi Antarpribadi dan Medianya, Yogyakarta: Graha Ilmu
Nurani Suyomukti (2020), Pengantar Ilmu Komunikasi, Yogyakarta: Ar Ruzz Media
Suranto AW (2020), Komunikasi Interpersonal, Yogyakarta: Graha Ilmu, C
Alo Liliweri (2016), Komunikasi Antar Personal (Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Suranto AW (2016), Komunikasi Interpersonal, Yogyakarta: Graha Ilmu
Onong Uchjana Effendy (2016), Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi, Bandung: PT Citra Aditya Bakti
Suranto AW (2017), Komunikasi Interpersonal, Yogyakarta: Graha Ilmu
Sarwono (2018), Psikologi Sosial Individu dan Teori-Teori Psikologi Sosial, Jakarta: Balai Pustaka
Raho Bernard (2015), Teori Sosiologi Modern, Jakarta: Prestasi Pusaka
Soerjono Soekanto (2002), Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta: RajawaliPress

Diterbitkan

2023-01-30