Analisis Framing Berita Kecemasan Masyarakat Penularan Covid 19 Pada Detik.Com

Penulis

  • Moch Hasan Stikosa-AWS
  • Ratna Puspita Sari Stikosa AWS

DOI:

https://doi.org/10.37826/digicom.v3i1.423

Kata Kunci:

Framing, Media Online, Covid-19

Abstrak

Salah satu berita yang berkembang saat ini yaitu berita Covid-19 dimana berita tersebut selalu dimunculkan setiap harinya. Setiap media berbeda-beda dalam mengemas beritatersebut, hal itu dipengaruhi oleh ideologi dan pemilik media yang terlihat dari framing berita yang dilakukan kepada media tersebut.

Penelitian ini menggunakan paradigma kontruksionis dengan pendekatan kualitatif. Adapun sumber utama yang digunakan penelitian ini adalah pemberitaan tentang Covid-19 di media online DetikNews.com.

Hasil penelitian menunjukan analisis framing model Modigliani dan Gamson  tentang pemberitaan Covid-19 di media online detik.com, maka dengan begitu didapatkan hasil penelitian bahwa, pada Maret pandemi Covid-19 sangat menegangkan, mengkhawatirkan, dan penuh dengan kewaspadaan dikarenakan penyakit yang baru ada ini sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kematian. Namun dengan beriringnya waktu, masyarakat mulai tidak memperdulikan dengan adanya penyebaran virus corona ini, peraturan-peraturan yang dibuat banyak dilangggar disebabkan sudah mulai membosankan dengan keadaan seperti ini. Seperti melakukan aktivitas di rumah saja, dan tidak hanya itu, pemerintah tidak transparan kepada media, sehingga publik tidak mengetahui informasi yang detail mengenai kasus pasien Covid-19, sehingga kepercayaan akan adanya Covid-19 akan terus memudar. Serta, ditambah lagi dengan media selalu menyorot atau menampilkan keuangan-keuangan negara dalam bentuk bantuan sosial, menyebabkan beberapa tidak tersalurkan dengan baik, sehingga Covid-19 menjadi ladang pembisnisan dan perpolitikan bagi yang berkuasa.

Referensi

Arni, Muhammad. (1989). Komunikasi Organisasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Bimo Nugroho, Eryanto, Fransurdiadis. (1999). Politik Media Mengemas Berita. Yogyakarta: LKis.
Bungin, Burhan. (2008). Sosiologi Komunikasi; Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana.
Cangara, Hafied Cangara. (2016). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Eriyanto. (2002). Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi, Dan Politik Media. Yogyakarta: LkiS.
Fitria, Rini. Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce Dalam Iklan Kampanye Pasangan Calon Gubernur Dan Wakil Gubernur Provinsi Bengkulu Tahun 2015, (Jurnal Manhaj IAIN Bengkulu, Vol. 1, Nomor 1, Januari-April 2017.
Halik, Abdul. (2013). Komunikasi Massa.Makassar: Alauddin University Press.
Huda,Nurul. (2019). Analisis Framing Model Robert Entman Tentang Pemberitaan Hoax Ratna Sarumpaet Di Detik.Com Rentang Waktu 3-31 Oktober 2018. Surabaya: UIN Sunan Ampel.
Istiqomah, Lathifah. 2019. Analisis Pesan Dakwah Film Duka Sedalam Cinta. Bengkulu: IAIN Bengkulu.
Maryandani, Andi Sitti. (2016). Analisis Framing Berita Kasus Korupsi Dewie Yasin Limpo di Harian Tribun Timur Makassar, Makassar: UIN Alauddin Makassar.
Mawardi, Gema. (2012). Analisis Framing Berita Mundurnya Surya Paloh Dari Partai Golkar Di Mediaindonesia.Com Dan Vivanews.Com Tanggal 7 September 2011. Depok: Universitas Indonesia.
Moleong, Lexy. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ngalimun. (2017). Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar Praktis. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Nugroho Aji, Arief. Analisis Framing Pemberitaan Program Bela Negara DiMedia Online Metrotvnews.Com Dan Sindonews.Com Periode September-November 2015. Lampung: Universitas Indonesia.
Nur Rohim Yunus, Kebijakan Pemberlakuan Lockdown Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19, (Jurnal: Sosial Dan Budaya Syar‟i UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Vol.7No.3(2020), pp. 227-238, DOI:10.15408/sjsbs.v7i3.15083.
Pidato Presiden RI JokoWidodo, di akses dari Media Online resmi Kompas.com , “Saatnya Kerja Dari Rumah, Belajar Dari Rumah, Ibadah Dirumah”.
Roidah Pakpahan, Yuni Fitriani. 2020. Analisa Pemanfaatan Tekologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19 (Jurnal : JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), vol. 4 No. 2 Mei 2020.
Sobur, Alex. (2006). Analisis Teks Media: Suatu Pengantar Untuk Analisis Wacana, Analisis Simiotik, dan Analisis Framing. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suara.Com :Pandemi Virus Corona, Ketahui Makna Dan Tujuan Istlah Covid-19, pada 01 April 2020 pukul 16.00 Wib.
Sutrisno, Hadi. (1989). Metodologi Research.Yogyakarta: Andi Offset.
Syarifuddin, Muhammad. (2009). Analisis Isi Pesan Dakwah Dalam Rubrik Tausiyah Pada Republika Online. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Tim Redaksi, Salam Jurnal : Sosial Dan BudayaSyar‟i, (Jakarta : UIN SyarifHidayatullah), Vol 7 no. 3 2020.
Tridona, Boby. (2016). Analisis Framing Pemberitaan Konflik Gubernur DKI Jakarta dan DPRD DKI Jakarta di Media Online (Analisis Framing Pada Media Online kompas.com dan detik.com Periode 27 Februari-10 Desember 2015). Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Vinsensius, Vinsensius, Membongkar Ideologi Di Balik Penulisan Berita, (http://dictum4magz.wordpress.com/2007/12/12/membongkar-ideologi-di-balik-penulisan berita ), akses 05 Agustus 2021.
Widjaja, A.W. (1993). Komunikasi: Komunikasi Dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: Bumi Aksara.
Winarno Surakhman.(1994).Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung: Tarsito.
Yusuf, Muri. (2017). Metode Penelitian; Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta:Kencana.

Diterbitkan

2023-01-30