Representasi Pendewasaan Usia Perkawinan Iklan BKKBN “Yakin Siap Nikah?” di Channel Youtube Dalam Perspektif Semiotika
DOI:
https://doi.org/10.37826/digicom.v3i3.469Kata Kunci:
Semiotika, Denotasi, Konotasi, MitosAbstrak
Abstrak
Pernikahan dini masih menjadi masalah serius di Indonesia, kondisi ini membuat BKKBN melakukan kampanye pendewasaan usia perkawinan melalui iklan “Yakin Siap Nikah?” yang ditayangkan melalui channel YouTube. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis makna denotatif, konotatif, dan mitos yang terdapat dalam iklan “Yakin Siap Nikah?”. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara denotasi iklan dipublikasikan di YouTube untuk menginformasikan tentang kampanye pendewasaan usia perkawinan. Secara konotasi, iklan mengandung makna yang dapat dilihat dari jalan cerita, cara akting dan tulisan pada iklan dengan harapan pesan yang ingin di sampaikan kepada penonton tersampaikan dan dapat dipahami. Sedangkan secara mitos, iklan ini merupakan budaya instansi untuk melakukan promosi melalui YouTube dengan filosofi pesan yang tersirat melalui pemaknaan simbol-simbol dan karakter lain seperti simbol dilarang merokok, pesawat terbang kertas, layangan dan burung merpati.
Referensi
Barthes, Roland. (1957). Mythologies. Terjemahan Nurhadi. 2016. Yogyakarta:
Kreasi Wacana.
Barthes, Roland. (1968). Element of Semiology. Terjemahan Ardiansyah, M. 2017. Yogyakarta: Basabasi.
CNN Indonesia. (2022). Usia Ideal Menikah Menurut Pemerintah, Kesehatan, hingga Islam [Artikel]. Diambil tanggal 20 Maret 2023 dari https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20221129134106-282-880270/usia-ideal-menikah-menurut-pemerintah-kesehatan-hingga-islam
Dewanta, Anak Agung Ngurah Bagus Janitra. (2020). Analisis Semiotika Dalam Film Dua Garis Biru Karya Gina S. Noer. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia 9(1), 26-35. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3217
Federica, D.A., Hartanto, D.D., & Sylvia, M. (2017). Perancangan Iklan Layanan Masyarakat sebagai Media Edukasi Pola Asuh Orang Tua Dryclean. Jurnal DKV Adiwarna, 1(10). https://www.neliti.com/id/publications/87248/perancangan-iklan-layanan-masyarakat-sebagai-media-edukasi-pola-asuh-orang-tua-d
Haryono, C. G. (2015). Representasi Usia Ideal Pernikahan Dalam Iklan Televisi (Kajian Semiotik Tentang Iklan KB Versi Televisi Episode “Pernikahan Dini”). Semiotika Jurnal Komunikasi, 9(1), 1-43. DOI: http://dx.doi.org/10.30813/s:jk.v9i1.1
Lina., & Damayanti, R. 2021. Makna Slogan “We’ll Take Care of You Wherever You Are” pada Iklan Samsung India. Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 20(2), 144-158. DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v20i2.1537
Prasetya, A. B. (2019). Analisis Semiotika Film dan Komunikasi. Malang: Intrans Publishing
Nurhanisah, Yuli. (2023). Mayoritas Pemuda di Indonesia Menikah Muda [Artikel]. Indonesia Baik. Diambil tanggal 20 Maret 2023 dari https://indonesiabaik.id/infografis/mayoritas-pemuda-di-indonesia-menikah-muda
Pemerintah Indonesia. Undang-undang Nomor 16 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan. Lembaran Negara RI Tahun 2019, No. 186. Jakarta: Sekretariat Negara
Sobur, Alex. (2017). Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sugiyono., & Lestari, P. (2021). Metode Penelitian Komuikasi (Kuantitatif, Kualitatif, dan Cara Mudah Menulis Artikel pada Jurnal Internasional). Bandung: Alfabeta
Suryani., & Suraili. (2021). Analisis Semiotika Iklan Layanan Keluarga Berencana (KB) Versi Pernikahan Dini. Komunikasia: Journal of Islamic Communication & Broadcasting. 1(1). https://jurnal.lp2msasbabel.ac.id/index.php/KPI/article/view/1838/716
IDN Times. (2017). Ini 8 Pelajaran Hidup yang Bisa Kita Ambil dari Main Layang-layang [Artikel].. Diambil tanggal 21 Maret 2023 dari https://www.idntimes.com/life/inspiration/bayu/filosofi-hidup-yang-bisa-kita-pelajari-dari-bermain-layang-layang?page=all


.jpg)

