Strategi Humas Pemprov Jatim Dalam Membangun Citra Pemerintahan Melalui Media Digital
DOI:
https://doi.org/10.37826/digicom.v3i2.475Abstrak
Hubungan masyarakat (humas) memiliki fungsi penting dalam membangun citra yang baik bagi instansi pemerintahan. Hal yang dilakukan dalam membagun citra yaitu dengan melakukan strategi komunikasi yang ramah dan responsif terhadap masyarakat. Berdasarkan pentingnya humas dalam pemerintahan tersebut, peneliti ingin mengkaji bagaimana strategi komunikasi humas pemerintahan dalam membangun citra dalam membagikan informasi maupun membagikan unggahan kegiatan Gubernur Jawa Timur. Penelitian ini fokus kepada akun media sosial Instagram @humasprovjatim yang dimiliki humas lebih aktif daripada media sosial lainnya yang dimiliki humas. Jenis penelitian adalah kualitatif-deskriptif yang memaparkan kegiatan komunikasi humas dalam memberikan informasi kepada publik. Peneliti menemukan adanya strategi komunikasi humas pemerintahan dalam memanfaatkan media sosial Instagram secara menyeluruh dibangdingkan media sosial lain yang dimiliki humas Jatim seperti Facebook, Twitter, Tiktok, Youtube.
Referensi
Ainun Nur, J. I. K., Anwar, M., Ramadhan, I. B., Mardiyanti, A. D., Nugroho, N. L., & Oktarina, R. A. (2022). Optimalisasi Media Promosi Objek Wisata Pantai Kutang Lamongan Jawa Timur. Prapanca : Jurnal Abdimas, 2(1), 51 - 60. https://doi.org/10.37826/prapanca.v2i1.287
Apriliyantini, P. (2019). Membangun Partisipasi Komunikan dalam Kegiatan Campus Social Responsibility (CSR). Spektrum Komunikasi.
Ardianto, E. (2008). Dasar-Dasar Public Relation. PT. Remaja Rosda Karya.
Ardianto, E. (2010). Metodologi Penelitian Untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Simbiosa Rekatama Media.
Ardianto, E., & Soemirat, S. (2010). Dasar-Dasar Public Relation. Remaja Rosdakarya.
Effendy, O. U. (2015). lmu, Komunikasi Teori dan Praktek Komunikasi. PT. Citra Aditia Bakti.
El Ishaq, R. (2017). Public Relations Teori dan Praktik. Intrans Publising.
Ismu Putra Herdrianto, Ilham Danu, M., Dwi Ardiansah, Y., Dwi Hermawan, N., Azhimi, F., & Ayu Oktarina, R. (2021). INDONESIA Media Promosi Budidaya Hasil Tambak Rumput Laut Samudera Hijau Dusun Tanjungsari Kecamatan Jabon Sidoarjo: INDONESIA. Prapanca : Jurnal Abdimas, 1(2), 1-7. https://doi.org/10.37826/prapanca.v1i2.187
Kristiyono, J., & Ida, R. (2019). Digital Etnometodologi: Studi Media dan Budaya pada Masyarakat Informasi di Era Digital. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/ettisal/article/view/3590/pdf_32
McKibben, D. G. (2021). Promoting Rigorous Research: Generalizability and Qualitative Research. Journal of Counseling and Development.
McQuail. (2011). Teori Komunikasi Massa. Salemba Humanika.
Munaf, Y. (2016). Hukum Administrasi Negara. Marpoyan Tujuh.
Napitupulu, P. (2012). Pelayanan publik & customer satisfaction prinsip-prinsip dasar agar pelayanan publik lebih berorientasi pada kepuasan dan kepentingan masyarakat. PT. Alumni.
Ratna Amina, N. W., Yunita K, Nur Aisyah K, Shoffiana DM, Allan KC, & M.Ade S. (2021). Strategi Komunikasi Pariwisata Pada Masyarakat Dan Pembudidayaan Ekosistem Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar. Prapanca : Jurnal Abdimas, 1(1), 22–28. https://doi.org/10.37826/prapanca.v1i1.133
Ruslan, R. (2003). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Raja Grafindo Persada.
Solve It Like A Marketer. (2020). 3 C’s Of Marketing | Kenichi Ohmae | Explanation, Opinion, & Analysis.
Sumaryadi. (2005). Efektivitas Impelmentasi Kebijakan Otonomi Daerah. Jakarta: Citra Utama.
Cutlip, S. M., Center, A. H., & Broom, G. M. (2006). Effective Public Relations. Prentice Hall International.
Gassing, S. S. (2016). Public Relations . Yogyakarta: Andi Offset.
Effendy, O. U. (1993). Human Relations dan Public Relations. Bandung: Mandar Maju .
Cutlip, S. M. (2016). Effective Public Relations. Jakarta : Kencana.
Ruslan, R. (2012). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada .
Gordon, J. J. (1990). Effective Public Relation. New York.
Suryanto, d. d. (2016). Public Relations . Yogyakarta: Andi Offset.
Adrianto, S. S. (2007). Dasar Public Relations . Bandung : Rosda.
Onggo, B. J. (2004). Cyber Public Relations. Jakarta: Elex Media Komputindo .
Mandibergh. (2012). Media Sosial. Bandung: Penerbit Simbiosa Rekatama Media.
Van, D. (2013). The Culture of Connectivity: A Critical History of Social Media. Oxford, UK: Oxford University Press.
Nasrullah, R. (2015). Media Sosial; Persfektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.


.jpg)

