Analisis Iklan Layanan Masyarakat Kemendikbud RI PTM Terbatas Bersama Mikha Tambayong

Penulis

  • Sulton Amin Stikosa-AWS
  • Athok Murtadhlo Stikosa - AWS

DOI:

https://doi.org/10.37826/digicom.v3i2.482

Kata Kunci:

Iklan, Semiotika, Mise An Scene, Pesan sosial

Abstrak

Iklan merupakan salah satu alat media komunikasi massa yang berperan dalam menyampaikan pesan kepada khalayak. Penelitian ini meneliti tentang sebuah iklan layanan masyarakat yang berjudul “ Kita Siap Belajar Optimal! (Iklan Layanan Masyarakat PTM Terbatas Bersama Mikha Tambayong)”. Iklan tersebut menggambarkan suatu keadaan bagaimana sistem pembelajaran di Indonesia selama pandemi Covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pesan sosial yang terkandung dalam iklan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Analisis Semiotik. Objek penelitian dan unit analisis pada penelitian ini adalah “mise an scene pada Iklan Layanan Masyarakat PTM terbatas  bersama Mikha Tambayong” dengan Analisis Semiotika Roland Barthes. Melalui penelitian dengan scene by scene, hasil analisis data dari penelitian ini adalah kita semua harus peduli terhadap kemajuan dan dan perkembangan anak-anak kita di sekolah, khususnya dimasa pandemi covid-19 yang mengakibatkan proses pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran secara online atau daring. Pesan sosial dari video Iklan Layanan Masyarakat ini adalah kita semua harus peduli terhadap berlangsungnya proses pembelajaran anak-anak di sekolah. khususnya guru, orang tua murid, dan pihak-pihak yang bertanggung jawab atas berjalannya suatu proses pembelajaran tatap muka di sekolah.

Referensi

Alex, S. (2003). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Anastacia, W. L. (2015). Representasi prinsip persuasi pada iklan layanan masyarakat sayang Bandung (Analisis semiotika Charles Sanders Peirce). Universitas Multimedia Nusantara.
Azizah, U. (2019). Makna Iklan Layanan Masyarakat Versi Ini# WaktunyaKita Produksi NET. TV: Analisis Semiotika Model Charles Sanders Peirce. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Bertens, K. (2001). Filsafat Barat Kontemporer Prancis. Gramedia Pustaka Utama.
Cangara, H. (2012). pengantar ilmu komunikasi. PT. Raja Grafindo Persada.
Faiqah, F., Nadjib, M., & Amir, A. S. (2017). Youtube sebagai sarana komunikasi bagi komunitas makassarvidgram. KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 259–272.
Fiske, jhon. (2011). Cultural and communication studies. Jalasutra. Fourqoniah, F., & Aransyah, M. F. (2020). Buku Ajar Pengantar Periklanan.
Penerbit Lakeisha.
Habsari, S. U. H. (2016). Analisa Semiotika Komunikasi Visual Iklan Layanan Masyarakat Lingkungan Hidup. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 3(2), 106–113.
Khomsahrial, R. (2016). komunikasi massa. PT. Grasindo.
Kotler, P. (2001). Manajemen Pemasaran edisi milenium. In Jakarta: Prenhallindo. PT. Prenhalindo.
Kriyantono, R. (2009). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Kencana Prenada Media Grup.
Kriyantono, R. (2013). Manajemen Periklanan: Teori dan Praktik. Universitas Brawijaya Press.
Kriyantono, R. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Kencana Prenada Media Grup.
Kurniawan. (2001). Semiologi Roland Barthes. Indonesiatera.
Kuswandi, W. (2008). komunikasi massa analisis interaktif budaya massa. PT. Rineka Cipta.
Latief, R. (2015). Siaran televisi non drama: Kreatif, produktif, public relations, dan iklan. PT. Adhitya Andrebina Agung.
Mulyana, D. (2014). Ilmu komunikasi suatu pengantar. Remaja Rosdakarya.
Nurudin. (2014). Pengantar Komunikasi Massa. PT. Raja Grafindo Persada.
Nurudin. (2016). Ilmu Komunikasi Ilmiah dan popular. PT. Raja Grafindo Persada.
Pratista, H. (2008). Memahami Film (1 ed.). Homerian Pustaka RajaGrafindo Persada.
Pujianto. (2013). Iklan Layanan Masyarakat. CV. Andi Offset. Riswandi. (2009). Ilmu komunikasi. Graha Ilmu.
https://books.google.co.id/books?id=mkShAQAACAAJ
Santoso, H. (2015). Upaya meningkatkan minat dan budaya membaca buku melalui iklan layanan masyarakat. Library. um. ac. id,(1), 1–19.
Sobur, A. (2009). Analisis Teks Media: Suatu Pengantar Analisis Wacana, Analisi Semiotik, Dan Analisis Framming. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Soekanto, S. (2005). Buku Sosiologi Suatu Pengantar (baru, Ceta). PT. Raja Grafindo Persada.
Suparto. (1987). Sosiologi dan antropologi (jilid 1). CV Armico. Sutaryo. (2005). Sosiologi komunikasi. Arti Bumi Intaran.
Tinarbuko, S. (2009). Semiotika komunikasi visual. Jalasutra. Tommy, C. (2004). Semiotika Budaya (1 ed.). Universitas Indonesia. Vera, N. (2014). Semiotik dalam Riset Komunikasi. Ghalia Indonesia.
Widyatama, R. (2007). Pengantar periklanan. In Yogyakarta: Pustaka Book Publisher. Pustaka Book Publishes.

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-20

Terbitan

Bagian

Articles