Personal Branding Sisca Kohl Di Akun TikTok @Siscakohl

Penulis

  • Yhola Putri Dwi Amanda Stikosa-AWS
  • Edelweis Putri Prima Stikosa - AWS

DOI:

https://doi.org/10.37826/digicom.v3i2.483

Kata Kunci:

Personal branding, influencer, Tiktok, analisis isi, five brand personality traits

Abstrak

Branding adalah proses umum yang dilakukan di dunia pemasaran. Pemasaran branding digunakan untuk membedakan suatu produk sehingga terdapat pembeda untuk memunculkan ciri khasnya, hal tersebut akan mempermudah khalayak untuk mengingatnya. Personal branding adalah kegiatan yang dilakukan seseorang guna menimbulkan tanggapan positif dari khalayak. Hal itu dapat terjadi tergantung bagaimana seseorang membangun personal branding dirinya, oleh sebab itu personal branding sangat penting untuk seseorang yang ingin diakui oleh publik. Penelitian ini membahas tentang Bentuk Personal Branding Sisca Kohl Sebagai influencer di Media Sosial Tiktok. Tiktok saat ini adalah media sosial yang digunakan secara personal untuk mengekspresikan diri serta menjadi media untuk melakukan personal branding. Penelitian ini mengacu pada teori Five Brand Personality Traits. Ada lima skala dimensi brand personality dengan lima belas indikator yaitu sincerity (down-to-earth, honest, wholesome, cheerful), excitement (daring, spirited, imaginative, up to date), competence (reliable, intelligent, successful), sophistication (upperclass, charming), dan ruggedness (outdoorsy, though) dan kategori konten kekayaan dengan dua indikator video dan caption. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan akun Tiktok @siscakohl memenuhi lima skala dimensi Five Brand Personality Traits dengan proporsi yang berbeda. Dari lima skala dimensi brand personality, kategori Sincerity (ketulusan) mendominasi karakter yang membentuk personal branding Sisca dengan persentase sebesar 26,4%. Selain itu, hasil analisis pada kategori konten kekayaan menunjukkan bahwa akun Tiktok @siscakohl merupakan sarana untuk membentuk personal branding sebagai konten kreator karena Sisca konsisten dengan ciri khasnya dalam membuat konten dengan benda yang unik dan cheerful.

Referensi

Aaker, David A. (2012). Building Strong Brand. UK: Simon & Schuter.
Davey, L. (2016). The History and Evolution of Marketing Influencers. Tintup. https://www.tintup.com/blog/history-evolution-marketing-influencers/. Diakses tanggal 30 Maret 2022.
Eriyanto. (2011). Analisis Isi: Pengantar Metodelogi Untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Prenamedia Grup.
Haroen, Dewi. (2014). Personal Branding: Kunci Kesuksesan Berkiprah di Dunia Politik. Jakarta: Gramedia.
Hoetomo, M.A. (2005). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Mitra Pelajar.
Holsti, Ole R. (1970). Content Analysis for the Social Science and Humanities. Influencer Marketing Hub. What is an influencer?. https://influencermarketinghub.com/what-is-an-influencer/ diakses tanggal 11 Agustus 2022.
Kapferer, Jean N. (2012). The New Strategic Brand Management: Advance Insight and Strategic Thinking. London: Kogan Page.
Kartajaya, Hermawan. (2009). New Wave Marketing: The World is Still Round, The Market is Already Flat. Jakarta: Gramedia Pustaka
Kotler, P. dan Amstrong, Gary. (2006). Principles of Marketing. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Kriyantono, Rachmat. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta Kencana.
Labrecque L. Markos, Ereni, dan Milne, George R. (2011). Online Personal Branding: Processes, Challenges, and Implications. Journal of Interactive Marketing Vol. 25. USA.
Marizka, Dwi Prasetyo. 2022. “Brain Coffee” Marketing Communication Strategy s Through Instagram Social Media, 2(1),1-7 .
McNally, David dan Speak, Kart D. (2009). Be Your Own Brand. Jakarta: Gramedia.
Montoya, Peter dan Tim Vandehey. (2004). Strategic Personal Branding. Mumbai: Jaico Publishing House.
Montoya, Peter dan Tim Vandehey. (2009). The Brand Called You. New York:McGraw Hill.
Nabila, F. 2021. Profil dan Biodata Sisca Kohl, Seleb TikTok yang Celengannya Ratusan Juta. https://www.suara.com/entertainment/2021/03/21/092520/profil-dan- biodata-sisca-kohl-seleb-tiktok-yang-celengannya-ratusan-juta?page=all diakses tanggal 15 Juli 2022.
Pattipeilohy, Ether Meilany. (2015). Citra Diri dan Popularitas Artis. Jurnal Kajian Komunikasi, Vol 3, 22-23.
Stevani dan Widayatmoko. (2017) Kepribadian Dan Komunikasi Susi Pudjiastuti Dalam Membentuk Personal Branding, Jurnal Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara,Vol. 9, 65-73.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyanto, M. (2004). Aplikasi Desain Grafis untuk Periklanan. Yogyakarta: Andi.
Umar, Husein. (2002). Metodelogi Penelitian. Untuk skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada Utama. West Virginia University. What is IMC? https://imc.wvu.edu/about/what-is-imc diakses tanggal 30 Maret 202

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-20

Terbitan

Bagian

Articles