Strategi Komunikasi Publik Humas Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dalam Meningkatkan Reputasi Di Masyarakat

Penulis

  • Ismojo Herdono Universitas Ciputra Surabaya
  • Dzaki Makarim Universitas Ciputra Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.37826/digicom.v3i3.560

Kata Kunci:

Komunikasi publik, humas, strategi komunikasi, reputasi, masyarakat

Abstrak

Bupati Sidoarjo, Muhdlor Ali, tentu agar reputasi Kabupaten Sidoarjo dipandang baik oleh masyarakat maka membutuhkan peranan humas. Humas memiliki peran antara lain sebagai jembatan atau penghubung antara pihak internal dengan eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi humas Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dalam meningkatkan reputasi di masyarakat. Teori yang digunakan adalah strategi komunikasi, komunikasi publik, humas, dan reputasi. Menurut Rogers sebagaimana yang dikutip oleh Hafied Cangara, strategi komunikasi dapat diartikan sebagai suatu rencana yang dibangun dengan tujuan untuk mengubah perilaku manusia dalam jumlah yang besar melalui perpindahan gagasan-gagasan yang baru. Komunikasi publik dapat diartikan sebagai saling bertukar informasi atau pesan dengan beberapa orang yang berada dalam maupun di luar sebuah organisasi, baik secara langsung atau tidak langsung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuasi-kualitatif, yakni pendekatan yang tidak murni kualitatif atau belum kualitatif secara hakikat dikarenakan secara bentuk pendekatan ini masih terpengaruhi oleh kebiasaan-kebiasaan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data serta metode penelitian dalam penelitian ini dibagi menjadi dua, yakni menyangkut wawancara, dan data-data dari dokumentasi. Sementara keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menampakkan strategi komunikasi Humas Pemkab Sidoarjo ialah melalui komunikasi eksternal, internal, vertikal, horizontal, dan diagonal. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Humas Pemkab Sidoarjo melalui pemanfaaatan dan penggunaan media penyebaran informasi ke publik, kualitas sumber daya manusia, dan pembentukan reputasi yang kurang maksimal. Guna merealisasikan tujuan Humas Pemkab Sidoarjo dalam meningkatkan reputasi di masyarakat maka dibutuhkan keaktifan pemanfaatan media baik massa maupun sosial, perbaikan kualitas SDM, dan koordinasi antar dinas.

Referensi

Ariati, Y. (2017). Analisis Kapital Sosial Dalam Komunikasi Internal Guna Membangun Reputasi ( Studi Pada Sekolah Tinggi XYZ ). Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Bisnis, 3(1), 1–14.
Bungin, B. (2020). POST-QUALITATIVE SOCIAL RESEARCH METHODS: Kuantitatif-Kualitatif-Mixed Methods. Prenada Media Group.
Bungin, B., & Irwanti, M. (2022). QUALITATIVE DATA ANALYSIS: Manual Data Analysis Procedure (MDAP) (1st ed.). Prenada Media.
Candra, A. K., & Prasetyo, D. (2022). Strategi Komunikasi Promosi Pariwisata Daerah Oleh Duta Wisata Ikon Cak dan Ning Surabaya. DIGICOM: Jurnal Komunikasi dan Media, 2(1), 93-100. DOI: https://doi.org/10.37826/digicom.v2i1.286
Cangara, H. (2013). PERENCANAAN & STRATEGI KOMUNIKASI (1st ed.). Perpustakaan Nasional: Katalog dalam terbitan (KDT).
Creswell, J. W. (2017). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed (Edisi Ketiga) (3rd ed.). Pustaka Pelajar.
Cristian I.R. Rengkung, TAMPI, G. B., & LONDA, V. Y. (2021). KOMUNIKASI PUBLIK PEMERINTAH KOTA MANADO DALAM PENANGANAN COVID-19. Komunikasi Publik Pemerintahan Kota Manado Dalam Penanganan Covid-19, 7(102), 26–36.
Doorley, J., & Garcia, H. F. (2015). Reputation Management: The Key to Successful Public Relations and Corporate Communication (3rd ed.). Routledge Taylor & Francis Group.
Guzman, K. C., & Oktarina, N. (2018). STRATEGI KOMUNIKASI EKSTERNAL UNTUK MENUNJANG CITRA LEMBAGA. Economic Education Analysis Journal. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj
Herika, D., & Ruliana, P. (2018). PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBINA HUBUNGAN DENGAN MEDIA. INTER KOMUNIKA: JURNAL KOMUNIKASI, 14.
Jatim, D. (2022). PROFIL JAWA TIMUR. DINAS KOMINFO PROVINSI JAWA TIMUR. https://jatimprov.go.id/profile#:~:text=Jumlah penduduknya pada tahun 2010,Kota Surabaya sebagai ibukota provinsi.
Junaid, I. (2016). ANALISIS DATA KUALITATIF DALAM PENELITIAN PARIWISATA. Journal Pariwisata, 10.
Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah. (2022). Daftar Provinsi, Kabupaten, dan Kota di Indonesia (Juni 2018). KPPOD. https://www.kppod.org/aktualita/view?id=28
Kurnia, I. H., Santoso, D., & Rahmanto, A. (2013). STRATEGI HUMAS DALAM MENINGKATKAN REPUTASI SEKOLAH (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Surakarta). Jupe-Jurnal Pendidikan Ekonomi UNS, 1, 15.
Lani, O. P., & Handayani, B. (2021). Peranan Humas Pemerintahan ( Government Public Relations ) dalam Menciptakan Reputasi Pemerintahan yang Baik. 130–141. https://doi.org/10.30656/lontar.v9i2.4071
Lubis, E. E. (2012). Peran Humas Dalam Membentuk Citra Pemerintah. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 12(1), 51–60.
Maarif, Z. (2015). Retorika: Metode Komunikasi Publik (P. R. Persada (ed.)).
Mardiyanti, A. D., & Oktarina, R. A. (2023). Strategi Humas Pemprov Jatim Dalam Membangun Citra Pemerintahan Melalui Media Digital. DIGICOM: Jurnal Komunikasi dan Media, 3(2), 101-106. https://doi.org/10.37826/digicom.v3i2.475
Nurdiansyah, M. I., Prima, E. P., & Wulandari, A. A. (2022). Peran Public Relations Lembaga Amil Zakat LMI Meningkatkan Brand Image. DIGICOM: Jurnal Komunikasi dan Media, 2(4), 38-46. https://doi.org/10.37826/digicom.v2i4.381
Ramadani, T. (2019). Pengelolaan Komunikasi Publik. Jurnal Good Governance, 15(1), 10–27. https://doi.org/10.32834/gg.v15i1.42
Ruliana, P. (2014). Komunikasi Organisasi: Teori dan Studi Kasus. Rajawali Pers.
Rusdiana. (2021). Etika Komunikasi Organisasi: Filosofi, Konsep, dan Aplikasi (M. P. Mr. Murhadi, Ss. & M. P. Tresna Nurhayati (eds.)). Pusat Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Sari, B. W. (2012). Humas Pemerintah. Graha Ilmu.
Sidoarjo, D. K. & I. (2018). Membangun Daerah Lebih Maju. Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Sidoarjo. http://diskominfo.sidoarjokab.go.id/
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (3rd ed.). Alfabeta.
Suprawoto. (2018). Government Public Relations: Perkembangan dan Praktik di Indonesia. Prenada Media.
Suryadi, E. (2020). Strategi Komunikasi: Sebuah Analisis Teori dan Praktis di Era Global. PT. Remaja Rosdakarya.

Syarief, I. S. (2021). Gus Muhdlor Bupati Sidoarjo Terima Penghargaan Pemimpin Perubahan Dari Kementerian PAN-RB. Kelana Kota Suara Surabaya. https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2021/gus-muhdlor-bupati-sidoarjo-terima-penghargaan-pemimpin-perubahan-dari-kementerian-pan-rb/
Utomo, N. S. (2015). Manajemen Komunikasi Eksternal ( Manajemen Komunikasi Pt . Semen Indonesia ( Persero ) Tbk Dalam Proses Pembangunan Pabrik Semen Di Desa Tegaldowo Kecamatan Gunem Kabupaten Rembang ). Manajemen Komunikasi Eksternal 63, 7(2), 63–67.
Widodo, A., & Permatasari, D. A. (2020). Strategi Komunikasi dalam Program Bekasi Smart City. ETTISAL : Journal of Communication, 5(1). https://doi.org/10.21111/ejoc.v5i1.3454

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-10

Terbitan

Bagian

Articles