The Influence of Instagram Analogue Surabaya on the Interest of Analogue Camera Followers

Penulis

  • Adam Zakaria Stikosa - AWS
  • Moch. Subechi Nurcahyo Stikosa-AWS

DOI:

https://doi.org/10.37826/digicom.v3i4.595

Kata Kunci:

new media, photography, analogue camera, uses and gratification theory

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh akun instagram @analog surabaya terhadap minat fotografi menggunakan kamera analog pada followers. Teori yang digunakan adalah teori uses and gratification. Teori ini menjelaskan tentang sifat khalayak yang aktif dalam mengkonsumsi media sehingga mereka dapat selektif dalam memilah milah pesan media yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan audiensi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Dengan menggunakan kuisioner dalam mengambil kesimpulan data. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti menarik kesimpulan bahwa adanya pengaruh akun instagram @analog surabaya terhadap minat fotografi menggunakan kamera analog pada followers. Koefisien korelasi sebesar 0,713 dengan kecenderungan pengaruh sebesar 22,7%. Kebutuhan audiensi pada penelitian ini adalah kebutuhan literasi tentang fotografi khususnya kamera analog yang dipengaruhi oleh akun instagram @analog surabaya sebesar 22,7%.

Referensi

Adams, A. (1999). Photographs of the Southwest. New York Graphic Society.
Ang, Robert. (2005). Buku Pintar: Pasar Modal Indonesia. Media Soft Indonesia.
Atmoko, B. . (2012). Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Media Kita.
Bull, Stephen. (2010). “Photography: Routledge Introductions to Media and. Communication.”London : Routledge
Bungin, B. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-ilmu Sosial lainnya. Kencana Prenada Media Group.
Darmawan, Y. S., & Wikayanto, A. (2018). Tren Kamera Analog Instan di Kalangan Remaja
Dwi Prasetyo (2023) Identity and digital communication: Concepts, theories, practices, The Social Science Journal, DOI: 10.1080/03623319.2023.2267369
Indonesia. REKAM: Jurnal Fotografi, Televisi, Dan Animasi, 14(2), 97–106.
Hastjarjo, S. (2011). New Media: Teori dan Aplikasi. Lindu Pustaka. Ibid. (2003). Pengantar Ilmu Komunikasi. Universitas Terbuka.
Kaplan, & HaenLein, M. (2010). User Of The World, Unite! The Challenges and Opportunities Of Social Media. Business Horizons.
Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. PT. Kencana Perdana. Kriyantono, R. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Kencana Prenada Media Group. Langford, M. J. (2000). Basic Photography (7th ed.). Focal Press.
Lister, Martin. (2009). New Media: A Critical Introduction. London & New York: Routledge. Luik, J. E. (2015). Media Sosial dan Presentasi Diri. Universitas Kristen Petra.
Putri, E. (2013). Aplikasi Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online Shop.
Rulli, N. (2017). Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Remaja Rosda Karya. Saputri Utama, S. (2012). Komunitas Kamera Analog Jogjakarta ( KAJ ) Dalam Melestarikan
Penggunaan Fotografi Kamera Analog. Komunikasi Penyiaran.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuntitatif, Kulitatif dan R&D. Alfabeta.
Tantyo, S. (2005). Basic Photography. Pustaka baru press.

Diterbitkan

2023-11-17