Motif Menggunakan Media Sosial Threads di Kalangan Mahasiswa Kota Surabaya

Penulis

  • Muhammad Daffa Firdauzan Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Almamater Wartawan Surabaya
  • Supriadi Supriadi Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Almamater Wartawan Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.37826/digicom.v4i1.775

Kata Kunci:

Motif, Media Sosial, Threads

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui motif apa yang mendorong individu untuk mengakses sebuah media sosial Threads dikalangan mahasiswa Kota Surabaya. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 273.229 dengan sampel penelitian adalah 100 responden. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori uses & gratification. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dan menggunakan teknik pengambilan sampel non probability sampling dengan menggunakan purposive random sampling. Teknik analisis dalam penelitian ini merupakan teknik analisis univariat dengan melakukan tabulasi sederhana terhadap hasil kuisioner yang telah di isi oleh responden, data yang diperoleh selanjutnya di tampilkan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi. Dalam penelitian ini menggunakan teori motif penggunaan media dari Papacharissi dan Rubin diantaranya Motif Interpersonal Utility, Motif Pass Time, Motif Seeking Information, Motif Entertainment, dan Motif Convenience. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa Motif Interpersonal Utility memiliki skor rata-rata 3,03, untuk Motif Pass Time memiliki skor rata-rata 3,34 selanjutnya Motif Seeking Information mendapat skor 2,92, Motif Entertainment mendapat skor 3,23, dan Convenience sebanyak 3,18.

Referensi

Azwar, S. (2010). Metode Penelitian. Pustakapelajar.

Dana P. Turner. (2020). Sampling Methods in Research Design. American Headache Society. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/head.13707

Daniswara, W. (2023, September). Indonesia Jadi Negara dengan Penggunaan Internet di HP Tertinggi di Dunia. Tribunnews.Com. https://www.tribunnews.com/techno/2023/09/04/indonesia-jadi-negara-dengan-penggunaan-internet-di-hp-tertinggi-di-dunia

Elad, B. (2023). Threads App Statistics By Demographics, Sign-Ups, User Growth, Revenue, History, Top Influencers. Enterprise Apps Today. https://www.enterpriseappstoday.com/stats/threads-app-statistics.html#google_vignette

Fajri, R. (2023). Angka Pengguna Harian Threads Terus Menurun. Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/weekend/602436/angka-pengguna-harian-threads-terus-menurun

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hidayat, M. (2023, September). Pengguna Threads Terus Menurun, Ini Penyebabnya. Liputan 6. https://www.liputan6.com/tekno/read/5386873/pengguna-threads-terus-menurun-ini-penyebabnya?page=4

Kriyantono, R. (2008). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Kencana Prenada Media Grup.

Nasrullah, R. (2014). Teori dan Riset Media Saber. Kencana Grup.

Nurudin. (2007). Pengantar Komunikasi Massa. PT. Rajagrafindo Persada.

Papacharissi, Z., & Rubin, A. M. (2000). Predictors of internet use. Journal of Broadcasting and Electronic Media, 44(2), 175–196. https://doi.org/10.1207/s15506878jobem4402_2

Ramadha. (2009). Manajemen Mutu Berbasis Sekolah. Sarana Panca Karya Nusa.

Rubin, S. (2023, September 26). The Pro & Cons of Meta’s Threads: Do We Really Need Another Social Media Platform? Rebel Interactive. https://rebelinteractivegroup.com/blog/the-pros-cons-of-metas-threads/

Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

We Are Social. (2023). DIGITAL: INDONESIA 2023. In PT We are social Indonesia. https://wearesocial.com/id/blog/2023/01/digital-2023/

West, Richard dan Turner, L. (2017). Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi. Salemba Humanika.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-31