Strategi Komunikasi Pemasaran Kedai Kopi Tambora Surabaya Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung
DOI:
https://doi.org/10.37826/digicom.v4i1.776Kata Kunci:
Strategi Komunikasi Pemasaran, Kedai Kopi, Jumlah PengunjungAbstrak
Coffee shop menjadi perbincangan dimasyarakat yang menjadi daya tarik sebuah kedai kopi modern. Coffe shop menjadi tempat bersosialisasi bagi siapa saja yang ingin mendapatkan suasana yang santai untuk berdiskusi maupun hanya untuk bertegur sapa tidak pernah tertinggal oleh zaman. Kopi merupakan salah satu minuman yang terbuat dari rempah-rempah yang menjadi minuman favorit di seluruh dunia. Kedai kopi modern menjadi topik pembicaraan di masyarakat dan menarik perhatian banyak orang. Saat ini bisnis dibidang toko kopi telah berkembang dengan konsep penjualan dan penyajian yang menarik, mulai dari desain tempat hingga menu yang ditawarkan. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan narasumber, observasi serta didukung oleh data berupa dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa komunikasi pemasaran yang terapkan oleh Kedai Tambora yaitu melalui pemasaran yang dilakukan menggunakan media sosial instagram milik Kedai Tambora itu sendiri maupun dengan melakukan pemasaran melalui promosi berbayar dengan salah influencer di surabaya.
Referensi
Azwar, Saifuddin. (2009). “Metode Penelitian.” Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Elvina, Ardianto. (2004). “Komunikasi Massa: Suatu Pengantar.” Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Effendy, Onong Uchyana. (2011). “Ilmu Komunikasi: Teori Dan Prakteknya.” Bandung: Remaja Rosdakarya.
Firmansyah, M. Anang. (2020). “Komunikasi Pemasaran.” Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.
Kennedy, John E, And R. Dermawan Soemanagara. 2012. “Marketing Communication: Taktik Dan Strategi.” Jakarata: PT Buana Ilmu Populer.
Kotler, Philip. 2012. “Manajemen pemasaran diterjemahkan oleh natalia ruth sihandrrini.” Jakarta: Bhuana ilmu populer.
Kotler, Philip., & Kevin Line Keller. 2012. “Manajemen Pemasaran Edisi 12.” Jakarta: Erlangga.
Rulli, Nasrullah. 2017: “Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya Dan Sosioteknologi.” Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Adhianti, A. A., & Herlinda, H. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran 7P Pengelola Museum Sejarah Jakarta Dalam Upaya Meningkatkan Daya Tarik Wisatawan Mancanegara. Scriptura, 10(1), 34–42.
Alfajri, M. F., Adhiazni, V., & Aini, Q. (2019). Pemanfaatan Social Media Analytics Pada Instagram Dalam Peningkatan. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 34.
Aziz, A. (2020). PERSONAL SELLING SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA PT GRAHITA INDONESIA (Studi Kasus Pada Grahita Indonesia Cabang Tangerang Selatan). Jurnal AKRAB JUARA, 5(November), 103–118.
Endri, E. P., & Prasetyo, K. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Kopi Kawa Daun Tanah Datar dalam Membangun Brand Awareness. Jurnal Audiens, 2(1).
Isaak, L. L., & Setiawan, K. (2024). Personal Selling PT . Telkom Caringin Melalui Komunikasi Persuasif Dalam Peningkatan Penjualan Produk IndiHome. 3, 1265–1285.
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(1), 1–10.
Nuslih Jamiat 1, & Cahyadi Supyansuri 2. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Pada UMKM Sukapura Dayeuhkolot Kabupaten Bandung. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 6(1), 1–15.
Pradatha, K., & Muksin, N. N. (2021). Komunikasi Pemasaran Secara Persuasif Melalui Infografis Pada Instagram Ethis.Co.Id. Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik Dan Komunikasi Bisnis, 5(1), 29.
Priyo, S., & Sri, S. D. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Shopee Dalam Membangun Positioning Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 16–29.
Putri, A. H., & Retnasary, M. (2020). Jurnal Politikom Indonesiana : Strategi Komunikasi Marketing dalam Menarik Minat Pengunjung Ujung Berung Town Square. Jurnal Politikom Indonesiana, 5(1), 196–202.
Rumondang, A., Sudirman, A., Sitorus, S., Kusuma, aditya H., Manuhutu, M., Sudarso, A., Simarmata, J., Hasdiana, D., Tasnim, T., & Arif, nina F. (2020). Pemasaran Digital dan Perilaku Konsumen.
Romadona, Rahma Mia. 2012. “Perluasan Brand Sebagai Strategi Branding Peningkatan Reputasi Rumah Sakit” Universitas Gadjah Mada: Yogyakarta.
Samudra, R. G. (2019). SISTEM INFORMASI DAN PENGENDALIAN INTERNAL “ Implementasi Sistem Informasi pada PT Unilever Indonesia Tbk .”
Sari, A. M., & Aslami, N. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Asuransi Syariah. Transformasi Manageria: Journal of Islamic Education Management, 2(1), 57–72.
Syaifuddin, A. A., & Al-Fiyah, T. (2022). Implementasi Intergrated Marketing Communication dalam Menunjang Pemasaran dan Brand Equity BMT Mandiri Artha Sejahtera Jawa Timur. Juornal of Economics and Policy …, 03(02), 37–51.
Zahrahast, C. W., Kartiwa, A., & Ginanjar, Y. (2022). Analysis Of Marketing Communications in Building Brand Awareness at Distro Madman Wear Sumedang. Sintesa, 13(1), 59–69.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 DIGICOM : Jurnal Komunikasi dan Media

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


.jpg)

