KOMODIFIKASI TUBUH PEREMPUAN DALAM IKLAN JUDI ONLINE DI INSTAGRAM

Penulis

  • Angger Prasetyo Prasetyo Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Almamater Wartawan Surabaya
  • Jokhanan Kristiyono Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Almamater Wartawan Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.37826/digicom.v4i2.793

Kata Kunci:

Komodifikasi, Judi Online, Iklan Instagram

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh iklan judi online yang ada di media sosial instagram dengan memperlihatkan dominasi sosok perempuan menjadi objek komodifikasi. Dalam iklan tersebut sosok perempuan ditampilkan dengan berpakain bikini dan menunjukan unsur sensualitas perempuan, hal tersebut dapat mengakibatkan ketidaksetaraan gender antara laki-laki dan perempuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana bentuk komodifikasi perempuan terjadi dalam iklan judi online di instagram. Penelitian ini merupakan studi kualitatif = dengan menggunakan metode analisis wacana kritis model Sara Mills yang mempunyai dua konsep dasar yaitu Posisi Subjek-Objek dan Posisi Pembaca atau bisa disebut posisi penonton. Objek yang akan diteliti adalah iklan judi online di media sosial instagram. Hasil penelitian menunjukkan perempuan sering ditampilkan sebagai subjek, tokoh yang menceritakan dirinya sendiri sebagai subjek untuk menarik penonton. Hal ini ditunjukan dengan memperlihatkan bagaimana tubuh perempuan digunakan sebagai objek semata-mata untuk menarik minat pria dalam bermain judi online. Konsep tubuh perempuan dalam komodifikasi merupakan gejala yang sering kita temui dalam iklan, tubuh perempuan diumpamakan sebagai salah satu komodifikasi yang memiliki nilai jual. Sebagai komoditas, tubuh yang dapat dikonversikan adalah konsep tubuh dan modal fisik, yang dimana dapat dikonversikan menjadi modal ekonomi, budaya dan sosial.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian (Suatu pendekatan Praktek). Jakarta: Rineka Cipta.

Prabasmoro, Aquarini Priyatna, (2006), Kajian Budaya Feminis Tubuh, Sastra, dan Budaya Pop, Yogyakarta dan Bandung: Jalasutra.

Hadji, R., Nurdin, N., & Ismail, L. (2020). Persepsi Sosial Terhadap Komodifikasi Tubuh Perempuan (Studi Kasus Sales Promotion Girl Di Mall Ratu Indah Makassar). Aksiologi: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(1), 44-55.

Syamsudin. (2006). Eksploitasi Wanita dalam Perspektif Kapitalis. E-jurnal Egalita. 1 (2): 20-40.

Skinner, T., Hester, M., Malos, E. (Eds.). (2013). Reserching gender violence. Routledge.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-24

Terbitan

Bagian

Articles