Strategi Radio Republik Indonesia Surabaya Menarik Minat Pendengar Dalam programa 4 Tanjung Perak

Penulis

  • Asri dinda Septya Kumala Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Almamater Wartawan Surabaya
  • Athok Murtadlo Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Almamater Wartawan Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.37826/digicom.v4i2.795

Kata Kunci:

Strategi RRI Surabaya, Minat Pendengar, Analisis SWOT

Abstrak

Identifikasi masalah dalam penelitian ini merupakan bagaimana strategi Radio Republik Indonesia (RRI) Surabaya menarik minat pendengar dalam Programa 4 Tanjung Perak?. Identifikasi masalah tesebut lalu di jabarkan kembali dengan pembahasan secara detil dalam beberapa rumusan masalah yaitu bagaimana strategi Radio Republik Indonesia Surabaya menarik minat pendengar dalam Programa 4 Tanjung Perak. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang menggunakan pendekatan komunikasi massa. Peserta penelitian ini termasuk kepala bagian tata usaha, kepala divisi Programa 4 Tanjung Perak, penyiar Programa 4 Tanjung Perak, dan pendengar Programa 4 Tanjung Perak. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siaran Programa 4 Tanjung Perak merupakan siaran yang berisi tentang budaya lokal, yang ditransmisikan dalam bentuk kesenian melalui musik, alat musik tradisional dan pesan-pesan para budayawan. Radio merupakan sarana media digital untuk menyebarkan informasi sedangkan Progama 4 Tanjung Perak berperan sebagai bentuk pesan yang kemudian  menjadi perantara antara menyebarkan informasi dengan penerima informasi mengenai budaya lokal. Strategi Radio Republik Indonesia (RRI) Surabaya untuk menarik  pendengar adalah dengan menggunakan strategi pemasaran.

Referensi

Bangin, M. B. (2008). Sosiologi Komunikasi (Vol. 3). Kencana.

Firdaus, A. (2022). View of EVOLUSI RADIO REPUBLIK INDONESIA (RRI) SEBAGAI SITUS MEDIA INFORMASI TERTUA DAN EKSISTENSINYA DI MASA MODERN. http://journal.sinov.id/index.php/juitik/article/view/347/276

Firdaus, A. (2023). View of Strategi Radio Republik Indonesia (RRI) Makassar Mempertahankan Minat Pendengar Di Era Digital. http://www.jurnal.ugp.ac.id/index.php/SaraqOpat/article/view/609/483

Khasna, L., & Ismandianto. (2021). View of Konvergensi Radio dalam Mempertahankan Eksistensi di Era Digital dan Covid-19. https://jurnalrisetkomunikasi.org/index.php/jrk/article/view/215/90

M.A, M. (2018). Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi Ed. Revisi - Morissan, M.A. - Google Books. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=3qbJDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=media+penyiaran&ots=Rm8dVj_i1I&sig=sSO9w1BO7o_cH3vFGWWbr2PhuyE&redir_esc=y#v=onepage&q=media penyiaran&f=false

Maharani, D. (2021). Strategi Rri (Radio Republik Indonesia) Palembang Mempertahankan Minat Pendengar Di Era Digitalisasi Penyiaran. Publikasi Penelitian Terapan Dan Kebijakan. https://doi.org/10.46774/pptk.v4i1.334

Masduki. (2001). Jurnalistik Radio. LKIS.

Rahayu, T. Y., & Dewi Katili, K. R. (2019). Strategi Program Radio Dalam Mempertahankan Eksistensinya. Makna (Jurnal Kajian Komunikasi, Bahasa, Dan Budaya), 4(1), 139–153. https://doi.org/10.33558/makna.v4i1.1677

Sudharma Putra, I. B. (2018). Sosial Control : Sifat Dan Sanksi Sebagai Sarana Kontrol Sosial. Vyavahara Duta, 13(1), 27–32. https://doi.org/10.25078/vd.v13i1.529

Vivian. (2008). Teori Kmunikasi. Kencana.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-30

Terbitan

Bagian

Articles