Retorika Errol Jonathans Dalam Membangun Corporate Image Radio Suara Surabaya (Analisis Isi Video Pada Kanal Youtube TEDx Talks Edisi Tugu Pahlawan)
DOI:
https://doi.org/10.37826/digicom.v4i2.799Kata Kunci:
Citra Perusahaan, Retorika, Suara Surabaya, Errol JonathansAbstrak
Penelitian tentang aktivitas komunikasi dari tokoh publik, agama, politik, pebisnis maupun orator lainnya yang menjadi representasi kelompok, organisasi maupun perusahaan tertentu telah banyak dikaji, namun fenomena komunikasi dari seorang pimpinan perusahaan khususnya pada industri media sangat minim disorot sebagai objek penelitian untuk dijadikan pembelajaran. Peneliti melakukan analisa terhadap video retorika Errol Jonathans dalam membangun corporate image Suara Surabaya pada kanal Youtube TEDx Talks edisi Tugu Pahlawan. Peneliti menggunakan metode analisis isi untuk mendeskripsikan elemen yang cenderung ditonjolkan Errol Jonathans dalam membangun citra perusahaan. Penelitian ini berfokus menganalisis isi teks yang diucapkan dalam video retorika Errol Jonathans. Penelitian ini menggunakan unit analisis tema yang diambil dari gagasan setiap paragraf. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya empat kategori pembangun citra perusahaan yakni; kepribadian, reputasi, nilai dan identitas perusahaan. Peneliti mendeskripsikan bentuk kaidah retorika ethos, pathos, logos yang termuat dalam presentasi Errol Jonathans. Hasil dalam penelitian ini adalah Errol Jonathans cenderung menonjolkan kategori kepribadian dan reputasi perusahaan dalam membangun corporate image. Frekuensi kemunculan pernyataan tentang kepribadian perusahaan sebesar (59,37%), reputasi (28,12%) kemudian aspek nilai-nilai dan identitas perusahaan memiliki skor sebesar (6,25%). Presentasi Errol memuat aspek ethos, pathos dan logos konsep yang dikemukakan Aristoteles sebagai seni untuk mempersuasi khalayak.
Referensi
Afida, H. N. (2017). Errol Jonathans Sebagai Tokoh Media Lokal Jawa Timur (Studi Eksploratif pada Kiprah dan Pemikiran Errol Jonathans di Radio Suara Surabaya FM) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).
Aristoteles. (2018). Retorika (Terjemahan W.Rhys Roberts). Yogyakarta. BASABASI.
Dewi, F.U. (2019). Public Speaking Kunci Sukses Bicara di depan Publik Teori & Praktik. Yogyakarta. Pustaka Belajar.
Eriyanto. (2011). Analisis isi: Pengantar metodologi untuk penelitian ilmu komunikasi dan ilmu-ilmu sosial lainnya. Kencana
Maarif, Z. (2019). Retorika Metode Komunikasi Publik. Depok. PT. Rajagrafindo Persada.
Mulyana, D. (2014). Ilmu Komunikasi : Suatu Pengantar. Jakarta. PT. Remaja Rosdakarya.
Rachmat, K. (2021). Best Practice Humas (Public Relations) Bisnis dan Pemerintah: Manajemen Humas, Teknik Produksi Media Publisitas dan Public Relations Writing. Jakarta. Kencana
Ruslan, R. (2010). Manajemen public relations & media komunikasi: konsepsi dan aplikasi. Jakarta. PT. RajaGrafindo Persada.
Sari, S. K. (2012). Pengaruh Citra Perusahaan Terhadap Minat Konsumen (Evaluasi Penjualan Jasa Kamar Aston Karimun City hotel).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 DIGICOM : Jurnal Komunikasi dan Media

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


.jpg)

