Proses Produksi Berita dalam Konvergensi Jurnalistik di Website Suarasurabaya.net

Penulis

  • Avit Dewi Puspitasari Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Almamater Wartawan Surabaya
  • E. Rizky Wulandari Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Almamater Wartawan Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.37826/digicom.v4i2.815

Kata Kunci:

Proses Produksi Berita, Media Online, Suarasurabaya.net

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memahami proses produksi berita di media online Suarasurabaya.net. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Suarasurabaya.net memanfaatkan teknologi digital untuk mempercepat proses produksi dan distribusi berita secara real-time. Fitur-fitur khas media online seperti hyperlink, multimedia, dan interaktivitas digunakan untuk mengemas berita secara menarik. Suarasurabaya.net juga menerapkan standar jurnalistik dalam menjaga akurasi dan kredibilitas informasi, meski menghadapi tantangan terkait kecepatan pemberitaan, pengelolaan sumber daya manusia, dan persaingan dengan media online lainnya.

Referensi

Azhar, R., Narti, S., & Yanto, Y. (2024). Manajamen Produksi Berita Pada Rubrik Kasus Dan Peristiwa Media Online Bengkuluekspress. Com. Harmonization: Jurnal Ilmu Sosial, Ilmu Hukum, dan Ilmu Ekonomi, 2(2), 53-66.

Bungin, Burhan. (2008). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Flew, Terry. (2014). New Media: An Introduction, Fourth Edition. South Melbourne, Victoria: Oxford University Press.

Jenkins, Henry. (2006). Convergence Culture: Where Old and New Media Collide. New York: New York University Press.

Kovach, Bill & Rosenstiel, Tom. (2014). The Elements of Journalism: What Newspeople Should Know and the Public Should Expect. New York: Three Rivers Press.

Kusumaningrat, Hikmat & Purnama Kusumaningrat. (2012). Jurnalistik: Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

McQuail, Denis. (2010). McQuail's Mass Communication Theory, Sixth Edition. London: SAGE Publications.

McQuail, Denis. (2010). McQuail's Mass Communication Theory, Sixth Edition.

Morissan. (2013). Teori Komunikasi: Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana.

Nur, E. (2021). Peran media massa dalam menghadapi serbuan media online. Majalah Semi Ilmiah Populer Komunikasi Massa.

Nurudin. (2009). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Rajawali Pers.

Romli, Asep Syamsul M. (2012). Jurnalistik Online: Panduan Praktis Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa Cendekia.

Sitorus, C. N., Yurens, T., & Isbimayanto, I. (2022). Gatekeeping Dalam Produksi Berita Pada Halaman Utama Di Media Cetak Harian Disway. RELASI: Jurnal Penelitian Komunikasi (e-ISSN: 2807-6818), 2(03), 20-27.

Yin, Robert K. (2014). Case Study Research: Design and Methods. Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Yudhistira, R., & Setyawan, A. (2022). Tracking System Pengelolaan Berita untuk Jurnalis Pada Portal Berita Online. ProTekInfo (Pengembangan Riset dan Observasi Teknik Informatika), 9(1), 1-7.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-30

Terbitan

Bagian

Articles